Winter 2018 Anime: Citrus

0
© Saburouta · Ichijinsha/ Citrus Production Committee

Sinopsis

Yuzu Aihara harus pindah ke sekolah baru setelah ibunya menikah lagi. Sayangnya, sekolah baru Yuzu adalah sekolah khusus wanita yang ketat akan peraturan. Di hari pertamanya sekolah, dia tertangkap tangan membawa ponsel, salah satu benda yang dilarang masuk ke lingkungan sekolah. Tidak terima, dia terlibat konfrontasi dengan sang ketua OSIS yang sangat tegas, Mei. Sepulang sekolah, barulah Yuzu mengetahui bahwa Mei adalah saudara tiri yang dibawa ayah barunya.

Komentar

Tidak seperti NTR: Netsuzou TRap yang episode perdananya langsung terasa “servis”, episode perdana Citrus pelan-pelan membangun konfliknya dengan rapi. Adegan “panas-dingin-sedap” tetap terjadi di akhir episode, namun adegan tersebut didahului oleh pengenalan karakter yang sangat rapi. Yuzu merupakan karakter utama yang cukup likeable. Meskipun terkesan gyaru, ternyata dia cukup polos. Sifatnya yang terbuka dan ekspresif membuatnya mudah mendapat hati di kalangan para penonton. Kontras dengan Yuzu adalah adik tirinya Mei. Sifatnya yang terlalu dingin dan tegas akan membuatnya terasa menyebalkan, namun dibalik sifatnya terdapat sebuah permasalahan yang kompleks. Untuk urusan membangun konflik, episode perdana Citrus berhasil melakukannya dengan baik.

Selain itu, Citrus juga memiliki beberapa bahasa visual yang menarik jika dicermati lebih lanjut. Mulai dari pemilihan warna di kamar Yuzu dan Mei yang terlihat kontras, menunjukkan bagaimana perbedaan karakter diantara keduanya, hingga siluet yang kuat dari karakter Mei setelah adegan “panas-dingin-sedap” yang membuatnya terlihat sangat mengintimidasi. Meski tidak banyak, Citrus juga memiliki beberapa adegan komedik yang cukup mengundang tawa, seperti ketika Yuzu mencoba menyembunyikan ponselnya.

Sayangnya label yuri yang melekat pada Citrus mungkin membuatnya hanya bisa dinikmati oleh orang-orang tertentu. Meskipun begitu, seri ini bisa jadi titik awal yang tepat untuk penonton yang awam dengan genre ini. Karakternya yang kompleks dan konfliknya yang jelas akan membuat anime ini relatif menarik bahkan untuk orang yang sebenarnya tidak terlalu tertarik genre yuri. Citrus bisa menjadi pilihan bila mencari anime drama tentang karakter yang suka sesama jenis. Namun hati-hati, karena potensi dramanya mungkin bisa membuat cerita animenya terasa “asam” seperti judulnya.

Fakta dan Data

Karya asli Manga oleh Saburouta
Pengisi suara Ayana Taketatsu sebagai Yuzu Aihara
Hisako Kanemoto sebagai Sara Tachibana
Ikumi Hayama sebagai Kayo Maruta
Kana Ueda sebagai Ume Aihara
Minami Tsuda sebagai Mei Aihara
Rei Matsuzaki sebagai Nina Tachibana
Shiori Izawa sebagai Matsuri Mizusawa
Tomoaki Maeno sebagai Shō Aihara
Yukiyo Fujii sebagai Harumi Taniguchi
Yurika Kubo sebagai Himeko Momokino
Sutradara Takeo Takahashi (Spice and Wolf)
Penulis skenario Naoki Hayashi (Flip Flapper)
Desain karakter Izuro Ijuuin
Lagu pembuka “Azalea” oleh nano.RIPE
Lagu penutup “Dear Teardrop” oleh Mia REGINA
Studio Passione
Situs resmi http://citrus-anime.com/
Twitter @citrus_anime
Mulai tayang pada 13 Januari 2018 (1300 GMT, 2000 WIB, 2200 JST)

Screenshot dan Video Trailer

Perhatikan bagaimana kontrasnya warna di sisi kamar Yuzu dan Mei (© Saburouta · Ichijinsha/ Citrus Production Committee)
Siluet yang kuat dari Mei membuatnya terlihat intimidatif (© Saburouta · Ichijinsha/ Citrus Production Committee)
Bukan iklan sampo, tapi komposisi gambar yang bagus (© Saburouta · Ichijinsha/ Citrus Production Committee)
What? Ada apa gerangan? (© Saburouta · Ichijinsha/ Citrus Production Committee)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.