BAGIKAN
Salah satu foto penampilan grup Kalafina (sumber: oricon.co.jp)

Pada pertengahan bulan Februari lalu, para penggemar anisong dikejutkan dengan berita hengkangnya Yuki Kajiura, komposer musik latar anime sekaligus produser dari grup trio Kalafina, dari agensi Space Craft Talent. Kabar tersebut sempat memberikan tanda tanya bagi nasib grup tersebut yang berada di agensi yang sama, walaupun pihak agensi sendiri sempat memastikan bahwa grup ini akan tetap beraktivitas seperti biasa.

Spekulasi seputar kabar mengenai nasib dari trio Kalafina akhirnya mulai terkuak. Dilansir dari situs Sports Hochi, grup ini dikabarkan akan bubar pada musim semi 2018. Para personil grup ini sebelumnya sempat memikirkan apakah mereka akan tetap bersama selepas hengkangnya sang produser dari agensi. Mereka pun akhirnya memutuskan untuk membubarkan grup ini. Meskipun begitu, akun media sosial dari grup ini masih belum memberikan klarifikasi dan pengumuman resmi seputar kabar tersebut.

Grup Kalafina juga dikabarkan tidak akan merilis lagu terbaru serta tidak akan tampil lagi secara live. Grup ini terakhir kali tampil pada 11 Maret 2018 di acara Toyosu Music Collaboration. Selain itu, program siaran radio mereka yang bertajuk “Kalafina Club” juga akan berakhir pada akhir bulan Maret. Mereka masih akan siaran di program tersebut pada hari Selasa (13/3).

Sampul album Far on The Water yang dirilis pada tahun 2015.

Grup musik Kalafina pertama kali dibentuk pada tahun 2007 oleh Yuki Kajiura untuk menyanyikan lagu tema film anime Kara no Kyoukai. Sang komposer menangani menangani proses produksi, komposisi, dan lirik tiap lagu yang dinyanyikan oleh grup tersebut. Grup ini awalnya beranggotakan empat orang, dengan dua di antaranya (Keiko Kubota dan Wakana Ootaki) pernah berkolaborasi dengan Kajiura dalam proyek FictionJunction. Pada tahun 2009, Maya Toshima memutuskan untuk keluar dari grup ini. Kini, Kalafina beranggotakan Hikaru Masai, Keiko, dan Wakana.

Kalafina telah memproduksi 21 single dan enam album studio. Mereka meyanyikan lagu tema berbagai judul anime, di antaranya Puella Magi Madoka MagicaAldnoah.ZeroBlack ButlerFate/ZeroFate/stay night Unlimited Blade Works, dan Katsugeki! Touken Ranbu.

Video musik Heavenly Blue yang menjadi lagu pembuka anime Aldnoah.Zero dapat ditonton di bawah ini.

KAORI Newsline

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.