BAGIKAN
Kereta LRT Jakarta bernomor seri 1101B sedang diangkat ke rel layang | Foto: Fasubkhanali

Satu rangkaian kereta Light Rail Transit (LRT) milik PT Jakarta Propertindo (Jakpro) telah berhasil dipindahkan dari multi axle trailer ke atas rel pada Minggu (15/4) dini hari. Persiapan yang dilakukan untuk melancarkan pemindahan ini sudah dilakukan sejak Sabtu (14/4) malam.

Rangkaian kereta LRT Jakarta ini terdiri dari dua kereta dengan nomor seri 1101A dan 1101B. Kedua kereta ini merupakan kereta dengan kabin masinis.

Pada proses pemindahan ini, ada hal yang berbeda dengan proses pengangkatan atau pemindahan kereta sebelum-sebelumnya. Lokasi pemindahan kereta LRT Jakarta dari multi axle trailer menuju atas rel tidak dilakukan di area dipo seperti yang dilakukan pada kereta Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta. Pemindahan kereta LRT Jakarta dilakukan tidak jauh dari calon Stasiun Mal Kelapa Gading. Tepatnya, pemindahan dilakukan dari jalan menuju main line di jalur rel layang. Hal ini dikarenakan kondisi Dipo LRT Kelapa Gading belum siap untuk dijadikan tempat penyimpanan kereta.

Baca Juga: Kereta LRT Jakarta Tiba di Tanjung Priok

Iring-iringan rangkaian kereta LRT Jakarta tiba pada Minggu dini hari sekitar pukul 01.21. Selanjutnya, kereta terdepan bernomor 1101A dipersiapkan untuk diangkat menggunakan crane. Sebelumnya, articulated bogie yang akan dipasangkan di bawah sambungan kedua kereta telah dinaikkan terlebih dahulu agar pemasangan kedua kereta dapat sekaligus dilakukan. Setelah kereta pertama tersebut selesai dinaikkan ke atas rel, kereta tersebut langsung dipasangkan dengan articulated bogie.

Selanjutnya, proses pengangkatan kereta kedua sempat tertunda cukup lama karena dua crane yang digunakan untuk mengangkat kereta harus berpindah posisi terlebih dahulu. Sekitar pukul 04.00, kegiatan pengangkatan kereta kedua dengan nomor 1101B sudah mulai dilakukan. Setelah, kereta kedua telah menginjakkan rodanya di rel, kereta tersebut langsung dipasangkan dengan articulated bogie agar menjadi satu-kesatuan dengan kereta yang pertama.

Akhirnya, kedua kereta sudah berada di atas rel dan telah menjadi kesatuan rangkaian utuh. Rangkaian kereta LRT Jakarta tersebut akan mulai disiapkan untuk dilakukan uji coba dinamis sambil menunggu kesiapan infrastruktur yang diperlukan.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.