BAGIKAN
©TYPE-MOON / FGO PROJECT

Setelah mengadakan jajak internal mengenai karakter terfavorit di Blend S dan prediksi siapakah gadis yang akan dikencani oleh sang protagonis di anime Just Because!, KAORI kembali mengadakan jajak pendapat internal mengenai game ponsel (mobile game) yang dimainkan oleh para staff.

Pada era smartphone sekarang ini, tidaklah mengejutkan kalau game ponsel atau mobile game (disingkat sebagai mobage, walau dalam kasus ini berbeda dengan sebuah portal game dengan nama yang sama) merupakan platform permainan yang sangat populer, menyaingi popularitas platform konsol dan PC pada umumnya. Mobile games sendiri memiliki berbagai macam genre, mulai dari yang terkenal di kalangan penggemar jejepangan seperti Fate/Grand Order, sampai permainan yang dapat dinikmati oleh seluruh kalangan seperti Mobile Legends.

Perlu diingat bahwa polling ini bertujuan untuk memberikan sneak peek apa saja game ponsel yang dimainkan staf KAORI; bukan untuk menentukan game ponsel manakah yang terbaik saat ini. Berikut adalah game-game ponsel yang dimainkan oleh para staf KAORI.

The Underdog

Advertisement Inline

Asphalt 8 menduduki posisi terakhir dengan 1 suara, disusul oleh Honkai Impact 3 dengan 2 suara dan Kirara Fantasia dengan 3 suara. Aspek gameplay yang berbasis hack-and-slash merupakan salah satu daya tarik Honkai Impact 3 menurut salah satu staf. Di sisi lain, gameplay Asphalt 8 yang terlalu grindy menjadi salah satu kekurangan game ini meskipun memiliki mode permainan yang mengasyikkan. Menghadirkan para karakter dari majalah komik Manga Time Kirara, seorang staf kami yang mengaku sebagai “pengamat” komik terbitan majalah tersebut memilih untuk memainkan game Kirara Fantasia.

Komentar tentang Asphalt 8:
“Meski merupakan game yang cukup grindy, Asphalt 8 menawarkan gameplay racing yang variatif dan menyenangkan” – Dean Astarada

Komentar tentang Honkai Impact 3:
“Konon gamenya mirip-mirip Bayonetta. Setelah menjajal, baru inget kalo saya dulu pernah ketagihan main Dynasty Warriors” – Tanto Dhaneswara

Komentar tentang Kirara Fantasia:
“Saya pengamat (self-proclaimed) komik-komik Manga Time Kirara” – Hamdan Maulana

MOBA “Analog”

Game “MOBA analog” ternyata cukup digandrungi juga oleh para staf KAORI, di mana Arena of Valor berhasil menggaet 3 suara dan Mobile Legends: Bang Bang mendapatkan 4 suara; hanya terpaut 1 suara. Sepertinya iming-iming hadiah 7 milyar dan kepopuleran Mobile Legends sukses menarik perhatian para staf.

Komentar tentang Arena of Valor:
“Main AOV dapet 7M!!” – Ahmad Faisal

Komentar tentang Mobile Legends:
“Game ini asik and fun” – Goldy Ventura

Game Idol Rhythm

Game ponsel dengan tema idol bisa dibilang populer di kalangan staff KAORI, terutama THE iDOLM@STER Cinderella Girls Starlight Stage dan Love Live! School Idol Festival. Masing-masing mendapatkan 4 suara, kedua game ini memiliki fanbase yang cukup besar, sehingga tidak mengherankan jika banyak staf KAORI yang memainkan (atau pernah mencoba) kedua game rhythm ini. Tidak hanya itu, staff KAORI juga melirik game rhythm idol lain, dari franchise populer seperti Bang Dream!, sampai yang niche seperti Tokyo 7th Sisters, Nogizaka46 Rhythm Festival, dan Keyaki no Kiseki (game ponselnya Keyakizaka46).

Komentar tentang Love Live! School Idol Festival:
“Karena saya masih setia menjadi fans LL” – Rama Valiant Janir

Komentar tentang THE iDOLM@STER Cinderella Girls Starlight Stage:
“Aku sudah terlalu dalam dalam jurang ini~” – Naufal Bayuaji Pawenang

Komentar tentang Tokyo 7th Sisters:
“Sempet tertarik dari dulu, cuman selalu gak ada mood untuk download. Baru mulai tertarik setelah mereka rework rhythm game nya jadi mirip Chunithm (game rhythm arcade besutan Sega)” – Videtra Reynaldi

Komentar tentang Nogizaka46 Rhythm Festival dan Keyaki no Kiseki:
Saya memang menyukai grup idol Nogizaka46 dan Keyakizaka46” – Zacky Dhaffa Pratama

The Big Three

Dan top three mobage pilihan staff KAORI jatuh kepada Granblue Fantasy (10 suara), Fate/Grand Order (8 suara), dan… Neko Atsume! (5 suara). Fate/Grand Order dan Granblue Fantasy memiliki lore yang sangat dalam sehingga pemain akan betah dalam kurun waktu yang panjang, sementara untuk Neko Atsume sendiri, gameplay yang sangat simpel dikombinasikan dengan kucing-kucing lucu pasti akan menarik perhatian banyak orang.

Komentar tentang Fate/Grand Order:
“Buat koleksi waifu dan saya suka karya Kinoko Nasu.” – Vincent Bintang
“Ngikutin fandomnya, seiyuu dan ilustrator favorit, ostnya bagus, dan.. gacha” – Bramantyo Wibisono

Komentar tentang Granblue Fantasy:
“Karena karakternya bening-bening.” – Rezky Amelia
“Charlotta lucu” – Marwa Hasani Pranata

Demikian beberapa game ponsel yang dimainkan oleh staff KAORI. Selain judul-judul diatas, beberapa staf juga memainkan judul yang tidak disebutkan di atas, seperti Fire Emblem Heroes, Princess ConnectKemono Friends Pavilion, Real Racing 3, dan LINE Pangya.

Bagaimana menurut Anda? Apakah ada game yang juga Anda mainkan, atau ada judul-judul yang baru Anda dengar?

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.