BAGIKAN

10151192_815106151850130_708053957_n

Nama Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) selama ini seringkali menjadi kontroversi khususnya di kalangan masyarakat pecinta Anime Jepang di Indonesia. Berawal dari berita peneguran mengenai beberapa tayangan yang dianggap bermasalah yang di antaranya mencakup beberapa judul Anime, belakangan justru tersebar opini yang menuding KPI sebagai pihak yang bertanggungjawab atas berkurangnya jumlah tayangan bergenre Anime di televisi nasional atau mencekal beberapa judul Anime tertentu, atau menyebabkan penayangan Anime tertentu terhenti sebelum selesai. Tapi benarkah kenyataannya seperti itu?

KAORI Nusantara sebagai penyelenggara Forum Anime Indonesia. Sebuah acara diskusi panel, berusaha mempertemukan pihak berkepentingan untuk membahas masalah-masalah “diskoneksi” yang dihadapi pelaku aktif dalam perkembangan anime di Indonesia turut mengundang pihak KPI untuk berpartisipasi dalam Forum Anime Indonesia. Diwakili oleh Agatha Lily selaku Asisten Ahli Komisioner bidang Pengawasan Isi Siaran dan bidang Infrastruktur dan Sistem Penyiaran KPI, berikut klarifikasi dari pihak KPI atas berbagai tudingan yang selama ini dituduhkan oleh beberapa kalangan pada ajang Forum Anime Indonesia kedua yang diselenggarakan pada tanggal 30 Maret 2014 lalu bertempat di Binus International Japanese Culture Club Public Page dalam rangka perhelatan BIJAC no Tanjoiwai 7: BIJAC no Matsuri :

Advertisement Inline

1979734_682924875087793_366203118_n

Terima kasih

Asalamualaikum Wr Wb. Selamat sore, salam sejahtera untuk kita semua.

Saya pertamakali apresiasi dulu buat KAORI Nusantara. Saya bahagia bisa diundang di sini dan kalau saya dengar bisik-bisik banyak yang benci dengan KPI saya justru merasa senang karena saya tertantang untuk hadir ke sini. Pertama kita bisa bertatap muka, berdiskusi dan seperti kata pepatah tak kenal maka tak sayang. Jadi kalau baca di internet atau sejenisnya, memang terlihat menyeramkan sekali KPI ini. Tapi apa benar begitu kenyataannya?

Saya mungkin menjelaskan dulu, saya kebetulan 9 tahun sebagai staff ahli di KPI. Dan baru 8 bulan menjabat di KPI sebagai staff Komisioner khusus bidang pengawasan isi siaran. Jadi selama kurang lebih selama 10 tahun saya bergelut mengawasi isi siaran. Jadi kalau ditanya benar nggak kalau KPI memban Anime? Saya juga termasuk penggemar Anime lho. Saya kelahiran tahun 80. Jadi jamannya Doraemon, Candy-Candy. Jadi kalau KPI memban Anime saya mungkin yang pertama protes. Tapi yang pertama begini, harus saya sampaikan dan jelaskan apa sih sebenarnya KPI ini? KPI hadir di tengah reformasi. Kalau dulu semua program-program siaran itu ada di satu tangan yaitu pemerintah, dalam hal ini Departemen Penerangan, nah itu kalau ada yang tidak disukai langsung diban. Nah ini beda. KPI justru lahir di masa Reformasi. Tujuannya apa? Tujuannya untuk menjaga kebebasan pers, kebebasan berkreasi, hak cipta misalnya, termasuk juga perkembangan-perkembangan industri, termasuk juga Anime. Jadi saya mungkin perlu klarifikasikan sedikit bahwa tidak benar kalau itu dikatakan memban atau menghentikan. Apa yang dilakukan oleh KPI dan lingkup tugas KPI seperti aa sih? KPI berbeda dengan Lembaga Sensor Film (LSF). Kalau semua film dan iklan harus masuk LSF terlebih dahulu itu disensor. Nah KPI letaknya di mana? KPI itu setelah tayang. Jadi misalnya Doraemon tadi pagi baru bisa ditegur apakah ada pelanggaran atau tidak baru bisa diketahui setelah tayang. Jadi bukan sebelumnya harus disensor dulu oleh KPI, tidak. Nah itulah yang sebetulnya perlu kerjasama antara Lembaga Sensor Film dengan Komisi Penyiaran Indonesia.

Saya bawa sebuah buku namanya Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 & SPS). Ini adalah sebuah turunan dari UU Penyiaran yang memang wewenang untuk membuat ini adalah KPI. Tapi kami tidak buat sendiri. Bukan ada 9 anggota KPI lalu semuanya membuatnya sendiri, hebat bener, ini nggak. Ini kami ambil dari berbagai macam studi, dari Amerika, dari Jepang, dari berbagai negara karena ada Inggris, Australia, bahkan ini yang memberikan masukan adalah kebanyakan dari teman-teman stasiun TV sendiri. TV-TV swasta, radio juga begitu, dan juga teman-teman dari PH. Dan saya berpikir tadi, nah ini kita mau revisi ini. Mungkin dari teman-teman pecinta Anime ini bisa memberi masukan sebenarnya apa sih yang perlu diatur supaya KPI tidak lagi dibilang melarang-larang atau memban sebuah program? Saya jelaskan di sini di dalam aturan ini ada batasan, ada larangan. Kenapa dilarang dan dibatasi? Pertama alasannya karena KPI ini mengawasi yang namanya penyiaran yaitu televisi dan radio. Sebenarnya ini menggunakan frekuensi milik publik. Jadi ini nggak bisa sebebas kita nonton video, VCD atau DVD. Tidak bisa juga sebebas kita menonton di Pay TV atau TV berlangganan. Ini bedannya. Karena frekuensi milik publik. Dengan menggunakan free to air atau  frekuensi milik publik ini TV bisa masuk ke ranah privat seperti ke kamar-kamar, tanpa izin terlebih dahulu ke Orang Tua.  Nah terus saya mungkin perlu jelaskan lagi, itu bedanya kenapa itu perlu diatur? Karena jangan sampai ada konten-konten yang itu tidak cocok untuk anak atau remaja tiba-tiba ditonton atau dikonsumsi oleh anak atau remaja. TIDAK ADA ALASAN UNTUK MENGHENTIKAN SEBUAH PROGRAM serta merta, misalnya nggak suka Naruto akhirnya diberhentikan, NGGAK. Saya mungkin jelaskan juga, yang dilakukan KPI bukanlah menghentikan, nggak. Kita mulai dari himbauan atau peringatan. Seperti misalnya oh ini konten Naruto ini ada konten kekerasan yang kalau terus disiarkan tidak akan cocok untuk anak-anak atau bisa mempengaruhi. Nah sebaiknya diberi klasifikasi remaja, jangan anak. Ditambahin lagi Bimbingan Orang Tua. Tadi sebelumnya sempat dikatakan terus menonton, dampingi anaknya dan peringati kalau ada adegan kekerasan, tidak baik, jangan ditiru, dan sebagainya, karenanya itulah bimbingan orang tua.

Nah bedanya dengan Pay TV, kalau Pay TV Orang Tua sudah membayar jadi dia sudah tahu konsekuensinya. Bahkan kalau ada program-program yang berbahaya tinggal dilock karena ada Parental Lock. Kalau TV Free to Air kan beda. Jadi yang perlu saya jelaskan adalah karakteristik yang berbeda antara TV Free to Air dengan Pay TV dan kenapa TV Free to Air diatur lebih ketat? Bukan dilarang-larang ya tapi diatur lebih ketat. Nah apa yang diatur KPI? Kami punya alat pemantauan 24 jam. Sampai saat ini ada 11 stasiun TV yang bisa dipantau oleh KPI dengan total SDM hampir 200 orang. Jadi dalam memantau mereka mencatat semua. Seperti suara-suaranya Doraemon, bicara apa, kemudian Shizuka, Shinchan, ketika Shinchan, maaf, mengintip Orang Tuanya mandi, ditulis juga di situ Shinchan mengintip Orang Tuanya mandi. Atau tetangganya misalnya menggunakan bikini itu juga ditulis. Lalu kita kemudian mengkaji lagi. Ada beberapa lapisan atau tahapan supaya nanti sanksi atau teguran yang dikeluarkan KPI benar-benar valid. Tidak serta merta karena nggak suka sama Doraemon langsung saja diberhentiin, nggak, nggak seperti itu. Jadi supaya lebih objektif kita periksa lagi semua catatan-catatan itu dan melanggar atau tidak? Kalau tidak melanggar ya tidak masalah seperti misalnya “ANDA BODOH!” Nah masa begiru saja melanggar sih? Atau “Anda pencuri!” Itu kan nggak masalah. Tapi kalau ada kata-kata misalnya “Saya bunuh kamu!”, “Saya terus perut kamu!”, dan itu terus diulang-ulang, maka kita ingatkan bahwa ini harus hati-hati. Caranya apa? Bukan programnya nggak boleh tayang. Tetapi lembaga penyiaran atau televisi mungkin bisa mengedit kata-kata itu bisa dibeep supaya anak-anak nggak mendengar. Atau misalnya saya ambil contoh. Yang paling cukup menggemparkan waktu itu adalah ketika KPI memberi teguran untuk One Piece. Kenapa One Piece dan Bleach ini ditegur oleh KPI dan ini waktu itu memang cukup keras tegurannya. Karena memang beberapa kali ada adegan menusuk perut sampai darahnya muncrat. Nah ini untuk program dewasa saja seperti film asing, begitu muncul darah KPI langsung tegur. Apalagi ini program untuk anak-anak dan remaja. Nah kami nilai konten ini tidak sesuai untuk anak-anak dan remaja. Contohnya dulu Big Movies Gobal TV. Banyak sekali film-film asing seperti itu. Bahkan yang lebih parah Big Movies pernah kami hentikan selama 3 hari. Jadi bukan dihentikan selamanya karena Undang-Undang memang tidak mengamanatkan KPI untuk memban program seterusnya. Nah kalau seperti itu namanya Superbody. Nah kita tidak. Kita tujuannya untuk memberikan semacam efek jera atau evaluasi saja. Jadi nggak benar kalau sebuah program sampai diban. Apalagi ada gosipnya lagi sekarang KPI bisa melarang Artis untuk tampil. Nah itu juga nggak benar. Kami hanya menegur ke stasiun TVnya. Kepada Aktor dan seterusnya itu tugas Stasiun TV untuk memberikan semacam pelatihan, evaluasi. Begitu juga pada program-program Anime. Itu beberapa contoh yang saya berikan seperti One Piece, Bleach, kemudian ada juga Dragon Ball, Naruto. Jadi bukannya dilarang tayang. Tetapi ada konten-konten yang “tidak pantas” dan biasanya, teguran yang kami berikan itu biasanya kami tunjukkan di menit sekian  ada hal seperti ini. Dan begitu ditonton  Stasiun TV sadar oh iya ya ini berbahaya untuk anak. Tapi boleh ditayangkan atau tidak? BOLEH!  Caranya apa? Mungkin ini kalau mau ditayangkan lagi diedit saja. Atau misalnya darah yang muncrat itu diblur atau ditutup saja. Atau kata-kata yang cukup kasar dibeep. Nah itu kan aman buat anak-anak atau remaja. Dan tayang. Dan ini juga terjadi di beberapa negara. Beberapa negara memiliki semacam lembaga yang sama seperti KPI. Kalau di Amerika ada namanya Federal Communication Commision atau FCC, dan berbagai macam di negara-negara maju lainnya. Itupun masih membutuhkan lembaga yang mengawasi televisi. Begitu juga KPI. Saya mungkin ambil contoh di Jepang. Kalau tidak salah saya juga karena kebetulan suka Anime maka saya banyak baca tentang itu, referensinya menunjukkan bahwa di sana sangat ketat sekali untuk film-film Anime bahkan ada usia kodomo, josei, shonen, atau untuk pria dewasa, wanita dewasa, remaja pria, remaja wanita, itu diklasifikasi. Nah di Indonesia kan tidak. Semua program Anime dipukul rata untuk anak-anak. Nah itu yang menjadi sumber permasalahannya. Sebaiknya kita menyesuaikan klasifikasinya. Kalau kontennya memang tidak tepat untuk anak maka berikan klasifikasi untuk remaja atau Bimbingan Orang Tua. Kalau untuk anak, pertama harus menghibur, edukatif, tidak memprovokasi atau tidak membuat anak jadi meniru hal-hal yang negatif baik dari kata-kata maupun perilaku dan perbuatan, Kalau dengan Anime-Anime yang agak cenderung memuat kekerasan boleh-boleh saja sebenarnya. Itu tayangkan di atas pukul 22.00 malam. Jadi tidak ada larangan sama sekali. Silahkan saja kalau mau ditayangkan sore tentu harus ada yang diedit. Harus hati-hati. Harus ada konten yang disensor baik audio maupun visualnya. 

Sementara itu kami dalam membuat regulasi atau memberikan rspon kepada lembaga penyiaran tentunya juga mengkaji terlebih dahulu. Saya ambil contoh saja seperti Big Movies Global TV atau Bioskop TRANSTV. Itu kan sama juga film-film asing. Saya juga pelajari misalnya seperti Pay TV yang paling bebas sekalipun. Ketika dia masuk ke suatu negara misalnya seperti HBO atau Star World. Ketika dia masuk ke Indonesia tentu dia mempelajari dulu aturan yang ada. Nah kami berikan ini ke seluruh lembaga penyiaran dan stakeholder yang terkait. Jadi mereka mempelajari apa yang boleh maupun yang tidak boleh di Indonesia. Jadi ketika masuk, kalau kami lakukan blur, edit, dan sebagainya ya mohon dimaklumi. Dan sejauh ini yang kami pahami adalah mereka asalkan bisa tayang, kemudian tidak merubah kontennya secara berlebih atau hak ciptanya tidak berubah, maka masalah editing dan sebagainya itu dibenarkan. Di Malaysia bahkan lebih ketat lagi. Bahkan yang menurut kita di Indonesia masih biasa kalau di sana nggak boleh. Dan memang aturannya seperti itu. Jadi siapapun pembuat Anime atau film-film asingnya baik film anak atau remaja kalau masuk ke sebuah Negara pasti ada aturan-aturannya dan mereka biasanya sudah tahu.

Sekian dari saya mudah-mudahan cukup jelas sehingga tidak ada lagi anggapan bahwa KPI melarang-larang Anime. Terima kasih Wasalammualaikum Wr Wb.

KAORI Newsline | Courtesy of Agatha Lily

301 KOMENTAR

  1. "Saya kelahiran tahun 80. Jadi jamannya Doraemon, Candy-Candy."

    "Kalau tidak salah saya juga karena kebetulan suka Anime maka saya banyak baca tentang itu, referensinya menunjukkan bahwa di sana sangat ketat sekali untuk film-film Anime bahkan ada usia kodomo, josei, shonen, atau untuk pria dewasa, wanita dewasa, remaja pria, remaja wanita, itu diklasifikasi."

    Next time wawancara ke LSF min (y)

  2. "Saya kelahiran tahun 80. Jadi jamannya Doraemon, Candy-Candy."

    "Kalau tidak salah saya juga karena kebetulan suka Anime maka saya banyak baca tentang itu, referensinya menunjukkan bahwa di sana sangat ketat sekali untuk film-film Anime bahkan ada usia kodomo, josei, shonen, atau untuk pria dewasa, wanita dewasa, remaja pria, remaja wanita, itu diklasifikasi."

    Next time wawancara ke LSF min (y)

  3. "Saya kelahiran tahun 80. Jadi jamannya Doraemon, Candy-Candy."

    "Kalau tidak salah saya juga karena kebetulan suka Anime maka saya banyak baca tentang itu, referensinya menunjukkan bahwa di sana sangat ketat sekali untuk film-film Anime bahkan ada usia kodomo, josei, shonen, atau untuk pria dewasa, wanita dewasa, remaja pria, remaja wanita, itu diklasifikasi."

    Next time wawancara ke LSF min (y)

  4. saya berharap sih semua pihak, baik Lembaga Sensor Film maupun KPI konsisten aja dengan kinerjanya. Kalo anime/film Barat yang banyak menampilkan "darah muncrat" atau adegan2 lain yang dianggep konten tidak layak tayang lalu kemudian disensor, di-cut adegannya atau mungkin ditegur, lantas bagaimana dengan sinetron atau acara2 lawak Indo yang sering banget melibatkan omongan2 kasar, kekerasan fisik atau sifat2 tidak terpuji lainnya ( kalo sinetron dalam hal ini misalnya KDRT, perasaan dendam sampai menjurus ke menyusun rencana kejahatan keji bahkan pembunuhan dll. ) ? Kenapa acara2 tersebut masih bisa mendominasi pertelevisian Indonesia khususnya di jam2 primetime dengan durasi waktu yang menurut saya sudah kelewat batas. Sebagai contoh, anime itu kalau tayang di TV lokal dengan termasuk iklan durasinya hanya 30 menit. Lah acara2 tersebut bisa sampai berjam2, padahal kalau dilihat dengan seksama sinetron atau acara lawak ( yang menurut saya tidak lucu dan tidak mendidik itu ) berpotensi besar menimbulkan dampak negatif kepada orang2 yang menontonnya, terlebih kepada generasi masyarakat yang akan datang. Saya harap LSF maupun KPI sebagai pihak yang paling bertanggungjawab dalam hal penyiaran di Indonesia mau mempertimbangkan hal ini, agar tidak terjadi kembali kesalahpahaman masyarakat akibat perlakuan sepihak yang seakan "menyudutkan" anime/film Barat di posisi yang tidak baik. Sekian.

  5. saya berharap sih semua pihak, baik Lembaga Sensor Film maupun KPI konsisten aja dengan kinerjanya. Kalo anime/film Barat yang banyak menampilkan "darah muncrat" atau adegan2 lain yang dianggep konten tidak layak tayang lalu kemudian disensor, di-cut adegannya atau mungkin ditegur, lantas bagaimana dengan sinetron atau acara2 lawak Indo yang sering banget melibatkan omongan2 kasar, kekerasan fisik atau sifat2 tidak terpuji lainnya ( kalo sinetron dalam hal ini misalnya KDRT, perasaan dendam sampai menjurus ke menyusun rencana kejahatan keji bahkan pembunuhan dll. ) ? Kenapa acara2 tersebut masih bisa mendominasi pertelevisian Indonesia khususnya di jam2 primetime dengan durasi waktu yang menurut saya sudah kelewat batas. Sebagai contoh, anime itu kalau tayang di TV lokal dengan termasuk iklan durasinya hanya 30 menit. Lah acara2 tersebut bisa sampai berjam2, padahal kalau dilihat dengan seksama sinetron atau acara lawak ( yang menurut saya tidak lucu dan tidak mendidik itu ) berpotensi besar menimbulkan dampak negatif kepada orang2 yang menontonnya, terlebih kepada generasi masyarakat yang akan datang. Saya harap LSF maupun KPI sebagai pihak yang paling bertanggungjawab dalam hal penyiaran di Indonesia mau mempertimbangkan hal ini, agar tidak terjadi kembali kesalahpahaman masyarakat akibat perlakuan sepihak yang seakan "menyudutkan" anime/film Barat di posisi yang tidak baik. Sekian.

  6. saya berharap sih semua pihak, baik Lembaga Sensor Film maupun KPI konsisten aja dengan kinerjanya. Kalo anime/film Barat yang banyak menampilkan "darah muncrat" atau adegan2 lain yang dianggep konten tidak layak tayang lalu kemudian disensor, di-cut adegannya atau mungkin ditegur, lantas bagaimana dengan sinetron atau acara2 lawak Indo yang sering banget melibatkan omongan2 kasar, kekerasan fisik atau sifat2 tidak terpuji lainnya ( kalo sinetron dalam hal ini misalnya KDRT, perasaan dendam sampai menjurus ke menyusun rencana kejahatan keji bahkan pembunuhan dll. ) ? Kenapa acara2 tersebut masih bisa mendominasi pertelevisian Indonesia khususnya di jam2 primetime dengan durasi waktu yang menurut saya sudah kelewat batas. Sebagai contoh, anime itu kalau tayang di TV lokal dengan termasuk iklan durasinya hanya 30 menit. Lah acara2 tersebut bisa sampai berjam2, padahal kalau dilihat dengan seksama sinetron atau acara lawak ( yang menurut saya tidak lucu dan tidak mendidik itu ) berpotensi besar menimbulkan dampak negatif kepada orang2 yang menontonnya, terlebih kepada generasi masyarakat yang akan datang. Saya harap LSF maupun KPI sebagai pihak yang paling bertanggungjawab dalam hal penyiaran di Indonesia mau mempertimbangkan hal ini, agar tidak terjadi kembali kesalahpahaman masyarakat akibat perlakuan sepihak yang seakan "menyudutkan" anime/film Barat di posisi yang tidak baik. Sekian.

  7. how about sinetron, acara2 hiburan malam lainnya?
    kalau emang ketat, tunjukin dong
    jangan cuma Anime / film barat saja yang jadi korbannya :v

  8. how about sinetron, acara2 hiburan malam lainnya?
    kalau emang ketat, tunjukin dong
    jangan cuma Anime / film barat saja yang jadi korbannya :v

  9. how about sinetron, acara2 hiburan malam lainnya?
    kalau emang ketat, tunjukin dong
    jangan cuma Anime / film barat saja yang jadi korbannya :v

  10. yah kalo bisa dibilang ada benernya ada salahnya juga
    yg benernya orang indo itu udah ngecap anime utk anak"
    sedangkan kenyataan terbalik bagi yg udah kenal anime
    yg salah karna acara" luar seperti di anak tiri kan , yg katanya kata" kasar harus di beep dan bla bla bla , contoh aja YKS , guyonan nya gk lepas dari membully seseorang dan menjelek"an kadang juga ada adegan anarkis walau emg utk komedi , tapi kan juga ada batasannya , miris pas ngeliat anak" kecil sekitar rumah joget" oplosan tangannya diarahin kemulut gitu kyak soimah, impact yg lebih kerasa di kehidupan nyata yg mana ? anime kah atau acara" seperti YKS ? smua udah tau jawabannya dan sudah merasakan sendiri di sekitar lingkungannya gimana 🙂

  11. yah kalo bisa dibilang ada benernya ada salahnya juga
    yg benernya orang indo itu udah ngecap anime utk anak"
    sedangkan kenyataan terbalik bagi yg udah kenal anime
    yg salah karna acara" luar seperti di anak tiri kan , yg katanya kata" kasar harus di beep dan bla bla bla , contoh aja YKS , guyonan nya gk lepas dari membully seseorang dan menjelek"an kadang juga ada adegan anarkis walau emg utk komedi , tapi kan juga ada batasannya , miris pas ngeliat anak" kecil sekitar rumah joget" oplosan tangannya diarahin kemulut gitu kyak soimah, impact yg lebih kerasa di kehidupan nyata yg mana ? anime kah atau acara" seperti YKS ? smua udah tau jawabannya dan sudah merasakan sendiri di sekitar lingkungannya gimana 🙂

  12. yah kalo bisa dibilang ada benernya ada salahnya juga
    yg benernya orang indo itu udah ngecap anime utk anak"
    sedangkan kenyataan terbalik bagi yg udah kenal anime
    yg salah karna acara" luar seperti di anak tiri kan , yg katanya kata" kasar harus di beep dan bla bla bla , contoh aja YKS , guyonan nya gk lepas dari membully seseorang dan menjelek"an kadang juga ada adegan anarkis walau emg utk komedi , tapi kan juga ada batasannya , miris pas ngeliat anak" kecil sekitar rumah joget" oplosan tangannya diarahin kemulut gitu kyak soimah, impact yg lebih kerasa di kehidupan nyata yg mana ? anime kah atau acara" seperti YKS ? smua udah tau jawabannya dan sudah merasakan sendiri di sekitar lingkungannya gimana 🙂

  13. Nah ini masalahnya. Anime itu ama TV Lokal diklarifikasikan sebagai "tontonan anak2" ,nah kalo udah ada kejadian kayak niru2 One Piece ato Naruto tonjok2an baru diklarifikasi sebagai "R/BO". otomatis kalo mau ada sensoring ato pemindahan jam tayang itu repot lagi, jangan dikira gampang loh mindahin jam tayang suatu program. belom lagi biaya2 yang dikeluarkan ga sesuai ama rating yang didapat, terutama kalo ditayangin malem2, otomatis penonton anak2 yang lumayan sumbang rating jadi berkurang dong.

    pertanyaan ente ini "Kenapa Sinetron yang Violence bisa tayang di primetime sementara anime gak?"

    Selain karena sinetron dan acara joget2 ga jelas itu banyak backingan sponsor dan duit, TV Lokal juga mikirin rating. dunia broadcasting itu paling penting RATINGnya deh, karena makin tinggi rating, makin banyak yang ngeliat iklan pas mereka lagi nonton acara yang ratingnya tinggi itu, dan makin banyak pula yang mau bayar mahal buat ngiklanin produk mereka pas acara yang tinggi ratingnya itu lagi tayang. intinya sih, RATING dan DUIT. stasiun TV mah ga bakal mikirin after-effect terhadap masyarkat, KPI juga cuman bisa negor doang, tetep yang punya kontrol terhadap acara apa yang tayang ya si stasiun TV itu.

    Kalo ane sih pengen nanyain ini " Kenapa dapet DVD/VCD Anime yang ori di Indonesia itu susah banget?"

  14. Nah ini masalahnya. Anime itu ama TV Lokal diklarifikasikan sebagai "tontonan anak2" ,nah kalo udah ada kejadian kayak niru2 One Piece ato Naruto tonjok2an baru diklarifikasi sebagai "R/BO". otomatis kalo mau ada sensoring ato pemindahan jam tayang itu repot lagi, jangan dikira gampang loh mindahin jam tayang suatu program. belom lagi biaya2 yang dikeluarkan ga sesuai ama rating yang didapat, terutama kalo ditayangin malem2, otomatis penonton anak2 yang lumayan sumbang rating jadi berkurang dong.

    pertanyaan ente ini "Kenapa Sinetron yang Violence bisa tayang di primetime sementara anime gak?"

    Selain karena sinetron dan acara joget2 ga jelas itu banyak backingan sponsor dan duit, TV Lokal juga mikirin rating. dunia broadcasting itu paling penting RATINGnya deh, karena makin tinggi rating, makin banyak yang ngeliat iklan pas mereka lagi nonton acara yang ratingnya tinggi itu, dan makin banyak pula yang mau bayar mahal buat ngiklanin produk mereka pas acara yang tinggi ratingnya itu lagi tayang. intinya sih, RATING dan DUIT. stasiun TV mah ga bakal mikirin after-effect terhadap masyarkat, KPI juga cuman bisa negor doang, tetep yang punya kontrol terhadap acara apa yang tayang ya si stasiun TV itu.

    Kalo ane sih pengen nanyain ini " Kenapa dapet DVD/VCD Anime yang ori di Indonesia itu susah banget?"

  15. Nah ini masalahnya. Anime itu ama TV Lokal diklarifikasikan sebagai "tontonan anak2" ,nah kalo udah ada kejadian kayak niru2 One Piece ato Naruto tonjok2an baru diklarifikasi sebagai "R/BO". otomatis kalo mau ada sensoring ato pemindahan jam tayang itu repot lagi, jangan dikira gampang loh mindahin jam tayang suatu program. belom lagi biaya2 yang dikeluarkan ga sesuai ama rating yang didapat, terutama kalo ditayangin malem2, otomatis penonton anak2 yang lumayan sumbang rating jadi berkurang dong.

    pertanyaan ente ini "Kenapa Sinetron yang Violence bisa tayang di primetime sementara anime gak?"

    Selain karena sinetron dan acara joget2 ga jelas itu banyak backingan sponsor dan duit, TV Lokal juga mikirin rating. dunia broadcasting itu paling penting RATINGnya deh, karena makin tinggi rating, makin banyak yang ngeliat iklan pas mereka lagi nonton acara yang ratingnya tinggi itu, dan makin banyak pula yang mau bayar mahal buat ngiklanin produk mereka pas acara yang tinggi ratingnya itu lagi tayang. intinya sih, RATING dan DUIT. stasiun TV mah ga bakal mikirin after-effect terhadap masyarkat, KPI juga cuman bisa negor doang, tetep yang punya kontrol terhadap acara apa yang tayang ya si stasiun TV itu.

    Kalo ane sih pengen nanyain ini " Kenapa dapet DVD/VCD Anime yang ori di Indonesia itu susah banget?"

    • Iya gan harus dr luar.. ane sih pengen ada pengusaha yg cb kerjasama utk sekedar beli lisensi dvd vcd orinya dgn subs indonesia, ga semua nyaman dgn english kan.. sampe ane ngimpi2in ada penyewaan original khusus anime dan dorama subs indo.. setidaknya bs hargain karya cipta tanpa download2 gratis lagi di website tertentu..

  16. lastly, thanks buat KAORI yang udah ngadain acara kek gini, which is very important banget buat ngejawab lika-liku anime di indo, dan wew, ga nyangka kalo Agatha Lily-san juga anime lovers.

  17. lastly, thanks buat KAORI yang udah ngadain acara kek gini, which is very important banget buat ngejawab lika-liku anime di indo, dan wew, ga nyangka kalo Agatha Lily-san juga anime lovers.

  18. lastly, thanks buat KAORI yang udah ngadain acara kek gini, which is very important banget buat ngejawab lika-liku anime di indo, dan wew, ga nyangka kalo Agatha Lily-san juga anime lovers.

  19. korban blur, korban potong scene :v
    ah sudahlah, gk terlalu ngarepin anime tayang di indo juga sih
    ane cuma ngarepin film barat jgn di blur atau dipotong scenenya ~~
    apa gunanya tag "D" atau "R" kalau ujung2nya ada scene yg dipotong? :v

    btw, ada link video nya gk?
    soalnya takut salah komentar, soalnya disini yg dibahas cuma tentang KPI dan Anime
    sapa tau yg full versinya juga ngebahas sinetron dan acara joget2 gaje :v
    *biar lebih puas gan :v

  20. korban blur, korban potong scene :v
    ah sudahlah, gk terlalu ngarepin anime tayang di indo juga sih
    ane cuma ngarepin film barat jgn di blur atau dipotong scenenya ~~
    apa gunanya tag "D" atau "R" kalau ujung2nya ada scene yg dipotong? :v

    btw, ada link video nya gk?
    soalnya takut salah komentar, soalnya disini yg dibahas cuma tentang KPI dan Anime
    sapa tau yg full versinya juga ngebahas sinetron dan acara joget2 gaje :v
    *biar lebih puas gan :v

  21. korban blur, korban potong scene :v
    ah sudahlah, gk terlalu ngarepin anime tayang di indo juga sih
    ane cuma ngarepin film barat jgn di blur atau dipotong scenenya ~~
    apa gunanya tag "D" atau "R" kalau ujung2nya ada scene yg dipotong? :v

    btw, ada link video nya gk?
    soalnya takut salah komentar, soalnya disini yg dibahas cuma tentang KPI dan Anime
    sapa tau yg full versinya juga ngebahas sinetron dan acara joget2 gaje :v
    *biar lebih puas gan :v

  22. Muhamad Agung Subrata ga pernah cari info ya? Anime ori bisa dibeli di Gramedia, Disc Tarra, dan Duta Suara
    Cuma koar-koar di internet ga ada gunanya bro, saran aja sih ga usah ngetik panjang lebar biar ga dikira orang bego yg sok tau ya bro 🙂

  23. Muhamad Agung Subrata ga pernah cari info ya? Anime ori bisa dibeli di Gramedia, Disc Tarra, dan Duta Suara
    Cuma koar-koar di internet ga ada gunanya bro, saran aja sih ga usah ngetik panjang lebar biar ga dikira orang bego yg sok tau ya bro 🙂

  24. Muhamad Agung Subrata ga pernah cari info ya? Anime ori bisa dibeli di Gramedia, Disc Tarra, dan Duta Suara
    Cuma koar-koar di internet ga ada gunanya bro, saran aja sih ga usah ngetik panjang lebar biar ga dikira orang bego yg sok tau ya bro 🙂

  25. kayanya perlu dibuat acara TV khusus mengenai fungsi LSF/KPI supaya media serta penonton tau faktor"apa yg diperbolehkan atau tidak. KPI= sebagai kunci dan LSF= sebagai pintunya mereka bertugas untuk menyesuaikan dan "filter" bagi masyarakat.

    apa lagi cool japan setasiun TV jepang yg akan dipersiapkan mengudara diindonesia akan masuk mungkin klasifikasi konten akan diterapkan pada setasiun tv ini.

  26. kayanya perlu dibuat acara TV khusus mengenai fungsi LSF/KPI supaya media serta penonton tau faktor"apa yg diperbolehkan atau tidak. KPI= sebagai kunci dan LSF= sebagai pintunya mereka bertugas untuk menyesuaikan dan "filter" bagi masyarakat.

    apa lagi cool japan setasiun TV jepang yg akan dipersiapkan mengudara diindonesia akan masuk mungkin klasifikasi konten akan diterapkan pada setasiun tv ini.

  27. kayanya perlu dibuat acara TV khusus mengenai fungsi LSF/KPI supaya media serta penonton tau faktor"apa yg diperbolehkan atau tidak. KPI= sebagai kunci dan LSF= sebagai pintunya mereka bertugas untuk menyesuaikan dan "filter" bagi masyarakat.

    apa lagi cool japan setasiun TV jepang yg akan dipersiapkan mengudara diindonesia akan masuk mungkin klasifikasi konten akan diterapkan pada setasiun tv ini.

  28. Salah orang2 idiot yang mencap ANIME untuk anak2, dan parah nya lagi stasiun TV tidak memilah milih jam tayang. misal anime dengan jam tayang dan waktu khusus.

  29. Salah orang2 idiot yang mencap ANIME untuk anak2, dan parah nya lagi stasiun TV tidak memilah milih jam tayang. misal anime dengan jam tayang dan waktu khusus.

  30. Salah orang2 idiot yang mencap ANIME untuk anak2, dan parah nya lagi stasiun TV tidak memilah milih jam tayang. misal anime dengan jam tayang dan waktu khusus.

  31. Sebaiknya semua ikut berperan untuk mengawasinya. tidak hanya KPI tetapi peran Orang Tua terhadap anaknya sangat lah peting. apalagi tidak cuma acara tv anime, tetapi banyak acara acara tv lain yang tidak mendidik dan tidak patut ditonton untuk anak anak seperti gosip dll.

  32. Sebaiknya semua ikut berperan untuk mengawasinya. tidak hanya KPI tetapi peran Orang Tua terhadap anaknya sangat lah peting. apalagi tidak cuma acara tv anime, tetapi banyak acara acara tv lain yang tidak mendidik dan tidak patut ditonton untuk anak anak seperti gosip dll.

  33. Sebaiknya semua ikut berperan untuk mengawasinya. tidak hanya KPI tetapi peran Orang Tua terhadap anaknya sangat lah peting. apalagi tidak cuma acara tv anime, tetapi banyak acara acara tv lain yang tidak mendidik dan tidak patut ditonton untuk anak anak seperti gosip dll.

  34. Kalo masalah wan piss(one piece) sih udah ngerti alasan di bannednya.
    dan mungkin studio dubbing atau pihak televisinya belum punya alat/software buat bikin mosaic atau censorship, atau malah mungkin pihak LSInya yg nggak mau ngasih sensor.
    kalo dari tahun ke tahun sebenernya lumayan beberapa judul bisa masuk ke Indonesia, itu juga cuma beberapa. karena dari pantauan saya ada anime yang layak konsumsi melihat anggapan mayoritas orang Indonesia yang sudah mencap bahwa semua kartun itu untuk anak-anak.
    misalnya aja seperti nonnon biyori, walaupun ada 1 episode fanservice, tapi sekedar memakai baju renang. Gin no Saji yang bercerita tentang lulusan SMP yang gak ada semangat hidup akhirnya disaranin sama wali kelasnya ke SMK peternakan. ada romancenya jadi cocok buat remaja, apalagi saya rasa ada remaja yang lulus SMP bingung mau ngelanjutin sekolahnya, bisa jadi motivasi buat lulusan SMP.
    Kokoro Connect juga aman di tonton karena cuma ada romance dan kata2 yang tergolong tidak aman di dialognya juga gak terlalu vulgar, namanya anak SMP yang normal malu kalo sampe ngomongin hal vulgar di depan umum.
    kayaknya kebanyakan nulis nih.
    yah mudah2an kedepannya anime yang tayang di Indonesia lebih bervairasi dan bisa di terima di lapisan masyarakat, tapi harus diingat anime itu ada di dunia khayalan, jangan pernah samakan dunia khayalan dengan dunia nyata. karena dua dunia tersebut sulit di satukan.

  35. Kalo masalah wan piss(one piece) sih udah ngerti alasan di bannednya.
    dan mungkin studio dubbing atau pihak televisinya belum punya alat/software buat bikin mosaic atau censorship, atau malah mungkin pihak LSInya yg nggak mau ngasih sensor.
    kalo dari tahun ke tahun sebenernya lumayan beberapa judul bisa masuk ke Indonesia, itu juga cuma beberapa. karena dari pantauan saya ada anime yang layak konsumsi melihat anggapan mayoritas orang Indonesia yang sudah mencap bahwa semua kartun itu untuk anak-anak.
    misalnya aja seperti nonnon biyori, walaupun ada 1 episode fanservice, tapi sekedar memakai baju renang. Gin no Saji yang bercerita tentang lulusan SMP yang gak ada semangat hidup akhirnya disaranin sama wali kelasnya ke SMK peternakan. ada romancenya jadi cocok buat remaja, apalagi saya rasa ada remaja yang lulus SMP bingung mau ngelanjutin sekolahnya, bisa jadi motivasi buat lulusan SMP.
    Kokoro Connect juga aman di tonton karena cuma ada romance dan kata2 yang tergolong tidak aman di dialognya juga gak terlalu vulgar, namanya anak SMP yang normal malu kalo sampe ngomongin hal vulgar di depan umum.
    kayaknya kebanyakan nulis nih.
    yah mudah2an kedepannya anime yang tayang di Indonesia lebih bervairasi dan bisa di terima di lapisan masyarakat, tapi harus diingat anime itu ada di dunia khayalan, jangan pernah samakan dunia khayalan dengan dunia nyata. karena dua dunia tersebut sulit di satukan.

  36. Kalo masalah wan piss(one piece) sih udah ngerti alasan di bannednya.
    dan mungkin studio dubbing atau pihak televisinya belum punya alat/software buat bikin mosaic atau censorship, atau malah mungkin pihak LSInya yg nggak mau ngasih sensor.
    kalo dari tahun ke tahun sebenernya lumayan beberapa judul bisa masuk ke Indonesia, itu juga cuma beberapa. karena dari pantauan saya ada anime yang layak konsumsi melihat anggapan mayoritas orang Indonesia yang sudah mencap bahwa semua kartun itu untuk anak-anak.
    misalnya aja seperti nonnon biyori, walaupun ada 1 episode fanservice, tapi sekedar memakai baju renang. Gin no Saji yang bercerita tentang lulusan SMP yang gak ada semangat hidup akhirnya disaranin sama wali kelasnya ke SMK peternakan. ada romancenya jadi cocok buat remaja, apalagi saya rasa ada remaja yang lulus SMP bingung mau ngelanjutin sekolahnya, bisa jadi motivasi buat lulusan SMP.
    Kokoro Connect juga aman di tonton karena cuma ada romance dan kata2 yang tergolong tidak aman di dialognya juga gak terlalu vulgar, namanya anak SMP yang normal malu kalo sampe ngomongin hal vulgar di depan umum.
    kayaknya kebanyakan nulis nih.
    yah mudah2an kedepannya anime yang tayang di Indonesia lebih bervairasi dan bisa di terima di lapisan masyarakat, tapi harus diingat anime itu ada di dunia khayalan, jangan pernah samakan dunia khayalan dengan dunia nyata. karena dua dunia tersebut sulit di satukan.

  37. memang banyak benarnya, kenapa anime seperti NARUTO dan sodaranya di hentikan.

    menurut saya, indonesia mengenal anime bukan dengan pandangan orang negeri sakura. kenapa, karena sejak awal debut anime dan kartun di indonesia, film animasi kebanyakan ditujukan untuk usia kanak-kanak.
    sehingga, kalau ada anime atau animasi yang kekerasannya nampak. bisa dibilang levelnya bukan kartun atau anime atau animasi untuk anak, itu setara dengan film action remaja dan dewasa yang LIFEACTION.

    mungkin alasan kenapa sekarang banyak anime yang mengandung kekerasan akrena genrenya lebih disukai jika disajikan dalam bentuk serupa animasi, kedua mungkin karena pembuatan film 2d lebih mudah dibanding membuat life action yang diperanin oleh actor dan butuh banyak biaya produksi, toh editing filmnya lebih sulit daripada anime dan kartun. jadi mereka lebih suka bikin film action di dalam bentuk 2d.

    dan yang terakhir itu tanggung jawabnya, kalau ada tindak kejahatan yang muncul akibat menonton film diatas. pasti hukumlah yang bakalan menentukan apa yang pantas bagi pelaku. di jepang, hukumnya beda dengan indonesia. jika di indonesia tindak pelecehan dihukum beberapa tahun, bisa anda bandingkan nasib pelaku itu jika dihukum di jepang?.

    saya pernah baca, seorang yang melihat anime bergenre… ya itu dah, dia melakukan tindakan… dari yang di tontonnya. sehingga dia ditangkap, trus… mati…. (hukuman mati maksudnya…). karena itu, mungkin tindakan MENCEGAH di indonesia lebih diterapkan daripada MENGOBATI, meskipun mencegah dan melindungi tidak selalu mendapat respon yang sepadan dari beberapa pihak, tapi saya rasa dan beberapa orang rasa hal itu lebih baik dan benar adanya. -_-

    (terimakasih telah membaca cerpen saya … :'( )

  38. memang banyak benarnya, kenapa anime seperti NARUTO dan sodaranya di hentikan.

    menurut saya, indonesia mengenal anime bukan dengan pandangan orang negeri sakura. kenapa, karena sejak awal debut anime dan kartun di indonesia, film animasi kebanyakan ditujukan untuk usia kanak-kanak.
    sehingga, kalau ada anime atau animasi yang kekerasannya nampak. bisa dibilang levelnya bukan kartun atau anime atau animasi untuk anak, itu setara dengan film action remaja dan dewasa yang LIFEACTION.

    mungkin alasan kenapa sekarang banyak anime yang mengandung kekerasan akrena genrenya lebih disukai jika disajikan dalam bentuk serupa animasi, kedua mungkin karena pembuatan film 2d lebih mudah dibanding membuat life action yang diperanin oleh actor dan butuh banyak biaya produksi, toh editing filmnya lebih sulit daripada anime dan kartun. jadi mereka lebih suka bikin film action di dalam bentuk 2d.

    dan yang terakhir itu tanggung jawabnya, kalau ada tindak kejahatan yang muncul akibat menonton film diatas. pasti hukumlah yang bakalan menentukan apa yang pantas bagi pelaku. di jepang, hukumnya beda dengan indonesia. jika di indonesia tindak pelecehan dihukum beberapa tahun, bisa anda bandingkan nasib pelaku itu jika dihukum di jepang?.

    saya pernah baca, seorang yang melihat anime bergenre… ya itu dah, dia melakukan tindakan… dari yang di tontonnya. sehingga dia ditangkap, trus… mati…. (hukuman mati maksudnya…). karena itu, mungkin tindakan MENCEGAH di indonesia lebih diterapkan daripada MENGOBATI, meskipun mencegah dan melindungi tidak selalu mendapat respon yang sepadan dari beberapa pihak, tapi saya rasa dan beberapa orang rasa hal itu lebih baik dan benar adanya. -_-

    (terimakasih telah membaca cerpen saya … :'( )

  39. memang banyak benarnya, kenapa anime seperti NARUTO dan sodaranya di hentikan.

    menurut saya, indonesia mengenal anime bukan dengan pandangan orang negeri sakura. kenapa, karena sejak awal debut anime dan kartun di indonesia, film animasi kebanyakan ditujukan untuk usia kanak-kanak.
    sehingga, kalau ada anime atau animasi yang kekerasannya nampak. bisa dibilang levelnya bukan kartun atau anime atau animasi untuk anak, itu setara dengan film action remaja dan dewasa yang LIFEACTION.

    mungkin alasan kenapa sekarang banyak anime yang mengandung kekerasan akrena genrenya lebih disukai jika disajikan dalam bentuk serupa animasi, kedua mungkin karena pembuatan film 2d lebih mudah dibanding membuat life action yang diperanin oleh actor dan butuh banyak biaya produksi, toh editing filmnya lebih sulit daripada anime dan kartun. jadi mereka lebih suka bikin film action di dalam bentuk 2d.

    dan yang terakhir itu tanggung jawabnya, kalau ada tindak kejahatan yang muncul akibat menonton film diatas. pasti hukumlah yang bakalan menentukan apa yang pantas bagi pelaku. di jepang, hukumnya beda dengan indonesia. jika di indonesia tindak pelecehan dihukum beberapa tahun, bisa anda bandingkan nasib pelaku itu jika dihukum di jepang?.

    saya pernah baca, seorang yang melihat anime bergenre… ya itu dah, dia melakukan tindakan… dari yang di tontonnya. sehingga dia ditangkap, trus… mati…. (hukuman mati maksudnya…). karena itu, mungkin tindakan MENCEGAH di indonesia lebih diterapkan daripada MENGOBATI, meskipun mencegah dan melindungi tidak selalu mendapat respon yang sepadan dari beberapa pihak, tapi saya rasa dan beberapa orang rasa hal itu lebih baik dan benar adanya. -_-

    (terimakasih telah membaca cerpen saya … :'( )

  40. Dody Kusumanto perasaan di ban deh.
    saya pernah nemu di salah satu forum, kalo gak salah di IDWS.
    LSI yang saya maksud bukan Liga Super Indonesia tapi Lembaga Sensor Film.
    sengaja saya singkat karena di atas juga di singkat.

  41. Dody Kusumanto perasaan di ban deh.
    saya pernah nemu di salah satu forum, kalo gak salah di IDWS.
    LSI yang saya maksud bukan Liga Super Indonesia tapi Lembaga Sensor Film.
    sengaja saya singkat karena di atas juga di singkat.

  42. Dody Kusumanto perasaan di ban deh.
    saya pernah nemu di salah satu forum, kalo gak salah di IDWS.
    LSI yang saya maksud bukan Liga Super Indonesia tapi Lembaga Sensor Film.
    sengaja saya singkat karena di atas juga di singkat.

  43. LSI = Liga Super Indonesia
    LSF = Lembaga Sensor Film

    Hanya informasi random dari forum?? Ada nggak pengumuman RESMI dari pihak regulator baik itu LSF sebagai lembaga penyensor dan KPI sebagai lembaga pengawas? Ingat : STATEMENT RESMI. Bukan info-info dari blog yang tidak jelas dan kurang bisa dipetanggungjawabkan.

    Dan silahkan membaca ulang artikel ini. Sudah dikupas dengan sejelas-jelasnya kalau itu tidak pernah dipermasalahkan penayangannya selama itu sesuai dengan aturan yang ebrlaku.

  44. LSI = Liga Super Indonesia
    LSF = Lembaga Sensor Film

    Hanya informasi random dari forum?? Ada nggak pengumuman RESMI dari pihak regulator baik itu LSF sebagai lembaga penyensor dan KPI sebagai lembaga pengawas? Ingat : STATEMENT RESMI. Bukan info-info dari blog yang tidak jelas dan kurang bisa dipetanggungjawabkan.

    Dan silahkan membaca ulang artikel ini. Sudah dikupas dengan sejelas-jelasnya kalau itu tidak pernah dipermasalahkan penayangannya selama itu sesuai dengan aturan yang ebrlaku.

  45. LSI = Liga Super Indonesia
    LSF = Lembaga Sensor Film

    Hanya informasi random dari forum?? Ada nggak pengumuman RESMI dari pihak regulator baik itu LSF sebagai lembaga penyensor dan KPI sebagai lembaga pengawas? Ingat : STATEMENT RESMI. Bukan info-info dari blog yang tidak jelas dan kurang bisa dipetanggungjawabkan.

    Dan silahkan membaca ulang artikel ini. Sudah dikupas dengan sejelas-jelasnya kalau itu tidak pernah dipermasalahkan penayangannya selama itu sesuai dengan aturan yang ebrlaku.

  46. semuanya kembali kepada keputusan stasiun tv apakah mereka masih mau membeli jam tayang anime di indonesia atau tidak. toh stasiun tv sekarang lebih mementingkan hiburan semata utk orang-orang, sehingga menurut saya anime yang sedikit peminatnya sulit utk bersaing dengan acara lainnya spt sinetron, film-film, sepakbola, dan acara hiburan lainnya. meskipun anime tayang lagi jika penontonnya tidak sesuai target stasiun tv mungkin anime akan sulit untuk ditemukan di televisi indonesia. sampai saat ini saya terlezan dengan indosiar yang masih menayangkan anime dari dulu spai sekarang. ya intinya kembali ke pihak stasiun tvnya masing-masing

  47. semuanya kembali kepada keputusan stasiun tv apakah mereka masih mau membeli jam tayang anime di indonesia atau tidak. toh stasiun tv sekarang lebih mementingkan hiburan semata utk orang-orang, sehingga menurut saya anime yang sedikit peminatnya sulit utk bersaing dengan acara lainnya spt sinetron, film-film, sepakbola, dan acara hiburan lainnya. meskipun anime tayang lagi jika penontonnya tidak sesuai target stasiun tv mungkin anime akan sulit untuk ditemukan di televisi indonesia. sampai saat ini saya terlezan dengan indosiar yang masih menayangkan anime dari dulu spai sekarang. ya intinya kembali ke pihak stasiun tvnya masing-masing

  48. semuanya kembali kepada keputusan stasiun tv apakah mereka masih mau membeli jam tayang anime di indonesia atau tidak. toh stasiun tv sekarang lebih mementingkan hiburan semata utk orang-orang, sehingga menurut saya anime yang sedikit peminatnya sulit utk bersaing dengan acara lainnya spt sinetron, film-film, sepakbola, dan acara hiburan lainnya. meskipun anime tayang lagi jika penontonnya tidak sesuai target stasiun tv mungkin anime akan sulit untuk ditemukan di televisi indonesia. sampai saat ini saya terlezan dengan indosiar yang masih menayangkan anime dari dulu spai sekarang. ya intinya kembali ke pihak stasiun tvnya masing-masing

  49. ya yg salah itu juga penyiar TV, jelas anime gk cocok utk" anak kenapa juga dipaksain masuk ke program anak" -_- dan juga kenapa KPI harus menegur? lebih baik memberi saran, seperti : sebaiknya anime di tayangkan sedikit lbh malam, atau disarankan anime yg tdk ada kekerasan, kata" kotor, dan blah blah blah,.. anime ituu banyak,.. gk cuma anime kekerasan doang -_- sekali lagi, meskipun KPI udh bicara begitu, tpi tetep aja prinsipnya salah!

  50. ya yg salah itu juga penyiar TV, jelas anime gk cocok utk" anak kenapa juga dipaksain masuk ke program anak" -_- dan juga kenapa KPI harus menegur? lebih baik memberi saran, seperti : sebaiknya anime di tayangkan sedikit lbh malam, atau disarankan anime yg tdk ada kekerasan, kata" kotor, dan blah blah blah,.. anime ituu banyak,.. gk cuma anime kekerasan doang -_- sekali lagi, meskipun KPI udh bicara begitu, tpi tetep aja prinsipnya salah!

  51. ya yg salah itu juga penyiar TV, jelas anime gk cocok utk" anak kenapa juga dipaksain masuk ke program anak" -_- dan juga kenapa KPI harus menegur? lebih baik memberi saran, seperti : sebaiknya anime di tayangkan sedikit lbh malam, atau disarankan anime yg tdk ada kekerasan, kata" kotor, dan blah blah blah,.. anime ituu banyak,.. gk cuma anime kekerasan doang -_- sekali lagi, meskipun KPI udh bicara begitu, tpi tetep aja prinsipnya salah!

  52. Aldi Pratama kalo Naruto ama One piece di Banned karna kekerasan, bukannya org yg ditabrak mobil di sinetron itu juga kekerasan? :v :v :v wkwkwk

  53. Aldi Pratama kalo Naruto ama One piece di Banned karna kekerasan, bukannya org yg ditabrak mobil di sinetron itu juga kekerasan? :v :v :v wkwkwk

  54. Aldi Pratama kalo Naruto ama One piece di Banned karna kekerasan, bukannya org yg ditabrak mobil di sinetron itu juga kekerasan? :v :v :v wkwkwk

  55. Tpi menurutku adegan petkelahian sampe keluar darah gk pengaruh tuh ke masa kecilku. Apak h ada kasus kekerasan disebabkan oleh anime?
    TERlalu banyak aturan yg sebenarnya tak perlu diterapkan.

    Coba liat aja sekarang, sinetron tayang pagi, siang, malam, bahkan dini hari. Sinetron malah adegannya lbh kejam,,,,krn dialog dan actnya dlm membenci tokoh prontagonist itu lebay,,,kenapa itu gak ditegur ato sensor?
    sinetron kan konsumsi ibu2, saking tegangnya, anaknya juga ikut nonton. Nah apakah LSF ato KPI gk nyadari itu?

    Gosip insert pun kini tayang pagi. Itu kan jam anak2, gkosip gk bagus krn menyodorkan spekulasi dan tdk nendidik utk anak.

    Dgn minimnya anime, an@k2 atopun dewasa mulai kehilangan opsi program tv utk ditonton. Sehingga mau gak mau nonton program yg lebay, alay, dan gk bermutu

  56. Tpi menurutku adegan petkelahian sampe keluar darah gk pengaruh tuh ke masa kecilku. Apak h ada kasus kekerasan disebabkan oleh anime?
    TERlalu banyak aturan yg sebenarnya tak perlu diterapkan.

    Coba liat aja sekarang, sinetron tayang pagi, siang, malam, bahkan dini hari. Sinetron malah adegannya lbh kejam,,,,krn dialog dan actnya dlm membenci tokoh prontagonist itu lebay,,,kenapa itu gak ditegur ato sensor?
    sinetron kan konsumsi ibu2, saking tegangnya, anaknya juga ikut nonton. Nah apakah LSF ato KPI gk nyadari itu?

    Gosip insert pun kini tayang pagi. Itu kan jam anak2, gkosip gk bagus krn menyodorkan spekulasi dan tdk nendidik utk anak.

    Dgn minimnya anime, an@k2 atopun dewasa mulai kehilangan opsi program tv utk ditonton. Sehingga mau gak mau nonton program yg lebay, alay, dan gk bermutu

  57. Tpi menurutku adegan petkelahian sampe keluar darah gk pengaruh tuh ke masa kecilku. Apak h ada kasus kekerasan disebabkan oleh anime?
    TERlalu banyak aturan yg sebenarnya tak perlu diterapkan.

    Coba liat aja sekarang, sinetron tayang pagi, siang, malam, bahkan dini hari. Sinetron malah adegannya lbh kejam,,,,krn dialog dan actnya dlm membenci tokoh prontagonist itu lebay,,,kenapa itu gak ditegur ato sensor?
    sinetron kan konsumsi ibu2, saking tegangnya, anaknya juga ikut nonton. Nah apakah LSF ato KPI gk nyadari itu?

    Gosip insert pun kini tayang pagi. Itu kan jam anak2, gkosip gk bagus krn menyodorkan spekulasi dan tdk nendidik utk anak.

    Dgn minimnya anime, an@k2 atopun dewasa mulai kehilangan opsi program tv utk ditonton. Sehingga mau gak mau nonton program yg lebay, alay, dan gk bermutu

  58. kenapa gw suka anime drpd sinetron ??
    gw suka plotnya kadang ketika kita nonton anime bikin otak kita mikir ..
    gk kyk sinetron (dan gk perlu dibahas alasannya kenapa) …

    nih makanya tonton
    1. Steins Gate .
    2. Lelouch the Rebellion
    3. Shinsekai Yori
    4. Shingeki No Kyojin
    5. Death Note
    dll …..

  59. kenapa gw suka anime drpd sinetron ??
    gw suka plotnya kadang ketika kita nonton anime bikin otak kita mikir ..
    gk kyk sinetron (dan gk perlu dibahas alasannya kenapa) …

    nih makanya tonton
    1. Steins Gate .
    2. Lelouch the Rebellion
    3. Shinsekai Yori
    4. Shingeki No Kyojin
    5. Death Note
    dll …..

  60. kenapa gw suka anime drpd sinetron ??
    gw suka plotnya kadang ketika kita nonton anime bikin otak kita mikir ..
    gk kyk sinetron (dan gk perlu dibahas alasannya kenapa) …

    nih makanya tonton
    1. Steins Gate .
    2. Lelouch the Rebellion
    3. Shinsekai Yori
    4. Shingeki No Kyojin
    5. Death Note
    dll …..

  61. Pally Nainggolan eh nyet, tau sarkas ga sih haha
    emang lo tau apa soal "gituan"? ilmu cetek ga usah komen lah bro malu-maluin
    nonton doraemon sana yg gratis dan legal, lu nonton anime ilegal aja bangga amat lol

  62. Pally Nainggolan eh nyet, tau sarkas ga sih haha
    emang lo tau apa soal "gituan"? ilmu cetek ga usah komen lah bro malu-maluin
    nonton doraemon sana yg gratis dan legal, lu nonton anime ilegal aja bangga amat lol

  63. Pally Nainggolan eh nyet, tau sarkas ga sih haha
    emang lo tau apa soal "gituan"? ilmu cetek ga usah komen lah bro malu-maluin
    nonton doraemon sana yg gratis dan legal, lu nonton anime ilegal aja bangga amat lol

  64. Aduh – aduh ….
    Streaming itu legal bro ……
    dan gw nonton di situs resmi alias punya hak cipta …
    habis lo ngambil kesimpulan dari satu film yg notabennya gk akan bisa tayang di TV tanpa di sensor.

  65. Aduh – aduh ….
    Streaming itu legal bro ……
    dan gw nonton di situs resmi alias punya hak cipta …
    habis lo ngambil kesimpulan dari satu film yg notabennya gk akan bisa tayang di TV tanpa di sensor.

  66. Aduh – aduh ….
    Streaming itu legal bro ……
    dan gw nonton di situs resmi alias punya hak cipta …
    habis lo ngambil kesimpulan dari satu film yg notabennya gk akan bisa tayang di TV tanpa di sensor.

  67. Pally Nainggolan kapan gue bilang streaming itu ilegal lel, oh yauda bagus kalo emang nonton di situs resmi
    nah makanya sebelum komen pahami, jangan lagak sok pinter ya nanti keliatan bodohnya di internet

  68. Pally Nainggolan kapan gue bilang streaming itu ilegal lel, oh yauda bagus kalo emang nonton di situs resmi
    nah makanya sebelum komen pahami, jangan lagak sok pinter ya nanti keliatan bodohnya di internet

  69. Pally Nainggolan kapan gue bilang streaming itu ilegal lel, oh yauda bagus kalo emang nonton di situs resmi
    nah makanya sebelum komen pahami, jangan lagak sok pinter ya nanti keliatan bodohnya di internet

    • anime itu manga, ataupun light novel yg di animasikan, gk ada sinetron di jepang yg ada dorama (drama) yg juga banyak berasal dari manga, anime, maupun light novel. jangan pernah samakan anime dengan sinetron.

  70. Lha berarti aturan'a yg perlu diperbaiki.

    "referensinya menunjukkan bahwa di sana sangat ketat sekali untuk film-film Anime bahkan ada usia kodomo, josei, shonen, atau untuk pria dewasa, wanita dewasa, remaja pria, remaja wanita, itu diklasifikasi. Nah di Indonesia kan tidak."

    "Anime-Anime yang agak cenderung memuat kekerasan boleh-boleh saja sebenarnya. Itu tayangkan di atas pukul 22.00 malam."

    kalau sudah tau ini titik kesalahan'a kenapa dibiarkan dan peraturan tidak direvisi?

  71. Lha berarti aturan'a yg perlu diperbaiki.

    "referensinya menunjukkan bahwa di sana sangat ketat sekali untuk film-film Anime bahkan ada usia kodomo, josei, shonen, atau untuk pria dewasa, wanita dewasa, remaja pria, remaja wanita, itu diklasifikasi. Nah di Indonesia kan tidak."

    "Anime-Anime yang agak cenderung memuat kekerasan boleh-boleh saja sebenarnya. Itu tayangkan di atas pukul 22.00 malam."

    kalau sudah tau ini titik kesalahan'a kenapa dibiarkan dan peraturan tidak direvisi?

  72. Lha berarti aturan'a yg perlu diperbaiki.

    "referensinya menunjukkan bahwa di sana sangat ketat sekali untuk film-film Anime bahkan ada usia kodomo, josei, shonen, atau untuk pria dewasa, wanita dewasa, remaja pria, remaja wanita, itu diklasifikasi. Nah di Indonesia kan tidak."

    "Anime-Anime yang agak cenderung memuat kekerasan boleh-boleh saja sebenarnya. Itu tayangkan di atas pukul 22.00 malam."

    kalau sudah tau ini titik kesalahan'a kenapa dibiarkan dan peraturan tidak direvisi?

  73. Fauzan Nm anak siapa tuh yg acara jam 10 malam atau dengan kategori D ma R masih boleh nonton,, orang tua'a gimana tuh?
    Sinetron jelas" penuh hal negatif,, tentang sirik,, rebutan harta,, bully. tetapi tayang prime time dg durasi waktu yg agh bikin muak.

  74. Fauzan Nm anak siapa tuh yg acara jam 10 malam atau dengan kategori D ma R masih boleh nonton,, orang tua'a gimana tuh?
    Sinetron jelas" penuh hal negatif,, tentang sirik,, rebutan harta,, bully. tetapi tayang prime time dg durasi waktu yg agh bikin muak.

  75. Fauzan Nm anak siapa tuh yg acara jam 10 malam atau dengan kategori D ma R masih boleh nonton,, orang tua'a gimana tuh?
    Sinetron jelas" penuh hal negatif,, tentang sirik,, rebutan harta,, bully. tetapi tayang prime time dg durasi waktu yg agh bikin muak.

  76. kenapa musti DxD,, kelas AnoHana atau Clanad aja kayak'a ga bakal disiarkan. >:o
    tapi sinetron dengan isi yg penuh sirik,, rebutan harta & bully selalu ada di acara utama. -_-

  77. kenapa musti DxD,, kelas AnoHana atau Clanad aja kayak'a ga bakal disiarkan. >:o
    tapi sinetron dengan isi yg penuh sirik,, rebutan harta & bully selalu ada di acara utama. -_-

  78. kenapa musti DxD,, kelas AnoHana atau Clanad aja kayak'a ga bakal disiarkan. >:o
    tapi sinetron dengan isi yg penuh sirik,, rebutan harta & bully selalu ada di acara utama. -_-

  79. padahal acara acara sinetron kadang juga ga mendidik. Malah lebih baik penayangan anime, namun tayangan animenya yang bebas dari unsur unsur yang gapantas untuk ditayangkan kan masih banyak anime tidak mengandung unsur tsb

  80. padahal acara acara sinetron kadang juga ga mendidik. Malah lebih baik penayangan anime, namun tayangan animenya yang bebas dari unsur unsur yang gapantas untuk ditayangkan kan masih banyak anime tidak mengandung unsur tsb

  81. padahal acara acara sinetron kadang juga ga mendidik. Malah lebih baik penayangan anime, namun tayangan animenya yang bebas dari unsur unsur yang gapantas untuk ditayangkan kan masih banyak anime tidak mengandung unsur tsb

  82. Ano….kalau boleh berpendapat…. Masih banyak anime yg bagus kok gak ada unsur yg menyimpang…. Beberapa anime juga banyak yg episodenya gak2 banyak2 amat kya senetron indo… Menurut saya penggunaan bahasa indo dub di anime yg di tayangkan di chanel indo gak ada yang menyimpang dari kaidah bahasa indo… Coba bandingkan dengan penggunaan bahasa indo yg terdapat pada senetron2 indo ……. secara tidak langsung mengubah jati diri dari indo sendirikan dan mengubah moral anak2 yg masih di bawah umur?? Kenapa KPI tidak menanggapi hal itu ??? Untuk stasiun televisi indo perbandingan bayaknya iklan itu terdapat di penayangan anime itu sendiri bukanya itu bisa jadi masukan yg berlebih buat stasiun tv tersebut ???? Perbandingan antara moral kita ambil aja moral anak tahun 90 an ketika anime masih berjaya … di bandingkan anak2 zaman sekarang Anak2 thun 90 an jarang yg ikut hal2 yg berbau negative soalnya beberapa anime selain menghibur terdapat nilai moral yg banyak ….. bandingkan ama tayangan anak2 zaman sekarang …. lebih banyak menghiburnya…. kebanyakan senetron ceritanya sama percintaan… cemburu bla2bla2…… byk yg tidak sadar itulah penyebab meningkatnya tingkat sex di indo …….. Setidaknya sisakan 1 hari saja yaitu hari minggu untuk penayangan anime di indo

    ambil aja contoh anime yg baru2 aja rilis yg kayanya bagus di tayangkan di tv indo Non Non Biyori

  83. Ano….kalau boleh berpendapat…. Masih banyak anime yg bagus kok gak ada unsur yg menyimpang…. Beberapa anime juga banyak yg episodenya gak2 banyak2 amat kya senetron indo… Menurut saya penggunaan bahasa indo dub di anime yg di tayangkan di chanel indo gak ada yang menyimpang dari kaidah bahasa indo… Coba bandingkan dengan penggunaan bahasa indo yg terdapat pada senetron2 indo ……. secara tidak langsung mengubah jati diri dari indo sendirikan dan mengubah moral anak2 yg masih di bawah umur?? Kenapa KPI tidak menanggapi hal itu ??? Untuk stasiun televisi indo perbandingan bayaknya iklan itu terdapat di penayangan anime itu sendiri bukanya itu bisa jadi masukan yg berlebih buat stasiun tv tersebut ???? Perbandingan antara moral kita ambil aja moral anak tahun 90 an ketika anime masih berjaya … di bandingkan anak2 zaman sekarang Anak2 thun 90 an jarang yg ikut hal2 yg berbau negative soalnya beberapa anime selain menghibur terdapat nilai moral yg banyak ….. bandingkan ama tayangan anak2 zaman sekarang …. lebih banyak menghiburnya…. kebanyakan senetron ceritanya sama percintaan… cemburu bla2bla2…… byk yg tidak sadar itulah penyebab meningkatnya tingkat sex di indo …….. Setidaknya sisakan 1 hari saja yaitu hari minggu untuk penayangan anime di indo

    ambil aja contoh anime yg baru2 aja rilis yg kayanya bagus di tayangkan di tv indo Non Non Biyori

  84. Ano….kalau boleh berpendapat…. Masih banyak anime yg bagus kok gak ada unsur yg menyimpang…. Beberapa anime juga banyak yg episodenya gak2 banyak2 amat kya senetron indo… Menurut saya penggunaan bahasa indo dub di anime yg di tayangkan di chanel indo gak ada yang menyimpang dari kaidah bahasa indo… Coba bandingkan dengan penggunaan bahasa indo yg terdapat pada senetron2 indo ……. secara tidak langsung mengubah jati diri dari indo sendirikan dan mengubah moral anak2 yg masih di bawah umur?? Kenapa KPI tidak menanggapi hal itu ??? Untuk stasiun televisi indo perbandingan bayaknya iklan itu terdapat di penayangan anime itu sendiri bukanya itu bisa jadi masukan yg berlebih buat stasiun tv tersebut ???? Perbandingan antara moral kita ambil aja moral anak tahun 90 an ketika anime masih berjaya … di bandingkan anak2 zaman sekarang Anak2 thun 90 an jarang yg ikut hal2 yg berbau negative soalnya beberapa anime selain menghibur terdapat nilai moral yg banyak ….. bandingkan ama tayangan anak2 zaman sekarang …. lebih banyak menghiburnya…. kebanyakan senetron ceritanya sama percintaan… cemburu bla2bla2…… byk yg tidak sadar itulah penyebab meningkatnya tingkat sex di indo …….. Setidaknya sisakan 1 hari saja yaitu hari minggu untuk penayangan anime di indo

    ambil aja contoh anime yg baru2 aja rilis yg kayanya bagus di tayangkan di tv indo Non Non Biyori

  85. Hidup KPI… semoga kedepan semakin diperketat evaluasinya… terima kasih atas dedikasinya selama ini.

  86. menusuk perut sampai darahnya muncrat. Nah ini untuk program dewasa saja seperti film asing, begitu muncul darah KPI langsung tegur. Apalagi ini program untuk anak-anak dan remaja.

    trus the raid lu masih lulusin sensor, oh terus GGS dan kwan"nya yg ga mendidik yg cuma pacarana aja kerjaannya lu diemin.. wkwkwkwkwk… #OTAKENTESEHAT ???

    • Keliatan males baca lu
      KPI cuma lembaga yg negur & ngasih sanksi doang kalo ada tayangan yg ngelanggar. misal ada acara yg vulgar tapi pihak stasiun tv lalai gak disensor nah maka kpi langsung negur tuh tayangan.

      the raid kan pas ditayangin di rc*ti juga banyak yg disensor & dicut pas di adegan kekerasannya

      Tapi beda lagi kalo lu liat the raid dibioskop atau lu donlot filmnya diinternet karna itu bukan frekuensi publik

      jadi ane kasih tau lagi biar paham
      KPI = bagian negur & ngasih sanksi pada acara tv yg sudah tayang
      LSF = tukang nyensor film dan iklan sebelum tayang buat mastiin layak apa nggknya
      Nah buat yg nyensor film & acara itu pihak stasiun sendiri

  87. sebenernya sih KPI sendiri yang gak tahu tentang kehidupannya anak" tu gimana, tingkah lakunya gimana, bisa mebedakan ato tidak, hal hal mendasar tentang anak" kan gak diperhati'in KPI, pastinya anak anak kan udah tahu kalo tayangan kayak gini patut di tiru ato enggak, pastinya anak anak dah tahu kan hal hal yang begituan, makanya ada peraturan wajib belajar 9 tahun itu kan belajar untuk menghadapi kehidupan di dunia nyata tu gimana, pastinya kan hal hal kayak gitu udah ada di pelajarannya kayak PKn ato IPS dll, cuma ya… KPI nya ajha yang gak mengerti tentang anak anak.

  88. saya setuju, bila anime harus di pindah tayangkan , malem juga tak masalah toh banyak penggemar nya ,, tapi soal tuntutan atau larangan anime di beep atau di blurr aya masih berpikir bagaimana dengan acara tv yang lain , kenapa mereka ga di tegur ,
    coba KPI pikir seratus kali kalo ga bisa pikir seribu kali , anak anak tahun 90an mereka lebih sedikit cenderung negative moral nya karna anime . tapi ga separah sekarang , karna anime dan film2 jadul seperti saras , jini oh jinni , mungkin tingkah anak anak yg berubah , mungkin mereka bergaya seperti apa yang dilihat , mbeberapa pengalaman saya pribadi , mungkin saya sejak kecil hanya sering berlaga , "aku pahlawan bertopeng" "entah membuat segel jutsu dan berlaga pahlawan bertopeng di sekolah maupun saat main bersama teman teman ' apakah itu menyimpang?? masa kecil kami dipenuhi khayalan , kesenangan , dan bermain layaknya anak kecil yang sebenernya , anak kecil itu seharusnya lebih meningkatkan tingkat khayalan dan emang seharusnya benar2 berprilaku kekanak kanakan ,,
    coba seribu kali lagi anda pikirkan , anak dibawah umur sejak muncul sinetron yang isinya pergaulanb sekolah , cinta , bahakan ada manusia serigala , sekolah yang kerja nya pacaran tapi ga pernah ujian ,
    adik saya masih kelas 5 sd , mereka berani berlaga so tua , melawan orang tua , bahkan ade saya sudah mengenal pacaran , pergaulan , memakai kata kata gaul , dan mereka bergaya bodoh jika melihat cowo ganteng ,,
    saya ambil contoh , ketika adik saya di suruh kewarung sama orang tua , dia membantah orang tua dan berteriak lantang "OMG HELLOO"
    terkadang saya suka benci ketika sang adik memakai kata , "MASALAH BUAT LOH"
    pergaulan anak jaman sekarang bisa di bilang berbahaya karna ada nya sinetron yang mengajarkan cara pacaran , pdkt , bahkan bertengkar dengan teman karna seseorang yg dia suka , ada adegan tampar2an jenggut2an , dan soal menyiksa kaum bawah , penyiksaan anak tiri dan ibu tiri dan tentu nya, , sinetron mengajarkan pilih pilih dalam berteman , entah yang cantik/ganteng entah yang kaya , mereka juga mengajarkan tentang kesonmbongan orang yg berharta , coba anda lihat dan tonton lagi anime lebih dalam , mereka mengajarkan , berteman lah dengan siapa saja tak peduli dia jelek , miskin dan memalukan ,, !!!

    kalo anda mau nge beep atau bluur anime , sebaiknya anda beep dan bluur juga sinetron itu baru nama nya keadilan ,, 🙂 🙂 maaf kepanjangan

  89. ok anime di bilang berbahaya , gimana kalo sinetron gaul , dan keluarga ragunan berseragam di beep dan blur juga , kalo bisa indo bersih dari sinetron gaul , karna sinetron anak kecil sekarang jadi tua pikirannya :v

  90. Untuk Anime sebegitu ketatnya, jadi ngakak bacanya 😀
    Yauda tayangin atuh anime yg cocok untuk anak2 .
    Semisal saya kasih contoh: Love Live Idol Project, Non non biyori, Kuroko no basket.
    Dan tayangin itu lalu ganti jam tayang dengan sinetron.
    Gue yakin lebih banyak anak2 yg dirumah kalo sore sampe malem hahaha

  91. mestinya KPI lebih sadar bahwa sinetron2 indonesia yang lebih berbahaya dibandingkan anime, disamping kekerasan fisik anime cenderung mengajarkan esensi kebenaran, berbanding terbalik dengan sinetron2 indonesia yang lebih cenderung memaparkan strategi menjatuhkan/menghancurkan orang.

    "terkadang yang tersirat lebih berbahaya dibandingkan yang tersurat"

  92. gak ada yg salah sama KPI , cuman kalian yg sewot duluan kaya yg kiamat . Jelas menurut saya yg salah itu terjadi pada pendaftaran genre umur pada film anime , kartun atau animasi. SAya setuju jika naruto , bleach dan anme kekerasan lain masuk dalam kategori remaja atau bimbingan orangtua , bukan pada anak2 . Wajar jika KPI menegur anime2 kekerasan karena genre umurnya anak2. Lalu kenapa GGS atau sinetron lain gak di tegur pula? dikarenakan si stasiun tv telah mendaftarkan sinetron2 pada kategori genre umur remaja dan khusus untuk remaja.

    Kita pun bisa memberi laporan teguran pada KPI untuk tayangan2 semacam sinetron dan goyang oplosan yang gak karuan . Krna didalam tayangan tersebut , terdapat org dewasa bahkan smpai anak2. Jdi terus lah kalian mmberi laporan teguran pada KPI untuk tayangan2 tidak mendidik tersebut…

  93. Selama kartun" seperti onepiece/ bleach tayang apa prnah ada ank yg menirukan dan menusuk perut teman nya?

    Sedangkan saat lebih banyak sinetron" indonesia tayang menurut saya justru lebih membuat anak" indonesia berbuat "konyol"

    menurut saya yg harus diperhatikan bukan lah apa yg dilihat anak
    tapi seberapa besar kemungkinan anak meniru adegan tersebut

    apa spons dan kucing lebih berbahaya dri serigala dan harimau??

  94. sepertinya genre tdak menjadi masalah bro
    anak sd juga suka liat GGS kok
    kalo gk prcaya silahkan liat orang" disekitar anda

  95. Andry Kwan KPI sudah benar , krna KPI hanya melakukan prosedur yang ada . Kita pun bisa melaporkan GGS sebagaimana kita remaja yg tak butuh tanyangan tersebut. Ingat , sesuatu itu harus ada prosedurnya

  96. Jangan – jangan kpi udah apus armor hero, yang pernah tayang di antv, padahal armor hero itu, filmnya bagus banget, tapi malah di apus, kalo ada kata – kata dubbing yg kurang bagus, bisa diperbaik kenapa harus di apus

  97. Halo Pecinta Anime 🙂

    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi Anime menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini http://www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis 🙂

  98. Halo Pecinta Anime 🙂

    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi Anime menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini http://www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis 🙂

  99. Halo Pecinta Anime 🙂

    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi Anime menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini http://www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis 🙂

  100. Halo Pecinta Anime 🙂

    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi Anime menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini http://www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis 🙂

  101. Halo Pecinta Anime 🙂

    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi Anime menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini http://www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis 🙂

  102. Halo Pecinta Anime 🙂

    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi Anime menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini http://www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis 🙂

  103. Halo Pecinta Anime 🙂

    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi Anime menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini http://www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis 🙂

  104. Halo Pecinta Anime 🙂

    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi Anime menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini http://www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis 🙂

  105. Halo Pecinta Anime 🙂

    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi Anime menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini http://www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis 🙂

  106. Halo Pecinta Anime 🙂

    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi Anime menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini http://www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis 🙂

  107. Halo Pecinta Anime 🙂

    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi Anime menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini http://www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis 🙂

  108. Halo Pecinta Anime 🙂

    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi Anime menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini http://www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis 🙂

  109. Halo Pecinta Anime 🙂

    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi Anime menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini http://www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis 🙂

  110. Halo Pecinta Anime 🙂

    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi Anime menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini http://www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis 🙂

  111. Halo Pecinta Anime 🙂

    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi Anime menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini http://www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis 🙂

  112. Halo Pecinta Anime 🙂

    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi Anime menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini http://www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis 🙂

  113. Halo Pecinta Anime 🙂

    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi Anime menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini http://www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis 🙂

  114. Halo Pecinta Anime 🙂

    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi Anime menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini http://www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis 🙂

  115. Halo Pecinta Anime 🙂

    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi Anime menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini http://www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis 🙂

  116. Halo Pecinta Anime 🙂

    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi Anime menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini http://www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis 🙂

  117. Halo Pecinta Anime 🙂

    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi Anime menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini http://www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis 🙂

  118. Halo Pecinta Anime 🙂

    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi Anime menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini http://www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis 🙂

  119. Halo Pecinta Anime 🙂

    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi Anime menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini http://www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis 🙂

  120. Halo Pecinta Anime 🙂

    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi Anime menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini http://www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis 🙂

  121. Halo Pecinta Anime 🙂

    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi Anime menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini http://www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis 🙂

  122. Halo Pecinta Anime 🙂

    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi Anime menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini http://www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis 🙂

  123. Halo Pecinta Anime 🙂

    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi Anime menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini http://www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis 🙂

  124. Halo Pecinta Anime 🙂

    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi Anime menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini http://www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis 🙂

  125. Halo Pecinta Anime 🙂

    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi Anime menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini http://www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis 🙂

  126. Halo Pecinta Anime 🙂

    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi Anime menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini http://www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis 🙂

  127. Halo Pecinta Anime 🙂

    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi Anime menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini http://www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis 🙂

  128. Halo Pecinta Anime 🙂

    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi Anime menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini http://www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis 🙂

  129. Halo Pecinta Anime 🙂

    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi Anime menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini http://www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis 🙂

  130. Halo Pecinta Anime 🙂

    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi Anime menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini http://www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis 🙂

  131. Halo Pecinta Anime 🙂

    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi Anime menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini http://www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis 🙂

  132. Halo Pecinta Anime 🙂

    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi Anime menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini http://www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis 🙂

  133. Halo Pecinta Anime 🙂

    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi Anime menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini http://www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis 🙂

  134. Halo Pecinta Anime 🙂

    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi Anime menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini http://www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis 🙂

  135. Halo Pecinta Anime 🙂

    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi Anime menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini http://www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis 🙂

  136. Halo Pecinta Anime 🙂

    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi Anime menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini http://www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis 🙂

  137. Halo Pecinta Anime 🙂

    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi Anime menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini http://www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis 🙂

  138. Halo Pecinta Anime 🙂

    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi Anime menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini http://www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis 🙂

  139. Halo Pecinta Anime 🙂

    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi Anime menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini http://www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis 🙂

  140. Halo Pecinta Anime 🙂

    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi Anime menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini http://www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis 🙂

  141. Halo Pecinta Anime 🙂

    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi Anime menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini http://www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis 🙂

  142. Halo Pecinta Anime 🙂

    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi Anime menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini http://www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis 🙂

  143. Halo Pecinta Anime 🙂

    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi Anime menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini http://www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis 🙂

  144. Halo Pecinta Anime 🙂

    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi Anime menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini http://www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis 🙂

  145. Halo Pecinta Anime 🙂

    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi Anime menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini http://www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis 🙂

  146. Halo Pecinta Anime 🙂

    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi Anime menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini http://www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis 🙂

  147. Halo Pecinta Anime 🙂

    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi Anime menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini http://www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis 🙂

  148. Halo Pecinta Anime 🙂

    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi Anime menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini http://www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis 🙂

    • apakah ada system private yang bisa men lock data di hosting/cloud sehingga hanya ada beberapa orang saja yang bisa mendownloadnya?

  149. umm, kpi bisa jelaskan gk ya gimana anak anak bisa meniru adegan kekerasan di naruto. mungkin mereka akan berteriak RASENGAN atau CHIDORI, atau melempar kunai dari kertas. dimana kekerasannya?

  150. ini ngomong blg “suka anime” beneran ato cmn bullshit doang? rsnya sih bullshit doang deh, hanya utk menyenangkan hati dr pihak pewawancara. buktinya, sampe skrg anime, tokusatsu, dan film2 bermutu yg lainnya (entah barat, China, Jepang, lokal, dll) msh dianaktirikan. sdgkn yg jls2 merusak dan tdk bermutu/berkualitas sm skali, msh aja dibiarkan ada di tv2. rusaklah ckckck

  151. Yah saya tidak bisa menyebut si… yah siapapun mbak-mbak di atas sebagai seorang wakil meyakinkan karena dia cenderung hanya memberikan aturan dari KPI dan bersikap sok professional, dan maaf, sekali lagi maaf, saya tidak bisa mengerti maksud “Penggemar” Anime karena Anime sudah bukan hanyalah Kegemaran belaka dan bagi beberapa orang Anime sudah menjadi Lifestyle dan jalan hidup.

    OK, saya akui saya ini cuma WIBU kagak punya kerjaan selain pulang pergi ke sekolah sambil nulis cerita novel yang entah bisa terbit atau tidak tetapi saya ingin memberikan penekanan agar tidak terlihat saya sedang mengeluarkan tantrum semata.

    Kegemaran dan Hobby (Seperti yang dimiliki oleh beberapa Otaku dan Wibu lainnya) adalah dua hal yang berbeda! Kegemaran hanya sekedar gemar alias Suka sementara Hobby adalah pelampiasan pelepasan akan sesuatu seperti lelah akan kehidupan normal!

    Penggemar Anime seperti entah siapa nama mbak di atas tadi belum pernah merasakan semangat yang amat membara ketika menunggu sebuah DISC Blu-ray yang dibeli langsung dari Jepang atau menunggu pakaian Coplay yang dipesan! Atau ketika mendengar lagu soundtrack sebuah Anime terdengar di tempat-tempat umum.

    Saya memang terkesan berlebihan tetapi saya tidak bisa bilang saya menerima pendapat dari orang-orang KPI.

    Tetapi saya yakin akan ada suatu jaman dimana bapak-bapak akan berkumpul dan membicarakan Anime favorit masing-masing!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.