Resmi Sudah: Yuki Kajiura Memutuskan Keluar dari Agensi Space Craft Talent

0
Yuki Kajiura, salah satu komposer musik latar anime terkemuka (sumber: alchetron.com).

Salah satu komposer musik latar anime dan produser grup musik Kalafina, Yuki Kajiura, akhirnya resmi mengumumkan bahwa dirinya telah keluar dari Space Craft Talent, agensi yang menaungi dirinya selama 25 tahun. Selain itu, dia juga memutuskan untuk menutup fan club-nya, FictionJunction Club.

Melalui rangkaian tweet yang ditulis olehnya pada hari Rabu (21/2), Kajiura mengucapkan rasa terima kasih pihak agensi yang telah mendukung karirnya selama ini serta berbagai penyanyi yang telah berkolaborasi dengannya selama masih berada di agensi Space Craft Talent. Ia akan tetap bertekad untuk berkarya sebagai komposer lepas (freelance).

Kabar mengenai nasib sang komposer di agensi tersebut sebelumnya telah beredar pada bulan Desember 2017. Dilansir oleh situs Sponichi Annex, hal tersebut diduga disebabkan oleh ketidaksepakatan dengan manajer barunya terhadap arahan bermusiknya. Hal tersebut bermula ketika pihak agensi menunjuk manajer baru untuk Kajiura setelah konser Kalafina pada bulan September 2016, menggantikan manajer lamanya yang telah menemani sang komposer sejak awal karirnya.

Kajiura dikabarkan memiliki perbedaan pandangan terhadap arahan bermusiknya dengan sang manajer baru. Pada saat yang sama, sang komposer juga tengah bernegosiasi dengan pihak agensi terhadap hak cipta karya musiknya. Setelah sang manajer memutuskan keluar dari agensi pada bulan Juli 2017 dan ketidaksepahaman antara Kajiura dan manajer barunya tetap terjadi, sang komposer akhirnya memutuskan untuk keluar dari agensi tersebut.

Kalafina, grup musik yang dibentuk oleh Yuki Kajiura

Banyak penggemar yang bertanya-tanya terhadap nasib grup musik Kalafina yang dibentuk olehnya. Dalam tweet-nya, Kajiura mengatakan bahwa status grup musik yang dibentuknya akan berubah, sehingga ia tidak benar-benar mengatakan bahwa Kalafina akan tetap sama seperti sebelumnya. Meskipun begitu, sang komposer tetap mendukung karir para personil dari grup musik yang telah dibentuknya.

Dilansir oleh Sponichi Annex, saat ini grup Kalafina masih belum memiliki jadwal untuk menggelar penampilan. Hengkangnya Kajiura dari agensi dikabarkan memberikan dampak tersendiri terhadap aktivitas grup tersebut karena sang komposer selalu memberikan arahan terhadap berbagai kegiatan grup ini.

Film Fate/stay night Heaven’s Feel, salah satu anime yang musik latarnya ditangani oleh Yuki Kajiura (© TYPE-MOON – Ufotable – FSNPC )

Yuki Kajiura merupakan salah satu komposer yang sering menangani berbagai judul anime ternama. Pada awal karir bermusiknya, ia bergabung dengan band See-Saw sebagai kibordis pada tahun 1992. Band tersebut akhirnya bubar pada tahun 1995 dan kemudian melakukan reuni pada tahun 2001. Sebagai komposer musik latar anime, Kajiura telah memulai karirnya sejak pertengahan tahun 90-an dan tetap berlanjut hingga saat ini. Berbagai judul anime masa kini yang pernah ditanganinya antara lain Puella Magi Madoka Magica, Sword Art Online, Fate/Zero, Fate/stay night Unlimited Blade Works dan Heaven’s Feel, dan Tsubasa: Reservoir Chronicle. Sebelum Kalafina, Kajiura membuat proyek bernama FictionJunction, proyek kolaborasi sang komposer dengan berbagai penyanyi.

Walau sang komposer telah memutuskan keluar dari agensi, Yuki Kajiura mengumumkan ia akan menggelar konser yang bertajuk “Yuki Kajiura Live vol#14“. Konser ini akan digelar di arena Maihama Ampitheater di Chiba pada tanggal 30 Juni, 1 Juli, dan 15 Juli, serta di arena NHK Hall di Osaka pada tanggal 12 Juli.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.