BAGIKAN
Peresmian jalur penghubung antara Sotetsu dan JR East (Railway Gazette/Akihiro Nakamura)

Operator Kereta Api bagian Sagami dan bagian Timur Jepang yaitu Sotetsu dan JR East meresmikan selesainya jalur yang akan menghubungkan kedua perusahaan tersebut. Peresmian yang dilaksanakan di barat Yokohama pada tanggal 28 Maret itu menandai selesainya jalur baru yang akan memungkinkan operasi terusan layanan dari Jalur Utama Sagami dan Jalur Izumino ke stasiun Shinjuku di Tokyo.

Dalam proyek yang sebelumnya disebut Kanagawa Eastern Line itu, jalur kereta api baru sepanjang 12,7 km dibangun untuk menghubungkan jaringan Sotetsu dengan JR East dan Tokyu Railway. Bercabang dari Jalur Utama Sagami di Nishiya, rute  tersebut awalnya berjalan ke Hazawa Yokohama-Kokudai yang merupakan stasiun baru yang dioperasikan bersama antara Sotetsu dan JR East. Selanjutnya, jalur dari stasiun ini terhubung dengan Jalur Shonan-Shinjuku milik JR East di Osaki.

Jalur KA cabang yang ada di Stasiun Hazawa Yokohama-Kokudai, dimana jalur yang ada di tengah akan menuju Stasiun Shin-Yokohama ke Jalur Tokyu (Railway Gazette/Akihiro Nakamura)

Diharapkan operasi melalui jalur penghubung antara Sotetsu dan JR East ini dapat mulai beroperasi pada 30 November tahun ini. Sotetsu sendiri telah memodifikasi KRL seri 11000 dan 12000 untuk beroperasi di jalur JR East, sementara JR East juga diperkirakan akan mengerahkan beberapa KRL seri E233-7000 untuk beroperasi di jalur Sotetsu.

Advertisement Inline

Sedangkan, jalur utama akan berlanjut ke utara dari Stasiun Hazawa Yokohama-Kokudai ke Stasiun Shin-Yokohama, di mana jalur Sotetsu akan terhubung dengan perpanjangan jalur KA ke Tokyu Railway dari Stasiun Hiyoshi. Jalur sepanjang 10 km ini diharapkan akan selesai pada akhir tahun 2022. Hal ini memungkinkan layanan Sotetsu terhubung dengan stasiun utama Tokyu di Tokyo seperti Shibuya dan Meguro. Yang kemudian akan berjalan langsung ke jalur Mita milik Toei.

KRL seri 12000 dan seri 20000 yang akan dioperasikan Sotetsu di jalur JR East dan Tokyu

Pada Tahun 2018 lalu, Sotetsu mulai menerima pengiriman KRL baru yaitu seri 20000 untuk digunakan di jalur Tokyu melalui layanan langsung. KRL ini akan beroperasi sebagai rangkaian 10 kereta pada layanan menuju Shibuya dan rangkaian delapan kereta untuk layanan menuju Meguro dan terusan ke jalur Mita, namun rangkaian ini tidak digunakan pada layanan JR.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.