Nokia, salah satu vendor telekomunikasi terkenal di dunia asal Finlandia akan mengelola jaringan komunikasi kereta api (KA) komuter Berlin, S-Bahn. Hal ini diumumkan oleh Nokia pada Senin (19/9) usai penandatanganan perjanjian tahun jamak dengan DBNetz.

Jaringan komunikasi pada jalur KA komuter S-Bahn Berlin yang akan dikelola Nokia memiliki panjang 326 km. Sebelumnya juga Nokia sudah memasok perangkat teknologi Internet Protocol/Multi-Protocol Label Switching (IP/MPLS) untuk pengoperasian kamera CCTV yang akan mendukung operasional perjalanan KA. Sistem IP/MPLS tersebut juga berguna untuk mendukung pengoperasian passenger information system di seluruh stasiun S-Bahn Berlin yang berjumlah 166 stasiun. Dengan adanya teknologi tersebut, proses informasi menjadi lebih cepat karena tidak lagi menggunakan jaringan dengan alamat panjang.

Dalam perjanjian kerjasama tersebut, Nokia akan mengambil alih seluruh proses komunikasi operasional, termasuk manajemen terkait resiko dan insiden, manajemen terkait performa dan advanced technical support.

Cemplus Newsline by KAORI

Advertisement Inline

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.