Apa jadinya bila sebuah badan pemerintahan mempromosikan programnya, dalam hal ini seputar transportasi umum, lewat karakter anime yang moe? Melalui akun YouTube resminya, Biro Transportasi Kyoto (Kyoto Municipal Transportation Bureau) telah merillis anime singkat yang dibintangi maskot mereka untuk mempromosikan angkutan cepat kota Kyoto. Proyek ini telah melakukan pengumpulan dana sejak bulan Maret tahun 2016 dan telah berhasil mengumpulkan dana sebanyak 10.422.000 yen atau sekitar 1 miliar rupiah. Dana yang dikumpulkan melebihi target awal yang “hanya” memasang target 1 juta yen atau sekitar 100 juta rupiah. Karena kelebihan target dana tersebut, anime yang direncanakan hanya dibuat selama 5 menit itu pun diperpanjang menjadi 12 menit.

Anime singkat ini dibuat oleh Gyorai Eizo (Urawa no Usagi-chan) dan telah selesai dikerjakan pada bulan Mei tahun 2017, lalu ditayangkan pada beberapa acara di Kyoto dan Tokyo. Anime ini akhirnya ditayangkan di akun YouTube Biro Transportasi Kyoto pada tanggal 29 Mei 2018 yang bertepatan dengan hari angkutan cepat di Jepang.

Advertisement Inline

Sejak 2013 Biro Transportasi Kyoto telah melakukan beberapa macam promosi. Salah satunya adalah komik yang berjudul Chikatetsu ni Noru! atau dalam bahasa Indonesia berarti ‘Ayo Naik Kereta Bawah Tanah!’. Komik ini didesain oleh illustrator kelahiran Kyoto ‘Kamogawa’, dan menggunakan illustrasi gadis SMA sebagai daya tarik utamanya.

Inilah para gadis maskot Biro Transportasi Kyoto:

Moe Uzumasa

© Kyoto Municipal Transportation Bureau

Saki Matsuga

© Kyoto Municipal Transportation Bureau

Misa Ono

© Kyoto Municipal Transportation Bureau

Inilah video promosi anime ini yang ditayangkan pada 2014 lalu.

Tonton video promosi proyek anime ini yang dirilis pada 2015.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.