BAGIKAN
Osaka Express
Desain eksterior Osaka Express milik Kintetsu. | Sumber: Trafficnews.

Kinki Japan Railway Company atau Kintetsu telah memperkenalkan serial kereta Limited Express terbarunya. Dengan nama Osaka Express, rencananya kereta dengan interior mewah ini akan akan diperkenalkan pada Musim Semi 2020.

Pada rangkaian tersebut, Kintetsu menciptakan sebuah inovasi tentang struktur kursi kursi yang disebut dengan Relaxing Upgrade. Kursi ini disebut-sebut merupakan kursi pertama di Jepang dengan sandaran kaki yang nyaman di bagian jok belakang. Selain itu, kursi ini dirancang dengan ukuran sangat lebar.

Pada kereta Osaka Express ini terdapat pula layanan kelas satu yang yang berada di ujung rangkaian dan diberi nama High Grade Vehicle. Memiliki formasi tempat duduk kelas 2-1 dengan ukuran lebar depan dan belakang sepanjang 130cm atau menjadi kursi kereta terbesar di Jepang, Untuk kenyamanan, kursi menggunakan bahan kulit asli dan dilengkapi dengan fitur Electric Reclining dan Electric Leg Rest yang bisa yang dapat menyesuaikan tinggi kursi secara elektronis, Selain itu, pada layanan kelas satu ini memiliki tampilan pemandangan depan yang sangat luas serta jendela samping yang besar.

Desain interior pada layanan kelas satu Osaka Express. | Sumber: Trafficnews.
Advertisement Inline

Pada kereta reguler yang juga diberi nama yaitu Intermediet Class memiliki formasi kursi 2-2 atau 4 baris dengan lebar jok kursi selebar 116cm yang merupakan kursi terbesar untuk kelas reguler di Kintetsu.

Pada dua kelas tersebut, Kintetsu memberikan fitur serta fasilitas yang relatif sama yaitu pendingin udara, wifi gratis, ruang bagasi penyimpanan barang, serta indikator informasi grafis yang memuat 4 bahasa (Jepang, Inggris, Tiongkok, Korea), CCTV dan stop kontak listrik.

Baca juga: JR West 285 Series, Lebih Dari Sekedar Kereta Tidur

Rencananya, KA Osaka Express akan dioperasikan untuk rute Stasiun Osaka Namba dengan Stasiun Kintetsu Nagoya. Kintetsu sendiri memesan sebanyak 72 unit kereta dengan total 8 rangkaian, dimana setiap rangkaiannya terdiri dari 6 kereta dan dapat mengangkut 239 penumpang. Selain itu, Kintetsu juga memesan 3 rangkaian yang setiap rangkaiannya terdiri dari 8 kereta dan dapat mengangkut 327 penumpang yang akan dioperasikan sebagai Nagasaki Express. Total investasi Kintetsu untuk pembelian rangkaian baru ini sebesar 18.4 Miliyar Yen.

Dengan hadirnya Osaka Express pada 2020 mendatang, nantinya diharapkan layanan ini menjadi pesaing serius untuk kereta yang dioperasikan oleh JR Central dan JR West, termasuk layanan Shinkansen.

Cemplus Newsline by KAORI Nusantara | Oleh Muhammad Diva Faundra

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.