Setelah sebelumnya “mempensiunkan” KRL seri E351, kali ini KRL seri E353 akan segera “menyingkirkan” KRL seri E257 dari layanan Ekspres Terbatas “Azusa” dan “Kaiji” di jalur Chuo. KRL seri E257 yang sudah beroperasi di jalur tersebut sejak Juli 2002 rencananya akan ditransfer ke jalur Tokaido.
Sang operator, East Japan Railway Company (JR East) telah mengumumkan bahwa KRL seri E353 akan dioperasikan untuk beberapa jadwal layanan ekspres terbatas “Azusa” dan “Kaiji”. Layanan yang biasa menggunakan rangkaian E257 ini akan mulai digantikan oleh beberapa rangkaian E353 pada 1 Juli 2018 mendatang.
Berikut detail rencana dinasan rangkaian E353 per 1 Juli 2018
Layanan | Relasi | Jumlah Perjalanan | Keterangan |
Super Azusa | Tokyo . Shinjuku – Matsumoto | 16 (8 x P.P) | Sudah tergantikan E353 sejak 17 Maret 2018 |
Azusa | Shinjuku – Matsumoto | 6 (3 x P.P) | |
Kaiji | Tokyo . Shinjuku – Kōfu Ryūō | 18 (9 x P.P) |
Sementara itu, rangkaian E257 hanya mendapat jatah 7 kali P.P untuk layanan “Azusa” dan 3 kali P.P untuk layanan “Kaiji” setiap harinya.

Sejumlah rangkaian E257 yang “tersingkir” oleh rangkaian E353 nantinya akan diperbarui kembali dengan beberapa penyesuaian sebelum diperkenalkan dan dioperasikan di jalur Tokaido. Kemungkinan, rangkaian E257 ini diproyeksikan sebagai pengganti dari KRL seri 185 yang dioperasikan sebagai layanan Odoriko.
KRL seri E353 sendiri merupakan rangkaian terbaru milik JR East yang memang direncanakan sebagai suksesor dari KRL seri E351 yang resmi pensiun pada 17 Maret 2018. Tanggal debut dari KRL seri E353 ini bersamaan dengan ‘kakak’nya, E351.
Cemplus Newsline by KAORI