BAGIKAN
KRL seri 20000 milik Sotetsu
KRL seri 20000 milik Sotetsu

Operator kereta api (KA) swasta yang berbasis di Prefektur Kanagawa, Sagami Railway Co Ltd (Sotetsu) baru-baru ini kedatangan satu dari pesanan armada kereta rel listrik (KRL) terbarunya yaitu seri 20000. KRL tersebut dikirim dari pabrik Hitachi yang terletak di Kota Kudamatsu, Prefektur Yamaguchi menuju Balai Yasa Kashiwadai yang terletak di Prefektur Kanagawa.

Saat ditarik oleh lokomotif listrik EF66 menuju Stasiun Atsugi

Menempuh perjalanan sepanjang 950 km, KRL seri 20000 rangkaian 20001F mengembara ke barat Pulau Honshu via jalur JR Sagami dengan ditarik menggunakan lokomotif listrik tipe EF 66 milik JR Freight sampai Stasiun Atsugi yang merupakan terminus dari jalur KA Barang milik Sotetsu. Dari Stasiun Atsugi, “NR” milik Sotetsu, MoYa seri 700, bertugas menggantikan lokomotif EF66 untuk mengantarkan KRL dengan formasi 10 kereta per rangkaiannya ini menuju Balai Yasa Kashiwadai. Namun, dikarenakan keterbatasan panjang peron, pengiriman KRL seri 20000 yang ditarik MoYa 700 ini harus dibagi menjadi dua kali pengiriman.

Stamformasi pengiriman dari Stasiun Atsugi menuju Balai Yasa Kashiwadai
MoYa 700 yang menarik 5 kereta dari KRL seri 20000 menuju Balai Yasa Kashiwadai

Dengan mengusung semangat teknologi baru, KRL ini dibekali dengan motor penggerak yang efisien dengan sistem propulsi Variable Voltage Variable Frequency (VVVF) dengan elemen termutakhir yaitu Silikon Karbida (SiC). Sejumlah fitur ‘kekinian’ pun tak luput dari KRL ini seperti pemurni udara “NanoE”, sistem informasi real-time dalam KA, dan penggunaan lampu light emitting-diode (LED) yang dapat mengurangi beban penggunaan daya pada kereta.

Maskot Sotetsu, Souei-chan yang berada dalam kabin sejak pengiriman dimulai.

KRL terbaru milik Sotetsu ini nantinya akan diperkenalkan secara resmi oleh Sotetsu pada bulan Desember 2017 mendatang, dan juga akan diperkenalkan secara bertahap setelah pembukaan jalur terusan Tokyu pada pertengahan kedua tahun fiskal 2022. Rencananya, KRL ini akan menggantikan KRL seri 7000 yang telah beroperasi sejak 1975.

Cek di sini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai KRL Seri 20000 ini!

Cemplus Newsline by KAORI