BAGIKAN
Transjakarta Juga Punya Bus Klakson Telolet
Bus Transjakarta vintage dengan klakson telolet. | Foto: Amri.

Pada Senin (2/7) dilakukan uji coba penerapan sistem ganjil-genap di beberapa kawasan. Perluasan sistem ini dilakukan demi mensukseskan gelaran Asian Games 2018 dan mengurangi kemacetan di kawasan tersebut. Selain itu, pemberlakukan sistem ini juga dilakukan agar masyarakat mau membiasakan diri menggunakan transportasi umum.

Penerapan sistem ganjil-genap di beberapa kawasan ini tidak jauh berbeda dengan sistem ganjil-genap yang telah dilakukan di koridor Sudirman-Thamrin. Perbedaan terletak pada jam dimana sistem ini diberlakukan, yaitu sejak pukul 06.00 hingga 21.00.

Untuk menghindari dampak dari diberlakukannya sistem tersebut, sebagian pengendara mungkin akan mencari rute alternatif atau justru menggunakan kendaraan pribadinya yang lain dengan nomor plat yang sesuai dengan tanggal pada saat itu. Lalu, bagaimana dengan masyarakat yang ingin berpindah menggunakan moda transportasi umum seperti Transjakarta?

KAORI telah menyusun daftar rute-rute bus Transjakarta yang melalui kawasan yang terkena sistem ganjil-genap. Masyarakat dapat menggunakan layanan ini dengan hanya membayar Rp3500. Selain, menyediakan layanan di jam reguler, Transjakarta juga menyiapkan layanan bus Transjakarta hingga jam dini hari.

Demi memudahkan para pembaca, KAORI telah membaginya menjadi beberapa bagian:

  1. Jl. Sisingamangaraja – Jl. Jend. Sudirman – Jl. M. H. Thamrin – Jl. Medan Merdeka Barat
  2. Jl. Jend. S. Parman – Jl. Jend. Gatot Subroto – Jl. M. T. Haryono
  3. Jl. H. R. Rasuna Said dan Jl. D. I. Panjaitan – Jl. Jend. A. Yani
  4. Jl. Metro Pondok Indah – Kebayoran

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.