Sebuah kejuaraan bowling yang unik diselenggarakan di Berlin, Jerman. Namun, ini bukanlah kejuaraan yang diikuti oleh para atlet-atlet bowling professional, melainkan para masinis trem di Eropa! Keunikannya bukan terletak pada bola yang digunakan ataupun pin yang digunakan, tetapi pada cara bermainnya yaitu menggunakan trem yang biasa dikendarai oleh para masinis tersebut.

Ukuran bola dan pinnya serta panjang “lapangan” bowlingnya yang digunakan tentu saja berbeda dengan ukuran umumnya. Selain menggunakan bola dan pin yang lebih besar, panjang lapangan pun ditentukan agar sesuai dengan trem yang digunakan. Seperti bowling pada umumnya, para masinis tersebut harus berusaha mendorong bola bowling untuk menjatuhkan pin dengan trem. Masinis tersebut harus mengatur kecepatan dan pengeremannya dengan tepat agar trem tersebut dapat mendorong bola dengan kekuatan yang diinginkan untuk dapat menjatuhkan pin-pin raksasa tersebut.

Pada tahun ini, Berliner Verkehrsbetriebe (BVG) atau Otoritas Transportasi Berlin ditunjuk menjadi tuan rumah kejuaraan ini. Sebuah dipo trem yang terletak di Siegfriedstraße, Lichtenberg milik BVG telah ditentukan sebagai tempat perhelatan kejuaraan yang diadakan pada 22-24 April ini. Sebanyak 27 tim perusahaan operator trem dari 17 negara di Eropa telah mendaftar untuk berpartisipasi dalam acara ini, salah satunya Trambaix & Trambesòs dari kota Barcelona.

Advertisement Inline
Bola dan Pin Bowling raksasa yang dimainkan dengan menggunakan tram | Foto: Berliner Morgenpost
Bola dan Pin Bowling raksasa yang dimainkan dengan menggunakan tram | Foto: Berliner Morgenpost

Kejuaraan Tram-bowling ini merupakan salah satu bagian dari acara kejuaraan untuk para masinis trem di Eropa (Tram-EM) yang diselenggarakan di Jerman oleh sebuah perusahaan yang berlokasi di Dresden, Jerman yaitu Sam Production. Sejak 1996, perusahaan ini telah membuat dan menyelenggarakan berbagai macam acara di Jerman, Eropa, bahkan hingga Amerika. Ide mengenai kejuaraan ini datang pada tahun 2012 di Dresden oleh seorang pengelola acara di Dresden untuk merayakan 140 tahun kehadiran trem di Dresden. Sebelumnya, acara ini telah diadakan di tiga kota di Eropa yaitu Budapest (2013), Barcelona (2014), dan Vienna (2015).

Acara ini diselenggarakan dengan tujuan mengajak masyarakat untuk berkumpul dan bermain bersama serta sebagai ajang hiburan dan pertukaran informasi. Dan juga bagi para perusahaan operator trem untuk berbagi pengalaman dan berdiskusi dengan para masinis tramnya serta mempromosikan tremnya kepada masyarakat yang hadir.

Berikut video saat percobaan tram-bowling di dipo trem milik BVG:

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.