BAGIKAN

Pesta olahraga se-Asia, Asian Games 2018 akan diselenggarakan pada bulan Agustus hingga September 2018 mendatang. Kali ini Indonesia mendapat kehormatan menjadi negara penyelenggara perta olahraga se-Asia tahun 2018 ini, yang akan diselenggarakan di Jakarta dan Palembang.

Sebagaimana telah diberitakan sebelumnya, dalam Asian Games 2018 akan ada cabang olahraga elektronik, alias eSports, di mana game Arena of Valor disebut-sebut menjadi salah satu yang turut dipertandingkan dalam Asian Games 2018.

Baru-baru ini melalui akun Facebooknya, Asosiasi eSports Indonesia, atau IESPA telah mengonfirmasi bahwa memang akan ada 6 Game eSports yang akan dipertandingkan sebagai cabang Eksibisi Asian Games 2018 Jakarta- Palembang. Selain Arena of Valor, kelima game lainnya yang akan dipertandingkan adalah League of Legends, Pro Evolution Soccer (PES), Clash Royale, Hearthstone dan Starcraft.

6 games yang akan dipertandingkan di Asian Games tersebut ditentukan oleh pihak Federasi Esports Asia (AESF) yang bermarkas di Hongkong.

Adapun keenam game tersebut, dan juga kategori eSports secara keseluruhan baru akan menjadi ajang exhibisi dalam pesta olahraga se-Asia tahun 2018 ini, dan baru pada pehelatan selanjutnya, yang akan digelar pada tahun 2022 nanti, akan memperebutkan medali. Hal itu dilakukan karena memang sudah merupakan prosedur dari Olimpic Council of Asia atau OCA.

Adapun Kualifikasi setiap negara, dapat dilakukan mulai dari tanggal 5 Mei hingga 31 Mei 2018, di mana setiap negara bisa memilih hari penyelenggaraan di dalam periode tanggal tersebut.

IeSPA sebagai induk organisasi resmi eSports di Indonesia akan memilih game apa saja yang akan dikirim ke Asian Games, dan akan menyelenggarakan penyisihan nasional di akhir bulan Mei ini.

Informasi resmi ini diambil dari Technical Handbook yang telah dirilis oleh pihak Federasi Esports Asia atau AeSF, kepada para komite olimpiade setiap negara di Asia. Dan akan diteruskan kepada asosiasi Esports masing masing negara.

Masih belum ada informasi lebih lanjut dari situs resmi Asian Games 2018.

KAORI Newsline