BAGIKAN
pertama LRT Jakarta mulai jalani uji dinamis
Rangkaian perdana LRT Jakarta usai melaksanakan uji dinamis pada Senin (11/6).

Semakin dekat dengan target operasional, pengerjaan moda transportasi baru kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) Jakarta yang akan dikelola PT LRT Jakarta terus dikebut agar dapat rampung tepat waktu. Setelah tiba di Jakarta pada April 2018, kini rangkaian pertama LRT Jakarta mulai jalani uji dinamis mulai Senin (11/6) sebagai langkah persiapan jelang operasional.

Dalam proses uji coba dinamis tersebut, rangkaian LRT Jakarta yang terdiri dari dua unit kereta dipacu di lintas dari tempat stabling rangkaian di dekat Kelapa Gading Mall hingga Stasiun Kelapa Gading Boulevard. Proses uji dinamis tersebut dilakukan untuk menguji kesesuaian sarana dengan prasarana. Mengingat ini merupakan kali pertama lintasan LRT Jakarta dilalui oleh rangkaian.

Proses uji dinamis masih akan dilangsungkan hingga jelang operasional pada Agustus 2018 mendatang. Salah satu yang dilaksanakan pada uji dinamis ialah menguji rangkaian dengan kecepatan maksimum 80 km/jam.

Baca juga: Rangkaian Perdana LRT Jakarta Mulai Diuji.

Sarana kereta LRT Jakarta sendiri merupakan buatan produsen asal Korea Selatan, Hyundai Rotem. Memiliki kapasitas 40 penumpang duduk dan total kapasitas termasuk dengan penumpang berdiri mencapai 270 penumpang. Proses pembuatan kereta LRT Jakarta ini juga lebih cepat dari waktu rata-rata pembuatan kereta LRT, tanpa mengesampingkan kualitasnya. Jika biasanya pembuatan kereta LRT memerlukan waktu sekitar 20 bulan, kereta LRT Jakarta ini dibuat hanya dalam kurun waktu 13 bulan. Hal ini disebabkan model dan desain kereta LRT Jakarta sama dengan kereta LRT Gimpo Gold Line yang juga dibuat oleh Hyundai Rotem.

 

LRT Jakarta merupakan proyek dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, dengan pengerjaan koridor 1 fase pertama sepanjang 5,8 km termasuk depo yang diprioritaskan rampung pada gelaran Asian Games 2018. Memiliki 6 stasiun, yaitu Stasiun Depo, Kelapa Gading Mall, Kelapa Gading Boulevard, Pulomas, Pacuan Kuda, dan Velodrome. Nantinya stasiun-stasiun tersebut akan terkoneksi dengan lokasi pertandingan (venue) Asian Games, jalur bus Transjakarta dan calon stasiun MRT lintas East-West.

Cemplus Newsline by KAORI

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.