BAGIKAN

reon

Awas: Ulasan ini mengandung spoiler

Episode Ini …

Reg dan Riko mulai menuruni Tingkat Tiga, Celah Raksasa. Menyusuri gua-gua, keduanya berusaha menghindari predaot-predator terbang yang bersarang di kedalaman ini. Namun, tak selang berlalu, keduanya secara tidak sengaja menemukan sarang madokajack. Reg yang berhasil membunuh predator tersebut dengan incinerator-nya untuk melindungi Riko. Di saat tenaga Reg bisa habis kapan saja, seekor crimson splitjaw muncul dan nyaris menerkam mereka berdua. Setelah berhasil melarikan diri, Reg jatuh tak sadarkan diri. Kini terserah pada Riko untuk terus melanjutkan perjalanan sembari melindungi Reg.

Pembukaan Arc Terakhir

Episode 9 merupakan episode penutup yang apik untuk arc Seeker’s Camp. Episode ini menempatkan Riko dan Reg pada dunia yang lebih berbahaya daripada sebelumnya dan menyingkap kenaifan mereka. Episode ini menantang kemampuan keduanya untuk menyusuri kedalaman Abyss sendirian. Karena itulah, episode 9 ini menyuguhkan konflik yang bermakna dan menimbulkan empati. Ini berkat kelebihan cerita Made in Abyss: penceritaannya yang sederhana.

© 2017 Akihito Tsukishi / Takeshobo / Kinema Citrus Production Committee

Tidak ada twist di episode ini. Tidak pula ada misteri, sub plot atau foreshadow yang harus dikuak di episode-episode setelahnya. Semua konflik yang ada di episode ini berakhir di sini juga. Episode 9 menceritakan berbagai mara bahaya yang menyerang Riko dan Reg. Seiring episode berjalan, bahaya yang mereka hadapi semakin mengancam. Semakin mengancam bahaya itu, Riko dan Reg makin berkembang sebagai karakter. Dengan menyaksikan kedua penjelajah gua cilik ini berjuang menghadapi bahaya, penonton semakin berempati. Penceritaan yang apik dan bersahaja.

© 2017 Akihito Tsukishi / Takeshobo / Kinema Citrus Production Committee

Latihan yang dipaksakan oleh Ozen di episode-episode sebelumnya membuahkan hasil. Berbeda dengan konflik-konflik sebelumnya, di episode ini Reg dengan sendirinya menghadapi serangan madokajack. Sangat kontras dengan episode tiga saat Riko menuntun tindakan Reg saat menghadapi monster. Keberanian Riko juga diperlihatkan ketika ia menggotong Reg yang sedang pingsan. Riko yang biasanya hanya bergantung pada pertolongan Reg, justru sekarang ia menyelamatkan Reg.

© 2017 Akihito Tsukishi / Takeshobo / Kinema Citrus Production Committee

Kita melihat bahaya dan monster yang menghadang perjalanan Reg dan Riko di episode ini semakin kuat. Tiap serangan monster yang muncul, bahaya semakin meningkat dan memaksa dua protagonis cerita ini untuk berusaha lebih keras. Konflik mengajarkan Riko dan Reg untuk lebih bijaksana dan lebih kuat. Riko menjadi mampu mengandalkan dirinya sendiri, sementara Reg menjadi lebih berani mengambil tindakan. Kesimpulan arc Seeker’s Camp yang bersahaja, serta pembukaan uang kuat untuk arc terakhir di musim ini.

KAORI Newsline