BAGIKAN

The International Board on Books for Young People (IBBY) baru-baru ini dalam ajang Bologna Children’s Book Fair di Bologna, menganugerahi penghargaan Hans Christian Andersen Award kepada penulis asal Jepang, Eiko Kadono. Kadono meraih penghargaan tersebut dalam kategori penulis, di mana kategori ilustrator diraih oleh Igor Oleynikov dari Russia.

Hans Christian Andersen Awards adalah penghargaan yang diberikan oleh IBBY untuk seorang penulis dan seorang ilustrator. Penghargaan ini diberikan setiap 2 tahun sekali untuk insan-insan berprestasi dalam cerita anak-anak. Eiko Kadono sendiri adalah orang Jepang ketiga yang meraih penghargaan penulisan ini, di mana sebelumnya Michio Mado dan Nahoko Uehashi pernah meraihnya beberapa tahun yang lalu. Adapun Suekichi Akaba dan Mitsumasa Anno pernah meraih penghargaan kategori ilustrator.

Eiko Kadono sendiri adalah seorang penulis cerita anak yang terkenal dengan karyanya yang berjudul Kiki’s Delivery Service (Majo no Takkyūbin). Dalam Kiki’s Delivery Service dikisahkan mengenai Kiki, seorang bocah penyihir yang harus hidup mandiri terpisah dari keluarga, karena sudah berusia 13 tahun. Kiki’s Delivery Service sendiri diadaptasi dari novel berjudul sama karya Eiko Kadono, dengan ilustrasi dari Akiko Hayashi. Novelnya sendiri telah dirilis di Indonesia oleh penerbit Gramedia Pustaka Utama beberapa tahun yang lalu, dengan judul Titipan Kilat Penyihir. Novel ini juga telah diadaptasi menjadi film layar lebar, baik dalam bentuk animasi oleh Hayao Miyazaki, maupun dalam bentuk live action oleh Takashi Shimizu.

Selain itu, karya Kadono lainnya adalah Three Little Ghosts yang juga telah diterbitkan di Indonesia oleh penerbit Gramedia Pustaka Utama.

KAORI Newsline | Sumber: Publishers Weekly & ANN | Sumber Gambar: Waseda University

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.