BAGIKAN
Gempa Guncang Kansai, Layanan Shinkansen Tokaido Lumpuh
Proses evakuasi penumpang setelah gempa terjadi. | Foto: Reuters.

Bencana gempa bumi dengan kekuatan yang cukup besar kembali menghantam Jepang, pada Senin (18/6) pagi, sebuah gempa dengan kekuatan 6,1 skala richter terjadi di wilayah Kansai. Salah satu akibat dari gempa ini adalah layanan Shinkansen Tokaido lumpuh dan menyebabkan terjadinya penumpukan calon penumpang.

JR Central, perusahaan KA yang mengoperasikan layanan Shinkansen Tokaido sempat  menghentikan sementara layanan antara Tokyo dengan Odawara serta Nagoya hingga Shin-Osaka karena terputusnya jaringan listrik dan kembali beroperasi pada pukul 12.50 waktu setempat walaupun dengan pembatasan kecepatan. Selain itu, layanan Shinkansen Sanyo yang dikelola JR West juga sempat ditutup operasionalnya dari Stasiun Shin-Osaka hingga Okayama karena alasan serupa. Tak hanya itu, layanan KA komuter dan lokal di Perfektur Osaka, Kyoto, Nara dan Hyogo juga turut terhambat.

Gempa menyebabkan papan informasi jadwal KA terjatuh. | Foto: AFP.

Hingga berita ini diturunkan, setidaknya terdapat tiga korban meninggal dunia akibat gempa tersebut. Pusat gempa sendiri berada di darat pada kedalaman 13 km dan termasuk gempa dangkal. Tak ada peringatan akan tsunami akibat gempa ini.

Advertisement Inline

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.