BAGIKAN
ke ennichisai naik kendaraan umum

Ennichisai merupakan festival Seni dan Kuliner Jepang yang diadakan tiap tahun di kawasan Blok M, Jakarta sejak tahun 2010. Acara ini diselenggarakan oleh komunitas orang Jepang yang berada di Indonesia, sebagai tanda terima kasih kepada masyarakat Indonesia melalui sebuah festival Jepang tahunan yang diadakan selama 2 hari.

Berbagai kalangan dari wibu hingga masyarakat umum dapat datang ke Ennichisai yang berada di kawasan Blok M. Salah satu caranya adalah menggunakan transportasi umum. Namun, bagaimana jika belum pernah atau belum paham dengan alur transportasi publik yang harus digunakan menuju Blok M?

Sebuah aplikasi bernama Trafi siap membantu. Trafi dapat digunakan di gawai maupun komputer melalui situs resminya. Bagaimana cara menggunakannya?

Dengan Gawai

Advertisement Inline

Aplikasi Trafi dapat diunduh di Play Store maupun App Store. Cara menggunakannya adalah sebagai berikut (geser ke kanan):

Pada gambar pertama,  silakan tekan di kotak yang bertuliskan “Get me somewhere”. Pada gambar kedua, silakan tekan pada kotak yang bertuliskan “Where do you want to go”? lalu ketik tempat atau lokasi yang akan dituju. Setelah mengetik, di bawah kotak tersebut akan keluar daftar nama tempat yang relevan dengan kata kunci yang kita tulis seperti di gambar ketiga. Silakan pilih tempat yang relevan dari tempat yang ingin dituju. Jika Trafi meminta izin untuk mengakses lokasi gawai, silakan klik setuju jika ingin secara otomatis menentukan lokasi keberangkatan. Selanjutnya akan ditampilkan variasi alur perjalanan menggunakan transportasi umum. Dari pilihan tersebut, dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing dan rekomendasi yang diberikan oleh Trafi. Untuk detail perjalanan, silakan pilih dari opsi perjalanan yang ada dan detail perjalanan pun ditampilkan.

Via Situs Resmi

Trafi juga memiliki situs resmi yang dapat diakses melalui komputer, laptop atau ponsel pintar. Untuk daerah Jakarta dan sekitarnya dapat mengaksesnya melalui link ini. Lalu, bagaimana cara menggunakannya?

Pertama, silakan buka link yang telah disematkan di atas. Lalu, ketik lokasi keberangkatan dan lokasi tujuan yang ditandai dengan kotak merah pada gambar pertama. Lalu, akan keluar opsi dari alur perjalanan menggunakan transportasi publik. Silakan pilih mana yang paling cocok untuk digunakan. Setelah mengklik pilihan, detail perjalanan akan ditampilkan seperti pada gambar ketiga.

Aplikasi dan situs Trafi dapat digunakan dalam keperluan lainnya. Tidak terbatas hanya untuk kegiatan kewibuan pada momen Ennichisai ini.

Lalu rute-rute kendaraan umum mana sajakah yang direkomendasikan untuk ke Blok M, demi bisa menikmati Ennichisai? Berikut adalah rute – rute ke Ennichisai naik kendaraan umum yang berhasil dihimpun tim Cempus KAORI:

Menggunakan Bus Transjakarta / Bus Kota

Bus Metrotrans garapan karoseri Laksana | Foto: Reeza Rizky

Bagi #Kaoreaders yang biasa menggunakan moda transportasi Bus Transjakarta, dapat menggunakan layanan Koridor 1 (Blok M – Kota) dan turun di Halte Blok M, untuk kemudian menuju lokasi Ennichisai.

Selain Koridor 1, banyak pula rute Transjakarta lainnya yang juga menjangkau Terminal Blok M. Layanan tersebut antara lain:

  • 1C (Bintaro Kodam – Blok M)
  • 1E (Pondok Labu – Blok M)
  • 1M (Meruya – Blok M)
  • 1N (Tanah Abang – Blok M)
  • 1Q (Rempoa – Blok M)
  • 6M (St. Manggarai – Blok M)
  • 6N (Ragunan – Blok M)
  • 7B (Kampung Rambutan – Blok M)
  • 8D (Joglo – Blok M)
  • 8E (Bintaro – Blok M)
  • 9H (Cipedak – Blok M)
  • 13A (CBD Ciledug – Blok M)
  • MR1 (CSW – Pakubuwono)
  • MR2 (CSW – Kramat Pela)
  • MR3 (CSW – Wijaya)
  • JAK 31 (Pondok Labu – Blok M)

Selain Bus Transjakarta, dapat juga menggunakan beberapa bus kota menuju Terminal Blok M. Layanan tersebut antara lain:

  • Mayasari AC 05 (Bekasi – Blok M)
  • Mayasari AC 34 (Poris Plawad – Blok M)
  • Mayasari AC 121 (Cikarang – Blok M)
  • Mayasari AC (Cileungsi – Blok M)

Menggunakan KRL COMMUTER LINE

KRL Commuter Line (KAORI Nusantara/Farouq Adhari)
KRL Commuter Line (KAORI Nusantara/Farouq Adhari)

Memang untuk saat ini belum ada rute KRL Commuter Line yang langsung menuju Terminal Blok M. Namun #Kaoreaders dapat turun di beberapa stasiun dan melanjutkan dengan menggunakan moda transportasi Bus Transjakarta maupun MRT Jakarta.

#Kaoreaders dapat turun di Stasiun Manggarai, dan berpindah moda transportasi Transjakarta rute 6M (Stasiun Manggarai – Blok M) atau dapat pula menjangkau dari Stasiun Tanah Abang dan berpindah moda menggunakan rute 1N (Stasiun Tanah Abang-Blok M). Namun, rute 1N ini sudah tidak melayani pembayaran secara tunai, dan #Kaoreaders wajib menggunakan kartu e-tiket sebagai pembayaran yang sah.

#Kaoreaders juga dapat turun di Stasiun Sudirman dan melanjutkan perjalanan menggunakan Transjakarta Koridor 1 (Blok M-Kota) melalui Halte Dukuh Atas ataupun menggunakan MRT Jakarta melalui Stasiun MRT Dukuh Atas BNI.

Menggunakan MRT JAKARTA

KRL Ratangga, MRT Jakarta (KAORI Nusantara/Farouq Adhari)

Selain dua transportasi andalan ibukota, kini hadir layanan transportasi baru yang memudahkan #Kaoreaders menuju lokasi acara Ennichisai, yaitu dengan menggunakan moda transportasi MRT Jakarta.

Sebagai pendatang baru dalam dunia transportasi di ibukota. MRT Jakarta juga bisa menjadi pilihan bagi #Kaoreaders untuk menuju ke acara Ennichisai ini.

#Kaoreaders bisa naik dari Stasiun MRT manapun dan turun di Stasiun MRT Blok M, kemudian melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki menuju Blok M Square.

Dikarenakan banyaknya alat transportasi yang menggunakan kartu e-tiket, pastikan kartu e-tiket #Kaoreaders memiliki saldo yang cukup untuk perjalanan kalian ya.

Itulah beberapa tips mudah menggunakan transportasi umum menuju acara Ennichisai. Selain saran diatas, #Kaoreaders bisa melihat rute perjalanan lainnya menggunakan aplikasi gawai Trafi, yang dapat diunduh dari toko daring pada gawai masing masing.

Cemplus Newsline by KAORI | Oleh Subes Ali dan Bimo Prasetyo

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.