Setelah diwacanakan akan dihapus perjalanan regulernya pada Maret 2016, Kereta Api Mewah Cassiopeia yang merupakan kereta tidur ini ternyata belum akan memasuki akhir hayatnya.

East Japan Railway Company (JR East) selaku operator rupanya masih melihat potensi dari kereta api dengan fasilitas mewah tersebut. Cassiopeia direncakan akan kembali beroperasi sebagai kereta api ekspress yang digunakan untuk perjalanan grup travel atau tur dan juga berjalanan pada saat tertentu saja. Kemungkinan tersebut kini masih dalam pengkajian JR East, Japan Freight Railway Company (JR Freight) dan beberapa pihak lainnya.

Interior lounge Cassiopeia. | Sumber: Wikipedia.
Interior lounge Cassiopeia. | Sumber: Wikipedia.

Menurut rencana, Cassiopeia akan beroperasi dari Stasiun Ueno, Tokyo menuju Stasiun Sapporo di Hokkaido yang artinya JR East akan kembali menawarkan kemewahan dalam melakukan perjalanan malam hari menuju pulau yang merupakan bagian paling utara di Jepang.

Namun sayangnya, karena pembangunan jalur Shinkansen Hokkaido, tegangan Listrik Aliran Atas di Terowongan Seikan yang menghubungkan Pulau Honshu dan Pulau Hokkaido sudah di ganti untuk menyesuaikan tegangan operasional Shinkansen yang mana tidak mendukung operasional lokomotif listrik yang biasa digunakan untuk menarik kereta mewah ini. Karena itu JR East berencana menyewa lokomotif diesel milik JR Freight yang dikembangkan khusus untuk dapat melewati Terowongan tersebut agar dapat mendukung operasional Cassiopeia nantinya.

JR East kini tengah merencanakan waktu operasional. Seperti saat musim gugur dan saat lain dimana kebutuhan transportasi sedang tinggi.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.