BAGIKAN

Kawula muda Indonesia semakin antusias dengan budaya pop, khususnya yang bertemakan Jepang. Jakarta memiliki sejumlah acara rutin tahunan bertemakan budaya pop seperti Gelar Jepang, Anime Festival Asia, dan Jak-Japan Matsuri.

Salah satu event bertema budaya pop Jepang tertua di Indonesia adalah Gelar Jepang UI yang telah diselenggarakan hampir selama seperempat abad. Belakangan dengan semakin mudahnya akses terhadap produk budaya pop Jepang melalui internet, berbagai acara diselenggarakan mulai dari yang berskala sekolah sampai internasional. Tetapi setiap event memiliki masalahnya sendiri, baik eksternal maupun internal, serta seringkali menjadi “drama” di media sosial.

Forum Anime Indonesia mencoba mempertemukan berbagai pihak yang berkepentingan dalam penyelenggaraan event budaya pop Jepang di Indonesia, mulai dari panitia, sponsor, sukarelawan (volunteer), pengunjung, sampai pemerhati dan akademisi di dunia ini. KAORI Nusantara sebagai fasilitator akan menjadi tuan rumah yang membedah proses penyelenggaraan acara budaya pop Jepang di Indonesia dari hulu ke hilir, sejak dari tahap persiapan, penyelenggaraan, sampai evaluasi setelah penyelenggaraan setiap acara.

Advertisement Inline

Digelar oleh KAORI Nusantara dengan sembilan tahun pengalaman dalam bidang kebudayaan anime dan ekonomi kreatif di Indonesia, Forum Anime Indonesia kali ini diharapkan mampu mempertemukan pihak-pihak yang berkompeten dengan para penggemar yang selama ini hanya memendam kegundahan, atau hanya bisa menyuarakan aspirasinya melalui media sosial.

Hamdan Maulana, direktur utama KAORI Nusantara, melihat banyak acara budaya pop Jepang yang sangat kompetitif dari segi jadwal, namun tidak selalu memuaskan pengunjungnya.

“Dilema soalan harga yang harus dibayar oleh pengunjung, ekspetasi setelah membayar, negosiasi dengan sponsor, sulit menemukan event yang bisa mempertemukan semua faktor ini.”

Kevin Wilyan, ketua panitia Forum Anime Indonesia, melihat bahwa penyelenggaraan acara bisa belajar dari event-event di luar negeri.

“Saat saya melakukan studi banding ke Comiket (Comic Market Jepang), banyak faktor yang bisa dipelajari oleh pengunjung dan penyelenggaraan acara di Indonesia. Ada banyak sekali hal yang bisa disempurnakan dan tugas kita bersama untuk menjadikan acara budaya pop Jepang di Indonesia lebih baik.”

Sementara Dody Kusumanto, direktur pemberitaan KAORI Nusantara, berharap ajang ini bisa jadi sarana baik untuk para pemangku kepentingan untuk saling bertatap muka dan berdiskusi soal fenomena acara budaya pop Jepang di Indonesia.

“Apa yang diinginkan semua pihak, tentu harus kita pertemukan di sini.”

Acara diskusi ini akan diselenggarakan pada Sabtu, 26 Agustus 2017 dalam perhelatan BIJAC no Tanjouiwai 10 di Binus International, Senayan, Jakarta Selatan.

Lakukan registrasi online di sini.

Unduh materi FAI di sini.

Nama Acara

Forum Anime Indonesia 5: Perkembangan Event Jejepangan dan Pop Kultur Otaku di Indonesia

Hari, Tanggal, Tempat

Sabtu, 26 Agustus 2017, Binus International, Senayan, Jakarta Selatan (BIJAC no Tanjoiwai), Ruang 310

Waktu

mulai pukul 12.30 – 16.00 WIB

Tentang KAORI Nusantara

KAORI Nusantara adalah situs pertama di Indonesia dengan konsep komunitas dan media tentang industri kreatif yang terintegrasi.

Berlokasi di www.kaorinusantara.or.id, KAORI berpengalaman selama 9 tahun dalam memanajemen salah satu situs berita anime dan industri kreatif terbesar di Indonesia. KAORI bertekad untuk menjadi penyedia informasi terbaik yang berkualitas dan terpercaya dalam bidang anime dan industri kreatif Indonesia.

Memasuki era media sosial dan menghadapi tantangan perubahan zaman, pada 2013 KAORI berkembang menjadi portal berita bertema anime, Jepang, dan industri kreatif Indonesia. KAORI semakin besar setelah mengalami sejumlah ekspansi, di antaranya pendirian The Indonesian Anime Times, subrubrik Perkeretaapian dan Bus Rapid Transit, serta memasuki dunia bisnis online dengan KAORI Shop.

Tentang BIJAC no Tanjoiwai 10

Diadakan di gedung JWC Binus International pada tanggal 26-27 Agustus 2017, BIJAC no Tanjoiwai 10 akan menyediakan berbagai macam booth dan aktifitas seperti Obake Yashiki dan Maid Café. Selain itu, tersedia berbagai kompetisi seperti Karaoke Competition, Takoyaki Competition, Fanart Competition, dan Cosplay Competition bagi para pengunjung yang tertarik. Terlebih lagi, artis-artis baik lokal dan international akan datang untuk tampil di stage BIJAC no Tanjoiwai 10.

Tahun ini, BIJAC no Tanjoiwai 10 akan kedatangan Chihiro didampingi SZU Brooks, Tuna, dan Saida sebagai bintang tamu cosplayer kami. Tidak hanya sampai disitu saja, DJ ARM dari IOSYS juga bersiap untuk menghibur para pengunjung BIJAC no Tanjoiwai 10. Datang dan saksikan langsung penampilan mereka!

Kontak Resmi

Situs web: https://www.kaorinusantara.or.id/
Jejaring sosial:
twitter @kaorinusantara | Facebook: KAORI Nusantara
Surat elektronik: halo@kaorinusantara.or.id

Kontak narahubung

Rafly Nugroho
083894664755

Kevin W
0818740914

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.