BAGIKAN

Naruto, siapa yang tidak mengenal nama tersebut? Sosok ninja berambut kuning rekaan Masashi Kishimoto tersebut memang cukup dikenal, terutama di kalangan para penggemar komik dan animasi asal Jepang. Apalagi kalau bukan komik dan juga serial animasinya yang telah dirilis di berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia.

Junko Takeuchi, seiyuu Naruto di Jepang

Berbicara mengenai serial animasi, atau anime, tentu tak lengkap tanpa membicarakan para pengisi suara, atau seiyuu-seiyuu yang menyuarakan karakter-karakter dalam anime tersebut, di mana sosok Naruto sendiri di Jepang disuarakan oleh Junko Takeuchi, sementara itu di Indonesia nama Hana Bahagiana dikenal sebagai sosok seiyuu yang menyuarakan sang ninja penyuka mie ramen tersebut ke dalam bahasa Indonesia.

[Kaoriporter] Hana Bahagiana : Dari Peran Antagonis menuju Raja Bajak Laut

Wow! Hana Bahagiana Diwawancarai oleh Samurai Reject

Tetapi ternyata di Indonesia, Hana Bahagiana bukanlah satu-satunya seiyuu yang menyuarakan Naruto ke dalam bahasa Indonesia. Rupanya selama kehadirannya di Indonesia, sosok ninja yang satu ini telah disuarakan oleh sejumlah seiyuu yang berbeda-beda.

Berikut adalah sejumlah seiyuu yang pernah menyuarakan Naruto ke dalam bahasa Indonesia selain Hana Bahagiana:

Ridawati

Pada medio tahun 2008, anime Naruto sempat ditayangkan di 2 stasiun televisi sekaligus, yaitu Global TV dan Indosiar. Yang menarik, meskipun memutar anime yang sama, namun keduanya memasang jajaran seiyuu yang berbeda satu sama lain. Untuk penayangan di Indosiar, anime tersebut ditayangkan dengan jajaran seiyuu yang merupakan langganan Indosiar pada masanya seperti Ridawati, Jane Leisila Zahara, hingga Rudi Sukistiyono. Adapun peran Naruto di Indosiar dipercayakan kepada Ridawati.

Ridawati adalah seorang seiyuu yang memulai debutnya pada tahun 1995. Dirinya kerapkali menyulihsuarakan film-film asing yang ditayangkan oleh Indosiar di masa lalu. Berbagai anime asal Jepang juga pernah ia mainkan seperti Yufa dari Ragnarok the Animation, hingga Orihime dari Bleach. Yang menarik, bakatnya sebagai seorang seiyuu rupanya juga diwariskan kepada anak-anaknya, di mana salah seorang putrinya yang bernama Gita pernah menyuarakan sosok Nala kecil dalam The Lion King.

Mirna Haryati

Selain ditayangkan di televisi nasional, anime Naruto juga ditayangkan di Indonesia melalui jaringan televisi berbayar, yaitu Animax. Bagi yang berlangganan Animax di salah satu layanan TV kabel, sejumlah anime yang ditayangkan di Animax rupanya memiliki fitur dwibahasa, di mana pemirsa bisa menyaksikan tayangan yang bersangkutan dalam bahasa Indonesia, maupun bahasa aslinya, tak terkecuali anime ninja yang satu ini. Adapun dalam penayangannya di Animax, sosok Naruto disuarakan oleh Mirna Haryati.

Mirna Haryati pernah aktif menjadi seiyuu di bawah naungan SCTV tatkala SCTV tengah aktif menayangkan film-film asing pada era 2000an, di antaranya adalah sejumlah serial Ultraman yang kerap kali ditayangkan di SCTV pada masa itu. Dirinya juga kerapkali menjadi seiyuu di film karya lokal seperti Angel DivesHijabearGrey & Jingga: The Twilight, hingga Petualangan si Unyil, di mana dirinya berperan sebagai Unyil, dan juga Si Juki the Movie.

Penasaran siapa lagi seiyuu-seiyuu Naruto di Indonesia? Mari intip di halaman kedua!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.