© CLAMP · ST · Kodansha / NHK · NEP © CLAMP · ST / Kodansha · NEP · NHK © INTV

Suka dengan Cardcaptor Sakura? Serial komik dan anime ini memang cukup dikenal di kalangan penggemar Jejepangan di Indonesia, terutama tatkala anime dan komiknya sempat dirilis di Indonesia beberapa tahun yang lalu. Bahkan pada tahun 2017 lalu, baik komik dan animenya juga telah dirilis ulang di Indonesia. Sementara itu di Jepang sendiri, serial ini tengah berlanjut dalam kisah terbarunya yang berjudul Cardcaptor Sakura: Clear Card.

Winter 2018 Anime: Cardcaptor Sakura: Clear Card

Pada bulan Februari 2018 lalu, stasiun televisi INTV yang menayangkan ulang anime Cardcaptor Sakura di Indonesia telah merilis 2 buah video yang merupakan lagu pembuka anime ini dalam bahasa Indonesia. Kedua lagu tersebut adalah Catch You Catch Me yang dinyanyikan oleh Gumi, dan merupakan lagu pembuka pertama dari anime ini, dan juga Open the Door yang dinyanuikan oleh ANZA, dan merupakan lagu pembuka kedua dari anime ini.

Advertisement Inline

Kedua lagu berbahasa Indonesia tersebut adalah karya dari PT. Idola Citra Utama yang menyulihsuarakan anime Cardcaptos Sakura ke dalam bahasa Indonesia untuk stasiun televisi TPI (kini MNC TV) beberapa tahun yang lalu. Tidak jelas siapa yang menyanuikan lagu ini dalam bahasa Indonesia. Meski nama Beatrix Renita sempat disebut-sebut sebagai sosok yang menyanyikannya, namun tidak ada konfirmasi yang jelas untuk klaim ini.

Mari intip kedua video tersebut berikut ini:

Melalui komentar di Youtubenya, pihak INTV sempat berjanji akan turut merilis video dari lagu pembuka ketiga, yaitu Platinum, dan juga lagu-lagu penutup versi berbahasa Indonesia dari anime  ini. Meskipun begitu, video-video tersebut masih belum dirilis juga per tanggal 4 Mei 2018.

Cardcaptor Sakura adalah komik klasik karya CLAMP yang ditulis pada tahun 1996 lalu. Dalam komik ini dikisahkanlah mengenai petualangan Sakura Kinomoto yang menjadi “mahou shoujo” (penyihir ajaib) dan ditugaskan untuk mengumpulkan 70 kartu Clow yang bertebaran di kota tempat tinggalnya dan menciptakan fenomena aneh. Kepopulerannya telah membuat komik klasik ini diadaptasi ke dalam bentuk anime pada tahun 1998.

Saksikan Kembali Cardcaptor Sakura dan Dr. Slump di INTV!

Seri ini di Indonesia sempat tayang mula-mula di TPI (kini MNCTV) sekitar tahun 2000 dengan sulih suara oleh PT. Idola Citra Utama. Kemudian ditayangkan kembali di RCTI sekitar tahun 2003 dengan sulih suara versi baru, dan beberapa waktu lalu ditayangkan di sebuah televisi lokal di Malang, Jawa Timur, Malang TV. Komiknya sendiri telah diterbitkan di Indonesia melalui penerbit Elex Media Komputindo, dan kini telah diterbitkan ulang.

Saat ini anime versi klasik tersebut juga tengah ditayangkan kembali oleh jaringan televisi INTV, dengan sulih suara klasik dari PT. Idola Citra Utama.

Baca juga:

Opini: Memahami Genre Gadis Penyihir dari Cardcaptor Sakura

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.