BAGIKAN
KRL seri E231 rangkaian Mu2 menuju Dipo

reon

Setelah sekian lama menjalani serangkaian uji coba untuk mempersiapkan operasionalnya, akhirnya pada Rabu (1/11), kereta rel listrik (KRL) seri E231-0 jalur Musashino resmi menjalani debut operasionalnya. Memulai dinasnya sebagai rangkaian layanan khusus bernama “Shimosa” dengan rute Omiya – Shin-Narashimo – Nishi-Funabashi – Kaihimmakuhari PP, rangkaian ini pun sukses menjalani hari pertamanya beroperasi di jalur Musashino.

Rangkaian E231-22 merupakan rangkaian buatan JR East Niitsu Works yang memulai debutnya pada 30 Januari 2001 di Jalur Chuo-Sobu dan diberi kode B22 oleh Dipo Mitaka (MiTsu). Setelah beroperasi selama 14 tahun, rangkaian tersebut “diistirahatkan” pada 10 Januari 2015. Rangkaian dipensiunkan bersamaan dipensiunkan nya B20 dan B21 dikarenakan melakukan Mutasi ke Jalur Joban untuk mengisi armada yang saat itu akan mempersiapkan menjelang beroperasinya Ueno-Tokyo Line yang berpotensi terjadinya kepadatan penumpang. Namun, B22 tidak diikutkan dan hanya menyumbangkan 2 SaHa E231-0 kepada B20 (MaTo 118) dan B21 (MaTo 119).

Beristirahat di Dipo Mitaka, 2 kereta dari rangkaian B22 ini yang masing-masing 1 buah kereta tanpa penggerak SaHa E231-0 dihibahkan kepada KRL E231-0 Jalur Joban rangkaian MaTo 118 dan MaTo 119 yang dipasang pada gerbong ke 6. Tidak sampai di situ, 1 kereta SaHa E231-0 yg rucat pada hari itu juga yaitu E230-22 dikarenakan gerbong tersebut memiliki 6 pintu.  Hal tersebut membuat rangkaian B22 hanya tersisa 7 kereta saja.

Nasib baik pun akhirnya datang. Pada 30 Maret 2017, rangkaian B22 ini akhirnya dibawa ke Bengkel Aomori menggunakan Lok EF81-140 milik Dipo Nagaoka untuk melaksanakan Perawatan Akhir Lengkap (PAL) serta Modifikasi sehubungan rangkaian ini akan dimutasi dinas dari jalur Chuo-Sobu ke jalur Musashino. Namun dikarenakan rangkaiannya hanya 7 kereta saja sedangkan kebutuhan di Jalur Musashino adalah 8 kereta per rangkaiannya, alhasil rangkaian B22 ini harus menunggu mutasi satu kereta dari set lain agar dapat dioperasikan. Rangkaian B22 pun akhirnya mendapatkan 1 unit SaHa E231-0 yaitu SaHa E231-14 dari rangkaian B5.

Setelah menjalani PAL dan Modifikasi di Aomori, rangkaian B22 pun dibawa menuju Balai Yasa Akita menggunakan Lok EF81-141 pada 12 Juli 2017 untuk dilakukan perawatan eksterior terutama pergantian skema warna dari jalur Chuo-Sobu menjadi warna khas jalur Musashino. Setelah proses pengecatan selesai, rangkaian B22 tidak serta merta langsung dibawa ke Dipo Keiyo melainkan diuji coba terlebih dahulu di Balai Yasa Akita.

Rangkaian B22 tersebut akhirnya dibawa ke Dipo Higashi-Tokorozawa dengan lok EF81-140 milik Dipo Nagaoka setelah serangkaian uji coba dan proses penggantian skema warna di Balai Yasa Akita. Setibanya di Dipo Higashi-Tokorozawa, rangkaian B22 pun akhirnya berganti kode menjadi Mu2. Selama sebulan lebih Set Mu2 melakukan berbagai uji coba, akhirnya E231-0 Jalur Musashino pertama yaitu E231-22 rangkaian Mu2 memulai debutnya.

Namun seiring waktu, kehadiran KRL seri E231-0 di jalur Musashino ini pun menjadi teka-teki bagi kalangan pencinta kereta (Railfans) Jepang terutama mengenai nasib KRL seri 205 yang otomatis akan tersingkirkan secara pelahan oleh kedatangan dari E231-0 serta 209-500 dari Jalur Chuo-Sobu. Teka teki tersebut adalah, Apakah KRL seri 205 jalur Musashino akan dirucat atau justru menjadi rangkaian selanjutnya yang akan diboyong ke Jakarta? Menarik untuk ditunggu!

Cemplus Newsline by KAORI | Oleh: Muhammad Diva Faundra