KLB KA Bandara saat masa ujicoba di Stasiun Tangerang, Selasa (03/10) | (KAORI Nusantara / Fasubkhanali)

Setelah beberapa kali melalui proses uji coba tertutup dan penundaan operasional, mulai Selasa (26/12) layanan kereta api (KA) Bandara Soekarno-Hatta resmi beroperasi. Pengoperasian layanan KA Bandara sendiri dimulai sejak jadwal pemberangkatan pertama, yakni pukul 3.47 pagi.

Pengoperasian perdana KA Bandara ini seiring dengan pernyataan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau stasiun Sudirman Baru (BNI City) pada Senin (25/12). Meski demikian, pengoperasian KA Bandara pada Selasa (26/12) tersebut masih dalam tahap soft launching. Nantinya pada Selasa (2/1) pengoperasian secara baru akan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Selama masa soft launcing tiket KA Bandara mendapat diskon menjadi Rp30.000,00 .

Untuk sementara, naik dan turun penumpang hanya dilayani di Stasiun BNI City, Stasiun Batuceper dan Stasiun Bandara Soekarno-Hatta. Stasiun Manggarai belum dapat melayani naik turun penumpang KA Bandara ini dikarenakan belum rampungnya pembangunan peron serta stasiun untuk layanan KA Bandara di Stasiun Manggarai. Untuk Stasiun Bandara Soekarno-Hatta sendiri kini sudah terkoneksi dengan fasilitas skytrain penghubung antar terminal.

Advertisement Inline

Baca juga: Uji Coba KRL Bandara Terus Digelar, Inilah Sederetan Fasilitasnya!

Dengan hadirnya layanan KA Bandara Soekarno-Hatta ini jarak dari pusat kota menuju Bandara dapat ditempuh 45 hingga 55 menit, lebih cepat dibanding dengan moda lain saat jam padat yang bisa mencapai lebih dari 1 jam.

Port USB untuk mengisi ulang daya gawai, salah satu fasilitas di KA Bandara | (KAORI Nusantara / Fasubkhanali)

Untuk pembelian tiket, dapat dilakukan melalui aplikasi mobile yang  dapat di unduh melalui Play Store, dan vending machine yang tersedia di stasiun pemberangkatan. Pembayaran tiket pada vending machine dapat dilakukan dengan kartu prabayar, kartu debit, dan kartu kredit. Sehingga, turis mancanegara dapat menggunakan kartu kreditnya yang berlogo Visa, Mastercard, JCB maupun American Express.

Dengan total perjalanan mencapai 42 KA per harinya, KA Bandara ini dilayani oleh jumlah armada 10 rangkaian. Seluruh rangkaian dibangun oleh INKA yang bekerja sama dengan Bombardier Transportation. Dengan konfigurasi 6 unit kereta tiap rangkaiannya, setiap 1 rangkaian dapat menampung maksimum 272 penumpang dalam sekali perjalanan.

Cemplus Newsline by KAORI | Oleh Amri Bintang dan Muhammad Fikri Ardiansyah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.