BAGIKAN
Rangka dari kereta S-Bahn yang sudah dicat | Sumber: Rail Journal
Rangka dari kereta S-Bahn yang sudah dicat | Sumber: Rail Journal

Proses pembuatan rangkaian kereta komuter terbaru milik ibu kota Jerman, Berlin S-Bahn berlanjut. Kerangka badan kereta pertama  S-bahn kelas 483/484 yang sudah dicat kini telah berada di pabrik milik Stadler yang terletak di Pankow, tempat proses perakitan tahap akhir dikerjakan.

Dilansir dari International Rail Journal, pada bulan Desember 2015 lalu, anak perusahaan operator kereta di Jerman, Deutsche Bahn (DB) yang bernama DB Regio S-Bahn ini memberikan kontrak kerja kepada pihak Stadler Pankow yang akan bertanggung jawab untuk masalah perakitan dan Siemens yang bertanggung jawab untuk sistem kelistrikan dan elektroniknya, untuk pengadaan kereta baru sebanyak 1380 kereta, dengan pesanan awal yang mereka berikan yaitu sebanyak 106 kereta yang terdiri dari 85 rangkaian yang terdiri dari 4 kereta, dan 21 rangkaian dengan formasi 2 kereta.

Seluruh rangka badan kereta yang terbuat dari bahan Alumunium ini tengah dikerjakan oleh pihak Stadler di pabriknya yang terletak di Szolnok, Hungaria. Rencananya, rangkaian kereta yang akan dikirim perdana oleh Stadler kepada DB Regio S-Bahn adalah rangkaian dengan formasi 4 kereta.

Advertisement Inline

Nantinya, 10 rangkaian “pre-series” pertama dari kereta komuter terbaru kelas 483/484 ini akan dioperasikan pada awal tahun 2021 di koridor jalur S47 yang menghubungkan kota Südkreuz dengan Spindlersfeld. Pengiriman kloter pertama rangkaian tersebut akan ditargetkan selesai pada tahun 2023 mendatang.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.