BAGIKAN
Kondisi rangkaian gerbong kereta angkutan gulungan baja yang anjlok di Batang, Jawa Tengah

Kecelakaan atau Peristiwa Luarbiasa Hebat (PLH) kembali terjadi di ranah perkeretaapian Indonesia. Senin (25/4), PLH menimpa kereta api (KA) angkutan barang gulungan baja (baja coil) relasi Cigading – Kampung Bandan – Kalimas yang anjlok dan terguling di emplasemen stasiun Batang, Jawa Tengah sekitar pukul 09.30 pagi. Belum diketahui secara pasti penyebab anjlok dan tergulingnya kereta api naas bernomor perjalanan KA 2502 tersebut.

Peristiwa tersebut menyebabkan 9 dari total 20 Gerbong Datar (GD) yang dibawa dalam rangkaian KA 2502 keluar rel, dengan rincian 3 GD anjlok dan 6 GD terguling di jalur hulu emplasemen stasiun Batang. Akibat kejadian tersebut untuk sementara jalur hulu di petak stasiun Batang – Ujungnegoro tidak dapat dilalui KA dan hanya mengandalkan jalur hilir untuk lalu lalang KA.

Gerbong bermuatan baja coil yang terguling
Gerbong bermuatan baja coil yang terguling

Untuk evakuasi dan pertolongan akibat PLH KA 2502 ini, PT Kereta Api Indonesia (KAI) berencana mendatangkan satu unit kereta crane Gottwald dari dipo Lokomotif Cirebon agar proses evakuasi bisa berjalan lebih cepat dan jalur segera bisa diperiksa dan diperbaiki untuk kembali dilewati perjalanan KA

Muatan baja coil yang lepas dari gerbongnya
Muatan baja coil yang lepas dari gerbongnya
Advertisement Inline

Efek peristiwa ini, beberapa perjalanan KA di lintas utara dipastikan akan mengalami keterlambatan karena harus melewati satu jalur yang sama untuk dua arah secara bergantian.

Cemplus Newsline by KAORI | Reza Aditya

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.