JR West 285 Series, Lebih Dari Sekedar Kereta Tidur

0
KRL JR seri 285

Jepang menyimpan potensi wisata yang amat besar pada setiap wilayahnya. Keindahan alam dan budayanya menjadi daya tarik pelancong untuk menyambangi Negeri Matahari Terbit ini. Tak hanya di ibukota negara, setiap wilayah di Jepang memiliki nuansa dan keunikannya masing-masing yang menarik untuk dijelajahi.

Sebagai salah satu negara dengan sistem perkeretaapian termaju di dunia, penduduk dan wisatawan yang berkunjung di Jepang umumnya lebih senang berpergian dari satu tempat ke tempat lainnya menggunakan kereta api. Terutama untuk mengunjungi tempat-tempat nan indah dan menyegarkan mata. Namun terkadang, jarak yang jauh untuk berpergian antarkota dengan kereta api dapat menimbulkan kelelahan. Berada dalam posisi duduk selama berjam-jam tentu akan membosankan, bukan?

Ramainya wisatawan yang berpergian jarak jauh dengan kereta api tentu merupakan potensi keuntungan yang besar. Para pelancong tentu tak mau berlelah-lelah dalam perjalanan mereka menyegarkan pikiran. Layanan kereta dengan tempat tidur atau kereta tidur (sleeper train) menjadi pilihan yang tepat dalam berkelana. Situasi inilah yang dimanfaatkan Japan Railway (JR) sebagai perusahaan kereta api terkemuka di Jepang untuk meluncurkan salah satu layanan terbaiknya, rangkaian kereta tidur JR 285 Series.

KRL JR seri 285
KRL JR seri 285

JR 285 Series (Seri 285) merupakan salah satu kereta rel listrik (KRL) berjenis ekspres terbatas (Limited Express) yang beroperasi penuh sebagai kereta tidur. Sebagai kereta tidur, kereta ini tidak memiliki tempat duduk konvensional sama sekali. Oleh sebab itu, penumpang tak perlu khawatir kelelahan dalam perjalanan panjang mereka menjelajahi beberapa tempat menarik di Jepang.

Advertisement Inline

Populer dengan sebutan Sunrise Express, KRL ini dioperasikan oleh West Japan Railway Company (JR West) dan Central Japan Railway Company (JR Central) sejak tahun 1998. KRL ini diproduksi bersama sejak tahun 1997 oleh Nippon Sharyo, Kawasaki Heavy Industries dan Kinki Sharyo. KRL seri 285 dibuat sebanyak 35 unit yang dibagi menjadi 5 trainset, berformasi 7 kereta tiap trainset nya.

KRL ini diwarnai dengan kombinasi corak warna Merah, Coklat krim, dan Emas yang elegan dan mengesankan kemewahan. Kabin masinis terletak lebih tinggi dan memungkinkan masinis memiliki jarak pandang lebih luas. Dan juga KRL ini memiliki bentuk yang aerodinamis dan sangat modern. Meskipun bukan kereta bawah tanah (subway), KRL ini dilengkapi dengan pintu tengah yang berguna pada saat rangkaian akan disambungkan dengan rangkaian lainnya sebagai jalur akses penumpang untuk berpindah antara dua rangkaian tersebut, juga sebagai pintu evakuasi saat terjadi keadaan darurat.

KRL Sleeper, JR 285 Series
KRL Sleeper, JR 285 Series

KRL ini beroperasi di lebar sepur 1067mm, pada jalur dengan listrik aliran atas (LAA) arus searah (Direct Current/DC) dengan sumber tenaga 1500V DC. Walau berbadan besar dan nampak lebar, KRL ini didesain dapat melaju hingga kecepatan 130 km/jam. Meski dapat melaju dengan kecepatan tinggi, tak perlu khawatir karena KRL ini telah dilengkapi dengan sistem keamanan perjalanan ATS-P dan ATS-SW.

Seri 285 didesain penuh sebagai kereta tidur (sleeper train). Model tempat tidur terbagi dalam beberapa jenis dengan berbagai kategori/kelas layanan, baik dengan kamar maupun tanpa kamar. JR menyediakan beberapa kategori atau kelas diantaranya:

Single Deluxe

Single Deluxe adalah kategori dengan ruang tidur untuk 1 orang. Kategori ini adalah kelas tertinggi di Sunrise Express. Ruangan Single Deluxe berukuran cukup besar dan memiliki tempat tidur dengan ukuran paling lebar. Pengguna Single Deluxe akan dimanjakan beberapa fasilitas pribadi seperti televisi dan kamar mandi pribadi.

Single Deluxe, kategori tertinggi pada KRL Seri 285.
Single Deluxe, kategori tertinggi pada KRL JR Seri 285.

Sunrise Twin
Kategori ini adalah kategori ruang tidur yang berkapasitas 2 orang.

Single Twin
Kategori yang berupa kamar tidur untuk 2 orang namun memiliki susunan tempat tidur bertingkat, masing-masing berupa tempat tidur single bed.

Kategori Single Twin pada KRL seri 285
Kategori Single Twin pada KRL seri 285

– Solo
Kategori standar yang berupa kompartemen/ruang tidur untuk 1 orang dengan tempat tidur single bed dan ruangan yang tidak terlalu luas.

Single
Kategori pengembangan dari Solo berupa kamar tidur untuk 1 orang dengan tempat tidur single bed namun memiliki ruangan yang cukup lega.

Kategori Single pada KRL seri 285
Kategori Single pada KRL JR seri 285

Carefree/Nobi-nobi

Kategori ini hanya berupa kompartemen tempat tidur tingkat yang terbuka dan tidak memiliki sekat. Nobi-nobi adalah kelas terendah pada Sunrise Express, dengan fasilitas yang terbatas berupa tempat tidur terbuka tanpa kasur yang hanya berupa karpet, tanpa bantal dan harus berbagi ruang dengan penumpang lainnya.

Carefree/Nobi-nobi, kategori standar pada KA Sunrise Izumo dan Sunrise Seto
Carefree/Nobi-nobi, kategori terendah pada KRL JR seri 285

Selain fasilitas berupa ruangan atau tempat tidur sebagai Sleeper Train, KRL ini juga memiliki fasilitas umum yang dapat digunakan bersama oleh para penumpang, diantaranya toilet, ruang mencuci, ruang mandi (shower room), Mini Lounge, serta mesin penjual minuman otomatis (Vending Machine).

Fasilitas Mini Lounge pada KRL seri 285
Fasilitas Mini Lounge pada KRL JR seri 285

KRL ini juga dilengkapi dengan fasilitas standar informasi (public address) yang mendukung kelancaran informasi terhadap penumpang. Pada bagian eksterior, terpasang Rolling Curtain display di bagian atas samping kereta yang berfungsi untuk menunjukkan layanan dan tujuan kereta. Di dalam rangkaian (interior) juga terpasang sistem automatic announcement untuk mengumumkan berbagai informasi perjalanan kepada penumpang kereta seperti tujuan perjalanan, himbauan dan sebagainya.

KRL seri 285 ini beroperasi pada relasi Tokyo-Okayama-Izumo di area JR West sebagai KA Sunrise Izumo dengan lama perjalanan 12 jam, dan relasi Tokyo-Okayama-Takamatsu sebagai KA Sunrise Seto di area JR Central dengan lama perjalanan 10 jam. Perjalanan KA Sunrise Izumo dan Sunrise Seto berjalan reguler dan tersedia masing-masing 1x pemberangkatan dari stasiun Tokyo, Izumo dan Takamatsu setiap harinya.

Berminat mencoba?

KAORI Newsline |

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.