BAGIKAN
Seri E261
Desain seri E261 milik JR East.

Pada Selasa (8/5) JR East telah merilis kereta ekspres terbaru untuk beroperasi di daerah Semenanjung Izu. Menggunakan rangkaian terbaru dengan seri E261 dengan formasi delapan kereta dalam satu rangkaiannya, nantinya kereta tersebut akan beroperasi pada rute Tokyo/Shinjuku-Izukyu Shimoda.

Dirancang oleh Ken Okuyama Design dan Kiyomoe Okuyama sebagai penanggung jawab utama, perusahaan yang dimiliki oleh perancang mobil terkenal Ken Okuyama tersebut juga merancang kereta JR East sebelumnya, seperti E001 Train Suit Shikishima, E235 Jalur Yamanote dan E6 Akita Shinkansen.

Baca juga: Calon Rival Untuk Armada JR! Intip Mewahnya KA Osaka Express Milik Kintetsu.

Menurut JR East, pengambilan warna pada kereta tersebut mempunyai arti yaitu “Sifat Izu Yang Luar Biasa”, dengan warna dasar pada kereta menggunakan warna biru yang menggambarkan “Laut Izu dan Langit Izu Yang Biru”, warna putih yang menggambarkan “Pasir Pantai Izu Yang Keemasan Ketika Mengenai Matahari” dan warna ungu yang menggambarkan “Batu Hitam Pada Karang Jogasaki Dengan Pemandangan Kaya”. Selain itu, untuk membuat interior kereta tersebut menjadi terbuka, maka akan dipasang kaca pada seluruh rangkaian kereta.

Dengan kapasitas 164 pada setiap rangkaiannya, inilah formasi dari E261, kereta pertama yang menghadap Izukyu Shimoda ialah kelas premium green car yang merupakan kelas baru yang diperkenalkan JR East pada seri E261. Memiliki susunan tempat duduk 1-1, jarak antar kursi adalah 1250 mm dengan ruang penyimpanan barang dibawah kursi.

Kemudian kereta kedua dan ketiga ialah green private room dengan kapasitas masing-masing kereta adalah 4 hingga 6 penumpang. Lalu pada kereta empat terdapat sebuah noodle bar akan menyajikan mie yang juga menyediakan layanan pengantaran makanan menuju tempat duduk di kereta lainnya. Sedangkan kereta lima hingga delapan adalah kelas green car reguler.

 

Dengan total dua rangkaian yang diproduksi, rencananya E261 akan menjalani debutnya pada musim semi tahun 2020 mendatang.

Cemplus Newsline by KAORI