© MINE · Hobby Japan

Apakah Anda sedang menantikan satu lagi serial anime bertema isekai berjudul Nidome no Jinsei o Isekai de? Sebuah berita buruk datang dari proyek serial anime yang dijadwalkan akan tayang pada Oktober 2018 ini.

Akibat kontroversi yang sempat mencuat di Twitter karena isi cerita novelnya serta tindakan ujaran kebencian yang pernah dilakukan sang penulis, empat seiyuu yang semula dipastikan akan bermain di anime Nidome no Jinsei o Isekai de? akhirnya memutuskan untuk mundur. Mereka adalah Toshiki Masuda, Megumi Nakajima, Kiyono Yasuno, dan Nanami Yamashita.

Diumumkan lewat akun Twitter resmi serta situs agensi yang menaungi salah satu seiyuu-nya pada Rabu (6/6), berturut-turut mereka sebelumnya didapuk untuk memerankan karakter Renya Kumugi, Rona Chevalier, Shion Femme Fatale, dan Creator dalam serial animenya.

Advertisement Inline

Pengumuman resmi dari agensi 81 Produce yang menyatakan Nanami Yamashita mundur dari proyek anime Nidome no Jinsei wo Isekai de?

Meskipun dikabarkan masih bisa diakses dari wilayah Jepang, situs resmi dari anime tersebut saat ini tidak dapat diakses dengan menampilkan pesan error 403. Masih belum ada informasi lebih jauh apakah pengerjaan proyek anime ini akan tetap berlanjut dengan susunan seiyuu baru atau akan dibatalkan akibat kontroversi tersebut.

Menanggapi kontroversi tersebut, lewat akun Twitternya MINE sebagai penulis dari seri novel ini telah meminta maaf sedalam-dalamnya karena telah membuat banyak orang merasa tidak nyaman karena telah menulis komentar yang tidak pantas di media sosialnya. Ia juga berencana untuk menutup akun Twitternya setelah permintaan maaf tersebut tersebar luas di media sosial.

Selain itu, ia juga tidak akan melanjutkan seri novel Nidome no Jinsei o Isekai de? di situs Shousetsuka ni Narou karena telah mengakui ada konten yang kurang pantas di dalamnya dan akan berkonsultasi dengan pihak penerbit untuk memperbaiki konten cerita dalam versi cetaknya.

Kontroversi dari seri novel  Nidome no Jinsei o Isekai de? bermula ketika latar cerita seri novelnya yang dianggap begitu gelap mulai banyak dibahas di Twitter setelah novel ini diumumkan akan diadapasi menjadi anime, terutama oleh pengguna warga Tiongkok yang tinggal di Jepang.

Dalam rangkaian tweet yang sempat ditulis oleh pengguna bernama SonmiChina yang mengaku sebagai warga Tiongkok yang lahir di Jepang (tweet tersebut kini telah dihapus untuk merespon permintaan maaf penulis novelnya), novel ini mengisahkan Renya Kumugi, seorang warga Jepang yang dulunya pernah membunuh tiga ribu warga Tiongkok dalam Perang Tiongkok-Jepang Kedua yang berlangsung pada era Perang Dunia II. Setelah perang berakhir, ia membunuh dua ribu orang lagi hingga ia meninggal di usia 94 tahun. Ia pun akhirnya hidup kembali di dunia lain sebagai lelaki berusia 18 tahun.

Selain mempertanyakan isi cerita novelnya yang menurutnya dapat menyinggung warga Tiongkok, SonmiChina juga memposting tweet bernada ujaran kebencian yang pernah ditulis oleh MINE terhadap warga Tiongkok dan Korea Selatan pada 2013 hingga 2015. Selain di media sosial Jepang, hal tersebut juga menuai kecaman dari warganet dan media Tiongkok. Karena alasan tersebut, SonmiChina dan banyak warganet lain menganggap adaptasi novel ringan Nidome no Jinsei o Isekai de? menjadi anime merupakan hal yang tidak pantas, terutama bila memikirkan perasaan warga Tiongkok yang juga menjadi penggemar anime.

© MINE · Hobby Japan / “Nidome no Jinsei o Isekai de” Production Committee Inquiries

Novel Nidome no Jinsei o Isekai de? pertama kali ditulis di situs Shousetsuka ni Narou! pada Januari 2014. Novel ini kemudian dirilis secara resmi oleh penerbit Hobby Japan (juga menerbitkan novel Hyakuren no Haou to Seiyaku no Valkyria dan Isekai wa Smartphone to Tomo ni) pada November 2014. Volume ke-18 dari novel ini telah dirilis pada 24 Mei 2018. Serial animenya sendiri rencananya ditangani oleh studio Seven Arc Pictures.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.