BAGIKAN
N700S
Shinkansen N700S (©Tetsudou Shimbun)

Sabtu (17/2), Central Japan Railway (JR Central/Tokai) resmi merilis foto-foto pengangkutan salah satu kereta dari rangkaian kereta cepat (Shinkansen) terbarunya yaitu N700S. Kereta tersebut diangkut dari pabrik pembuatnya, Nippon Sharyo di Toyokawa, Prefektur Aichi menuju balai yasa milik JR Central di Hamamatsu, prefektur Shizuoka. Rencananya, kereta tersebut akan diperiksa dan dirangkai menjadi formasi 16 kereta di balai yasa Hamamatsu.

Formasi 16 kereta

*Keterangan:
A = Kereta dengan Kabin Masinis 1
B = Kereta Tanpa Transformator Tegangan
C = Kereta Dengan Transformator Tegangan
D = Kereta dengan Kabin Masinis 2

Dilansir dari Jorudan News, Shinkansen tipe N700S merupakan varian terbaru dari pendahulunya yaitu N700 dan N700A. Varian yang diberi kode “S” ini diambil dari kata “Supreme” yang bermakna “Terbaik”. Rangkaian ini nantinya akan berdinas di jalur Tokaido Shinkansen.

Desain dari N700S sendiri tidak jauh berbeda dari pendahulunya. Hanya terdapat sedikit perubahan pada bagian hidung dari varian anyar Shinkansen ini yang diberi nama “Dual Supreme Wing” dengan desain yang lebih aerodinamis sehingga mengurangi hambatan udara dan getaran saat Shinkansen memasuki terowongan. Selain itu, Shinkansen ini akan menjadi yang pertama dalam penggunaan lampu LED sebagai headlight-nya. Beberapa hal yang akan membedakan varian Supreme ini dengan pendahulunya adalah pada teknologi yang digunakan serta fasilitas yang terdapat di dalamnya.

Tampak depan (©Tetsudou Shimbun)

Baca Juga Detailnya Di Sini: JR Tokai Perkenalkan Varian Terbaru Shinkansen, N700S

Rencananya, JR Central akan menguji coba rangkaian perdana N700S ini pada 20 Maret 2018 mendatang dan akan memasuki masa operasional pada tahun 2020 mendatang menurut infomrasi dari Tetsudo Shimbun.

Pada masa uji coba nanti, Shinkansen tersebut akan dilengkapi dengan peralatan pengujian yang akan dipasang di balai yasa Hamamatsu.

Cemplus Newsline by KAORI | Oleh Muhammad Diva Faundra

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.