BAGIKAN
Bus Mayasari Bakti (MYS-18186) yang baru beroperasi hari ini | Foto: Kevin Wilyan

Sabtu (17/3), bus terbaru dari Mayasari Bakti di dalam layanan Bus Rapid Transit (BRT) Transjakarta kini telah beroperasi. Bus terbaru tersebut menggunakan sasis bus Mercedes Benz OH 1626 A/T. Sebelumnya, Mayasari Bakti dalam layanan Transjakarta hanya menggunakan sasis Scania K320IA dan Scania K310IB 6×2*4 asal Swedia.

Spesifikasi bus ini berbeda dengan bus Mayasari Bakti yang bergabung dalam layanan Transjakarta sebelumnya. Mayasari Bakti sebelumnya menggunakan sasis Scania K320IA untuk armada bus gandeng dan menggunakan sasis Scania K310IB 6×2*4 untuk armada bus Maxi.

Kini, sasis Mercedes Benz OH 1626 A/T dipilih sebagai sasis untuk armada bus tunggal. Sasis bus ini telah umum digunakan dalam layanan BRT Transjakarta. Badan bus dibuat oleh Karoseri Laksana dengan model CityLine2 seperti umumnya bus BRT Transjakarta.

Bus terbaru dari Mayasari Bakti ini menggunakan nomor lambung bus yang diawali dengan angka 18 sebagai tanda bus mulai beroperasi sejak tahun 2018 dan dilanjutkan dengan 3 digit nomor urut bus. Bus ini beroperasi di beberapa koridor seperti Koridor 2 (Pulogadung – Harmoni), Koridor 3 (Pasar Baru – Kalideres), Koridor 6 (Dukuh Atas 2 – Ragunan) dan beberapa koridor lainnya.

Cemplus Newsline by KAORI