Rangkaian Kereta Tidur Cassiopeia | Sumber: okwave.com
Rangkaian Kereta Tidur Cassiopeia | Sumber: okwave.com

‘Hilangnya’ rangkaian kereta api (KA) tidur mewah Cassiopeia dari lintas perkeretaapian Jepang per Maret 2016 menimbulkan sebuah pertanyaan, “Akankah Cassiopeia kembali beroperasi?” Namun, pertanyaan ini akhirnya terjawab sudah.

Dilansir dari Japan Times, 7 perusahaan yang tergabung dalam Japan Railway (JR) Groups telah mengumumkan akan membuka layanan baru. Layanan tersebut adalah sebuah tur spesial wisata keliling Jepang dengan menggunakan 24 layanan kereta terpilih, termasuk Cassiopeia. Proyek yang diumumkan pada Selasa (17/10) ini dimaksudkan untuk menandai 30 tahun privatisasi Japan National Railway (JNR) menjadi 7 Perusahaan berbeda yang tergabung dalam satu JR Groups.

Tur tersebut akan memakan waktu selama 10 hari dengan total peserta dibatasi hanya 60 orang saja untuk sekali perjalanan. Pada awal tur, para peserta akan berangkat dari Stasiun Ueno ke bagian utara pada 5 Desember menggunakan rangkaian Cassiopeia dan ditarik oleh lokomotif yang biasa menarik KA barang milik Freight Railway Company (JR Freight). Pihak JR Groups mengatakan bahwa para pencinta kereta (Railfans) akan terkejut melihat rangkaian KA tidur mewah yang biasanya dioperasikan oleh East Japan Railway Company (JR East) dan Hokkaido Railway Company (JR Hokkaido) ditarik oleh lokomotif KA Barang.

Advertisement Inline

Sesampainya di Sapporo, para peserta akan di arahkan ke selatan menuju Kyushu. Di perjalanan menuju Kyushu, peserta akan menggunakan berbagai layanan KA seperti Genbi Shinkansen yang dioperasikan oleh JR East, dan A-Train milik Kyushu Railway Company (JR Kyushu). Layanan tur spesial ini juga akan singgah di daerah seperti Nagoya, Kanazawa, Prefektur Ishikawa, Kyoto dan kota lain yang memiliki tempat wisata. Peserta direncanakan akan kembali ke Tokyo tanggal 14 Desember 2017.

Untuk menikmati tur spesial dengan ini, calon peserta harus merogoh kocek sebesar ¥390,000 (sekitar Rp47.000.000,00) hingga ¥480,000 (sekitar Rp57.600.000,00). JR Groups juga akan menyediakan tur menggunakan Shinkansen untuk keliling Jepang dengan tarif ¥150,000 (sekitar Rp18.000.000,00).

Namun, satu hal yang unik, tur ini hanya diperuntukkan untuk orang dewasa saja khusus hari Rabu.

Bagaimana, Kaoreaders? Tertarik mencoba?

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.