Setelah sebelumnya mengalami nasib kurang baik saat perjalanan perdananya sekitar 3 bulan lalu, Kereta Rel Listrik (KRL) terbaru milik East Japan Railway Company (JR East) yaitu seri E235 kembali diluncurkan di Jalur Yamanote. KRL Seri E235 ini akhirnya kembali mendapatkan kesempatan untuk unjuk gigi sebagai KRL tercanggih milik JR East. Perlu diketahui bahwa pada perjalanan perdananya, KRL ini sempat mengalami gangguan sistem yang mengakibatkan KRL ini harus ditarik kembali untuk serangkaian pengecekan dan juga perbaikan.

Tidak seperti perjalanan perdananya dulu, acara “Re-Launching”  KRL terbaru milik JR East ini tidak diawali oleh upacara peresmian. Namun, hal tersebut tidak dihiraukan oleh para penggemar kereta (Railfans) di Jepang sana. Sekitar 200 Railfans berkumpul di peron stasiun Osaki untuk bersama-sama mengabadikan serta menaiki KRL ini.

Salah satu Railfans Jepang, Issei Shimauchi (15), pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang berasal dari Funabashi, Prefektur Chiba, ini sengaja jauh-jauh datang untuk menyaksikan dan ikut naik KRL terbaru ini pada perjalanan debut keduanya. “Warna hijau yang dicat secara vertikal pada pintu KRL ini sangat berbeda” tutur Shimauchi.

hqdefault

KRL terbaru ini, sebelumnya telah digadang-gadang sebagai KRL tercanggih milik JR East pada perjalanan perdananya oleh masyarakat Jepang, khususnya Tokyo, karena didesain memiliki ruang ekstra untuk pengguna kursi roda, dan juga kereta bayi, serta papan iklan digital yang dipasang pada interiornya.

JR East mengatakan bahwa rencananya KRL ini akan dioperasikan bersamaan dengan KRL yang biasa dioperasikan di jalur Yamanote ini, seperti KRL seri E231-500. Dan juga KRL ini akan beroperasi sebanyak 5 perjalanan seharinya, jauh lebih sedikit dari rencana awalnya. Hal ini dimaksudkan untuk memastikan agar setiap gangguan yang terdeteksi dapat ditangani dengan cepat.

Jika tidak ada masalah lebih lanjut yang timbul pada pengoperasian KRL baru ini, JR East akan memulai mengganti semua KRL yang sebelumnya beroperasi di Jalur Yamanote dengan KRL seri E235 ini secepatnya untuk Olimpiade serta Paralimpiade yang diselenggarakan di Tokyo pada tahun 2020.

Cemplus Newsline by KAORI

Tinggalkan komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.