BAGIKAN
© 2017 Akihito Tsukishi / Takeshobo / Kinema Citrus Production Committee

reon

Awas: Ulasan ini mengandung spoiler

Episode Ini …

Melanjutkan episode sebelumnya, Reg membawa Riko ke persembunyian Nanachi untuk segera mengobati Riko. Reg lalu dikenalkan pada Mitty, seekor makhluk misterius yang hidup bersama Nanachi, yang mengatakan bahwa mereka berdua adalah Hollow: sebutan untuk para penjelajah gua yang naik dari Tingkat Enam dan kehilangan nurani manusianya akibat Kutukan. Nanachi lalu menyuruh Reg untuk mengambil beberapa bahan untuk menyembuhkan Riko dan, selagi Reg keluar, Nanachi nampak mengenali peluit putih milih Lyza yang digenggam Riko.

Sepulang memperoleh bahan-bahan yang diminta, Nanachi menyuruh Reg untuk membersihkan celana Riko yang terkena darah di sungai yang terletak di belakang persembunyian Nanachi. Di sana, Reg tiba-tiba mengingat pemandangan sebuah makam dengan Blaze Reap milik Lyza tergeletak di sampingnya. Ketika Riko ditinggal sendirian, Mitty merangkak mendekatinya sambil menggumamkan sesuatu.

Episode yang Sepi

Dengan dua episode tersisa di musim ini, menurunkan tempo cerita adalah hal yang bagus. Cara penceritaan di episode sebelas ini dibangun mengingatkanku pada episode enam. Tempo cerita diturunkan dengan penghujung episode yang tidak menyelesaikan apapun. Benih-benih konflik baru dimunculkan, selagi karakter baru dikenalkan. Hanya saja perbedaannya adalah episode minggu ini begitu nyaman untuk dinikmati. Konflik tidak terbangun dan terekskalasi. Perlahan-lahan dan memastikan tereksplor dengan baik. Tidak terburu-buru, namun elok. Semua berkat Nanachi.

© 2017 Akihito Tsukishi / Takeshobo / Kinema Citrus Production Committee

Sederhananya, dan mungkin kasar, Nanachi mengisi kekosongan yang ada karena minimnya konflik di episode ini. Dengan tampil di episode sebelas, ia mempermanis serial ini setelah episode minggu lalu yang suram dan agak berdarah.

© 2017 Akihito Tsukishi / Takeshobo / Kinema Citrus Production Committee

Ia memang memiliki aura misterius. Lagipula, hingga akhir episode ini, penonton sama sekali tidak tahu bagaimana bisa wujud dan kesadarannya, sebagai Hollow, masih utuh, sementara Mitty hidup tragis. Tetapi, segera setelah episode ini dimulai, kita mengenal siapa sosok Nanachi dan bagaimana wataknya. Nanachi adalah sosok yang waspada, mengawasi Riko dan Reg dari jauh sebelum memutuskan untuk menolong mereka berdua. Ia memiliki rasa persahabatan yang kuat dengan Mitty, merawatnya walaupun wujudnya telah menjadi seperti itu. Ada juga kelicikan yang jenaka pada caranya berkelit dengan Reg. Sosok Nanachi berlimpah dengan karakter dan emosi, sehingga ia seolah benar-benar ada di sana. Ia tidak sekedar digambar hanya untuk menaikkan ketegangan. Saat Made in Abyss mulai terasa agak statis karena penonton terlalu sering menonton Reg dan Riko, Nanachi mengembalikan warna serial ini.

© 2017 Akihito Tsukishi / Takeshobo / Kinema Citrus Production Committee

Dengan hanya tersisa dua episode di musim ini, episode sebelas memberikan jeda sejenak pada penonton. Tidak hanya untuk melihat ekspresi Nanachi yang berwarna-warni, melainkan juga untuk menyaksikan pesona Abyss. Sembari kita mengikuti Reg mengambil bahan-bahan obat yang diperlukan, para penonton sekali lagi diajak menikmati dunia Abys yang imajinatif dan berwarna. Dengan kepastian keselamatan Riko, para penonton diajak untuk bersantai menghirup dunia inspiratif ala Ghibli ini.

KAORI Newsline