BAGIKAN
Suasana start di Sirkuit Internasional Fuji (sumber: supergt.net)

Pertanyaan mengenai gelaran balap ketahanan musim panas yang akan “menggantikan” balap Suzuka 1000 km yang telah dipastikan akan lepas dari kalender Super GT.

Diumumkan oleh Japanese Automobile Federation (JAF), pihaknya akan menggelar seri Fuji 500 Mile (atau 800 km) mulai musim 2018. Balap ini dijadwalkan akan menggantikan seri Fuji 300 km yang selalu digelar pada awal bulan Agustus, yaitu pada tanggal 5 Agustus 2018. Dengan hal tersebut, gelaran dua balap ketahanan dengan jarak lomba panjang dalam ajang Super GT akan sama-sama digelar di Sirkuit Internasional Fuji mulai musim depan, melengkapi seri Fuji 500 km yang selalu digelar pada rangkaian hari libur Golden Week (3-4 Mei).

Sementara itu, gelaran balap di Suzuka akan dimajukan penyelenggaraannya menjadi seri ke-3 pada tanggal 19-20 Mei dengan jarak lomba yang lebih pendek, 300 km.

Advertisement Inline

Dilansir dari situs dailysportscar.com, gelaran balap Fuji 500 Mile sebelumnya telah digelar di dunia balap Jepang dari tahun 1977 hingga 1992. Balapan ini sempat masuk ke dalam ajang balap All-Japan Sports Prototype Championship yang mempertandingkan berbagai mobil balap prototype dari berbagai pabrikan dunia pada era regulasi Group C.

Gelaran balap Suzuka 1000 km pada tahun 2018 akan berubah menjadi balap ketahanan Suzuka 10 Hours. Lepas dari kalender Super GT, penyelenggaraan balap ketahanan tersebut akan ditangani oleh promotor Super GT, GT Association (GTA) dan promotor ajang balap Blancpain GT Series, Stephane Ratel Organisation (SRO). Pihaknya menargetkan untuk menggaet 25 tim dari ajang Super GT kelas GT300 dan 25 tim GT3 internasional.

#4 GOODSMILE HATSUNE MIKU AMG bersama berbagai mobil kelas GT300 lainnya dalam gelaran seri ke-6 Suzuka 1000 km (sumber: supergt.net)

KAORI Newsline

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.