BAGIKAN
Rolling stock MRT Jakarta yang dikirim dari pabrik Nippon Sharyo (Twitter / かわねじ)
Rolling stock MRT Jakarta yang dikirim dari pabrik Nippon Sharyo (Twitter / かわねじ)

Setelah dikabarkan akan tiba pada akhir Maret 2018, rangkaian rolling stock PT MRT Jakarta (MRTJ) akhirnya dikirim dari pabrik Nippon Sharyo di Toyokawa menuju pelabuhan di kota Toyohashi pada Sabtu malam (24/2). Pengiriman rangkaian ini dilakukan pada malam hari agar tidak mengganggu lalu lintas kota Toyohashi.

Pengiriman ini terekam oleh seorang penggemar kereta (railfan) yang berdomisili di kota Toyohashi. Railfan dengan akun Twitter かわねじ (@kawanezi190) mengunggah sebuah foto dari pengiriman salah satu kereta MRTJ tersebut ke Twitter-nya.

Advertisement Inline

Baca Juga: Dua Set Rangkaian MRT Jakarta Akan Tiba Pada Maret 2018

Rangkaian kereta MRTJ tersebut diangkut satu persatu menggunakan truk trailer ber-cometto dari pabrik menuju pelabuhan di Kota Toyohashi. Belum diketahui kapan rangkaian kereta MRTJ tersebut akan dikirim dari pelabuhan Toyohashi, namun rangkaian tersebut kemungkinan akan menunggu satu rangkaian lagi untuk dikapalkan bersama menuju pelabuhan Tanjung Priuk, Jakarta Utara. 

MRT Jakarta akan menggunakan armada Kereta Rel Listrik (KRL) dengan formasi 6 kereta per rangkaian (trainset). Berformasi 4 kereta penggerak dan 2 kereta gandengan (4M2T), kereta gandengan sendiri hanya terletak pada kereta berkabin masinis.

MRT Jakarta akan mempersiapkan 16 rangkaian KRL MRT Jakarta, dengan rincian 14 rangkaian beroperasi dan 2 rangkaian cadangan setiap harinya. Setiap kereta MRT Jakarta bernilai sekitar Rp15 Miliar per unit. Jika ditotal, harga KRL MRT Jakarta bernilai Rp90 Miliar per rangkaian.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.