Mengekspos Polemik Konser Hatsune Miku di YouTube

76

ekspos-kaorinewsline

Pertempuran terjadi di internet. Stigma penggemar KW diluncurkan. Video konser beredar di YouTube yang ironisnya direkam penonton bertiket paling mahal. KAORI membawakan fakta di balik Hatsune Miku Expo bagi Anda.

Help_Us_Find_You!_-_MIKUBOOK.com_-_2014-05-31_12.03.16
Bermula dari keinginan fans sendiri yang meminta konser Hatsune Miku diselenggarakan di luar negeri, Jakarta mendapatkan kehormatan sebagai kota pertama yang dikunjungi.

Pihak Crypton sejak awal telah menyadari potensi besar penggemar Hatsune Miku di Indonesia. Ini terlihat dalam presentasi mereka di PPKI 2013 di mana Indonesia menempati 10 besar pengakses laman mikubook.com.

Advertisement Inline

Meski demikian, masih ada keraguan pada saat itu untuk memboyong Miku ke Indonesia.

Saat berbincang dengan Kevin, Editor in Chief KAORI, salah satu top management yang hadir dalam presentasi di PPKI 2013 mengungkapkan kegundahannya.

“Miku menggunakan rok pendek, saya khawatir pemuka agama Islam di Indonesia akan bereaksi keras saat melihat Miku di Indonesia,” tuturnya dalam diskusi dengan KAORI.

Pada awal 2014, sebuah voting diselenggarakan oleh situs mikubook.com untuk menjaring antusiasme penggemar.

Dalam voting online ini, Jakarta mendapatkan lebih dari seratus ribu voting sehingga berhasil menempati peringkat pertama.

Kemudian, pada 27 Februari laman Facebook Hatsune Miku Expo di Indonesia pun resmi dibuka.

Pada tanggal 14 April, harga tiket dirilis di laman Facebook Miku Expo. Banderol harga yang ditawarkan kurang lebih sama dengan yang dijual baik di Taiwan maupun Hong Kong. Rentangnya mulai dari 390 ribu rupiah sampai satu juta rupiah lebih.

Dalam dua minggu setelah pemesanan dibuka, tiket untuk kelas Gold dan Platinum, dua tiket dengan harga paling mahal, habis terjual.

Namun, pada saat bersamaan pula, ada beberapa komentar di laman tersebut yang mengeluhkan mahalnya harga tiket bagi kantong mereka. Keluhan-keluhan yang sebenarnya lumrah ini menimbulkan reaksi, menganggap mereka yang mengeluh tidak menghargai upaya Crypton membawa Hatsune Miku ke Indonesia.

Tetapi skala keluhan ini belum terlalu dirasakan sampai sebuah artikel di situs J-cul dimuat.

jcul-article

Memercik Kembang Api Berskala Internasional

Menurut Aria, admin fans page Facebook Vocaloid Lovers Indonesia, dialah yang kali pertama mengangkat isu tersebut.

Pada status laman Vocaloid Lovers Indonesia yang dimuat tanggal 2 Mei 2014, ia mengabadikan beberapa komentar yang menurutnya “tidak pantas”, dan kemudian diangkat oleh situs J-Cul pada tanggal 7 Mei 2014.

jtygkuyi678i6

Perdebatan semakin menghebat kira-kira setelah berakhirnya konser May’n. Kurang lebih 6 hari setelah konser May’n selesai, pada 18 Mei 2014 blog ahotaku39 membawa polemik ini ke level internasional.

Dalam blog yang ditulis oleh orang Indonesia ini, sempat disinggung pembenaran sebagian fans yang tidak memiliki uang yang cukup. Ia menyinggung temannya yang berangkat dari Bali dan mengeluarkan uang berjuta-juta rupiah demi menonton konser Miku.

Seperti yang disikapi oleh Vocaloid Lovers Indonesia, ahotaku39 menganggap permintaan video youtube sebagai hal yang tidak etis dilakukan.

Tulisan yang dibuat ahotaku39 berkembang hingga ke Filipina dan sampai di 2ch, situs forum diskusi (seperti Kaskus) di Jepang.

jrytu6k9680o9

Hirokazu-san, salah satu penggemar Miku yang datang dari Jepang menuturkan apa yang terjadi di 2ch dalam wawancara dengan KAORI.

“Di 2ch, sebagian orang memaklumi Indonesia yang memiliki daya beli rendah, tetapi mereka juga menyatakan kekecewaan atas tidak bersyukurnya fans Indonesia.”

Hirokazu sendiri menganggap konser Miku di Indonesia, terutama kelas Bronze, lebih baik dari konser sejenis di Jepang karena penggemar masih bisa melihat jelas Miku dari kejauhan di belakang.

“Kalau konser di Jepang, tiket paling murah berarti kamu hanya bisa melihat Miku seukuran ujung jari saja.”

Hatsune Miku Indonesia 2014 - YouTube.mp4_snapshot_02.23_[2014.05.31_11.28.40]

Video Bootleg yang Bocor

Pada hari pertama saat KAORI melakukan liputan langsung, penjagaan di arena konser sangat lenggang, terutama bila dibandingkan dengan konser maupun acara Sozo lain yakni Anime Festival Asia. Nyaris tidak ada satpam maupun panitia yang berpatroli membawa senter sehingga sangat memungkinkan setiap orang mengambil foto konser ini.

Kekhawatiran menjadi kenyataan saat keesokan pagi beredar tautan rekaman konser yang diunggah di situs YouTube. Rekaman ini dimuat di akun YouTube FetBoySlim namun justru populer di akun yang lain.

ferhtyokyiol

Normalnya panitia akan meningkatkan patroli pada konser kedua, tetapi Ferli, wartawan KAORI yang menonton konser kedua, tidak merasakan peningkatan signifikan soal patroli kamera. Bahkan ada salah satu media yang memberikan rekaman langsung beserta foto dari dalam arena konser, meski kemudian foto-foto tersebut dihapus oleh media yang bersangkutan.

Ketahuannya pelanggaran ini pun baru terjadi pada malam hari saat konser ketiga tengah berlangsung.

Berdasarkan wawancara KAORI dengan dua sumber terpisah yang meminta disembunyikan namanya pada konser ketiga, ada beberapa hal penting.

Pertama, perekam konser tersebut berasal dari area Gold dan Platinum di mana dua area tersebut memiliki harga tiket paling mahal. Dengan harga tiket jutaan rupiah, besar sekali kemungkinan pelaku bukanlah orang sembarangan.

Hal ini diperkuat dengan hasil rekaman yang meski tidak terlalu bagus, namun menampilkan detil dengan jelas pada ruangan yang gelap itu. Sudut tempat diambilnya rekaman ini kalaupun mau dipaksakan dari area Silver dan Bronze, pelaku setidaknya harus memakai kamera dengan kualitas zoom yang cukup memadai.

Kedua, sulitnya panitia mengawasi area konser. Menurut sumber, area Bronze dan Silver relatif mudah diawasi, lain halnya dengan wilayah Gold dan Platinum.

Pada konser kedua panitia berhasil menangkap satu orang yang kedapatan merekam dari bangku Gold, namun upaya tersebut seakan sia-sia karena ada komentar yang mengklaim dirinya berhasil merekam konser kedua.

▶_Hatsune_Miku_Indonesia_2014_-_YouTube_-_2014-05-31_20.17.32

Crypton yang Diam Seribu Bahasa

Dalam beberapa jam setelah video dimuat, Sozo mengirimkan komentar cease and dessist terhadap video tersebut.

Bola salju bergulir kencang sampai-sampai admin mikubook.com, komunitas (tidak resmi) yang memiliki hubungan dekat dengan Crypton, mengeluarkan kecamannya. Kecaman ini kemudian dihapus dan permintaan maaf dikeluarkan.

mikufan.com_-_2014-05-31_20.22.32

Namun Crypton sebagai pemilik IP (Intellectual Property, Hak Kekayaan Intelektual) Vocaloid, diam seribu bahasa.

Apa yang beredar sejauh ini hanyalah ucapan lisan dari CEO Crypton Hiroyuki Ito ke media Jurnal Otaku. Bertolak belakang dengan pihak SOZO yang langsung mengeluarkan sikap resmi dan bergerak cepat di dunia maya.

Bila memang polemik video YouTube ini benar-benar menjadi masalah besar, lantas mengapa Crypton memilih diam?

Kepentingan Apa yang Bermain?

Undang-Undang Dasar 1945 dalam pasal 28 menjamin kebebasan berpendapat. Dalam negara demokrasi, pro-kontra menjadi lumrah dan terjadi setiap hari, terutama dalam panggung perpolitikan.

Kasus Hatsune Miku menjadi unik sebab pada saat muncul kubu yang memiliki semangat berbeda dari semangat kebanyakan (kubu YouTube), kubu aliran utama (seperti yang dianut Vocaloid Lovers Indonesia dan ahotaku39) menganggap pernyataan seperti itu tidak etis dan seharusnya tidak boleh ada.

Aria, admin Vocaloid Lovers Indonesia, mencoba mencari apa motif pelaku.

Pertama, ingin menyimpan video hasil rekamannya agar bisa ditonton sendiri berulang-ulang. Kedua, ingin menunjukan kepada orang lain yang tidak bisa nonton. Ketiga, ingin memamerkan kepada teman-temannya yang tidak nonton kalau mereka berhasil nonton.

Lantas mengapa hanya video Miku di Jakarta saja yang digugat, tetapi video konser Miku yang lain tidak? Bahkan sempat beredar gerakan #savemiku di Youtube beberapa waktu lalu.

“Pertama, kami memang ingin menghapus video Miku Expo ilegal dari semua situs, tapi karena cukup sulit jadi kami menghapusnya dari video yg paling mudah dijangkau terlebih dahulu, yaitu Youtube. Jika di youtube sudah selesai, kami ingin mencoba menghapus dari tempat lain.

Kedua, mengapa hanya Miku Expo Indonesia yang ingin kami hapus? Karena jika Miku konser di Indonesia dan ada video yang direkam menggunakan fan cam berarti sudah pasti yang mengupload adalah orang Indonesia. Karena sudah pasti yang hadir disitu sebagian besar orang Indonesia, jadi orang Indonesia lah yang merekamnya. Jadi itu bikin malu fans-fans Indonesia yang lain. Sedangkan seandainya video ilegal diambil dari DVD asli yang dibajak, itu belum tentu orang Indonesia karena bisa jadi orang luar negeri yang membeli DVDnya dan menguploadnya ke internet. Kalau bajakan dari DVDnya kami tidak berbuat apa-apa karena belum tentu orang Indonesia yang mengupload.

Ketiga, di negara lain pun terjadi hal seperti ini. Namun kami juga tidak mengurusnya karena jika negara itu mengupload videonya berarti fans-fans dari negara itulah yang malu, bukan fans Indonesia. Jadi itu bukan tanggung jawab kami.”

Untungnya Aria tidak sampai mendapat surat kaleng maupun ancaman bersifat personal karena gerakannya.

Tetapi Rizki Musthafa, dosen STBA LIA yang menjadi panelis saat konferensi pers Miku Expo di Plaza Senayan hari Rabu lalu, punya pendapat lain.

Menurut Rizki, berbagai macam polemik yang berkembang di belakang konser Miku tidak lepas dari sifat Crypton yang ingin pergerakan ini berkembang dinamis dari akar rumput. Model bisnisnya lebih mengandalkan hubungan bottom-top, hubungan yang dibentuk dari bawah (fans di akar rumput) sehingga narasi,yang “mendukung” maupun “menolak” harus dikelola secara hati-hati.

Supaya tetap lurus di jalur bisnis bottom up itu (yang notabene dibangun oleh fans), Dia (Crypton – Red) bagaimanapun di satu atau dua titik harus membiarkan ada narasi yg beragam.

Tetapi Rizki yang bergabung dalam klub penelitian budaya pop Jepang Jayapoken ini menolak kalau ada kepentingan tertentu yang bermain dan “menunggangi” salah satu pihak, menganggapnya murni gerakan dari fans belaka. Adapun bila faktor-faktor seperti pengawasan konser yang longgar dimasukkan dalam analisis, Rizki cenderung menyorot pihak penyelenggara.

Lalu bagaimana dengan watermark salah satu kandidat capres yang ada di video tersebut?

“Entahlah. Parah sekali kalau sampai begitu (ada permainan dari capres tersebut – Red).”

Walau begitu, polisi moral dengan pandangan idealisnya menurut Rizki masih akan terus beraksi di sekitar polemik Miku ini, terus bergerak melawan pihak yang dirasa tidak sejalan dengan kepentingan “yang benar.”

Vocaloid_Lovers_Indonesia_-_2014-05-31_20.15.02

Namun tidak semua orang berada dalam dua sudut ini. Penggemar dengan kebebasan berpikirnya pun mengkritisi manuver Aria.

Medix, salah satu pengguna KAORI dalam komentarnya di laman ini menilai gerakan Aria sangat bertentangan dengan gerakan #savemiku yang diluncurkan sebelumnya.

tyjykuoki78o789o

“The Missing Link”

Sampai berita ini ditulis, KAORI masih belum berhasil mendapatkan tanggapan dari pengunggah video konser Miku di YouTube. Upaya KAORI mengirimkan permintaan wawancara sampai artikel ini ditulis tidak mendapatkan tanggapan apa-apa.

Nama Fetboyslim serta foto profil yang dipergunakan nampaknya asli, kalau tidak benar-benar meyakinkan. Ini pun harus dicurigai sebab apakah mungkin perekam konser dengan tiket Gold atau Platinum, akan benar-benar memiliki profil asli “sepolos” ini. Pun tidak ada keterangan lain mengenai akun ini selain video satu-satunya yang diunggah di kanal tersebut.

Pada Sabtu malam, video yang sebelumnya telah dihapus kembali diunggah ke internet, kali ini dengan akun berbeda.

Hatsune_Miku_Indonesia_2014_JCC_-_YouTube_-_2014-05-31_20.54.39

Dengan tidak adanya konfirmasi dari sang pengunggah, nampaknya motivasi sebenarnya sang pelaku, maupun kepentingan yang bermain di belakangnya masih akan berada dalam bayang kegelapan. Setidaknya dalam waktu dekat.

KAORI Newsline | Oleh Shin Muhammad | Melalui berbagai sumber

76 KOMENTAR

  1. masalah di Dunia PerIdolan dari dulu ya Hak Cipta 🙂 pihak Crypton masih misterius juga nih , komentar yg mereka kasih masih sedikit , ulasannya bagus KAORI ^_^b detail … masalah ini akan selesai dengan sendirinya pasti

  2. apapun masalahnya jangan sampe ini jadi konser terakhir miku d Indonesia

    tapi sya bingung AFA kan punya kuasa ttg video yg d upload, knapa gk d lapor youtube aja terus minta delete akun atau minimal videonya.
    meskipun masalah blm selesai kan seenggaknya ada usaha, kita siap kok bantu yg bener

    btw ulasannya top dah!! mendalam dan mengena!

  3. Tirta Jati Furniture leh. totally worth it… sudahlah, gue juga tahu maksudnya orang ini kok. pengin ngajak semuanya seneng2 walau gak bisa nonton bareng2.

  4. Kelihatannya emang agak longgar dalam segi pengawasan, harusnya mereka belajar dari pengawasan di alcazar yang dimana para penjaga akan menembaki laser kecil ke arah penonton yang seenaknya merekam acara itu

    Jika memang Indonesia saja yang sampai menjadi kontroversi dalam kasus merekam konser hatsune miku, kenapa negara lain justru malah di anak emaskan. Masih ada negara lain yang juga kepergok melakukan itu bahkan sebelum miku tampil di Indonesia

  5. justru yg merekam konsernya itu yg penjahat, dia udh melakukan pembajakan video ilegal, sama aja dia mencuri barang berharga milik orang lain. Loe mau belain penjahat?
    gimana kalo justru karya loe yg dibajak sama orang lain, loe bangga ngga kalo karya loe sendiri yg dibajak orang lain? Barang berharga punya loe sendiri dicuri orang loe bangga?

  6. Fahrizal Fahmi Gak Ada Yg belain Pembajak .
    Seharusnya Ente Baca Dari Awal Polemik Neng miku ini .
    Baru Komentar .
    Liat Sikap Admin FP Sebelah Yg Membesar bbesarkan masalah .
    ngadu ke FP Luar negri & Menjelek jelek'an negara sendiri .

    Biarlah Masalah Ini jadi masalah Kita Anak Negri .
    Jangan Disebar sebar ..

    Ahotaku39 & ARiA . Wajib Difenthung

  7. justru mereka spt itu agar banyak yg ikut bantu melaporkan video bajakan itu, kalo justru mereka mendukung bajakannya ya itu urusan mereka sendiri.

    Dan ini bukan bermaksud utk menjelek-jelekan negara sendiri, tp utk memperbaiki kesalahan negara kita sendiri biar bisa lbh baik lagi. Caranya? dgn cara mencari hal negatif dari diri kita dan mengubahnya menjadi positif.

  8. Fahrizal Fahmi
    Tanpa Disuruh Pun Udh Ngerti Warga Indonesia .
    Kalo bisa 1x Ucap Aja Slesai .

    Bagus Kalo Cara Dia Mencari Hal Negatif Dan Merubahnya Menjadi positif
    Tetapi Dilapangan Tidak Seperti Itu

    1 Jam bisa beberapa post Dia Memposting tenang Bajak Bajak Lapor Lapor .
    Bahkan yang Reda . Pihak mikufans Sudah Meminta Maaf Kepada Warga indonesia .

    Dia Tetap Meng Up Postingannya . Bisa Diliat Di Fanspagenya . Kmarin & Pagi Ini

    [Namun tidak semua orang berada dalam dua sudut ini. Penggemar dengan kebebasan berpikirnya pun mengkritisi manuver Aria]

    Ane yakin Ente Baru Beberapa Jam Mengikuti Polemik Ini .
    Kalo Duduk Aja Yg Manis Sambil Makan Popcorn .

    Jangan Ikut"an Kalo Masih Kurang bahan

  9. Udh Diusir Masih aja Muncul ..
    Genius Sekali Anda .

    Udh Klo Statment Anda benar .Silahkan Koar koar Sana yah .
    Jangan Disini ..

    Ya Itu Tadi . Anda Terlalu Dini .
    Mungkin kurang Pengetahuan .Bukan mungkin . Tapi Memang Anda Kurang Sekali pengetahuannya .

    Oke Skarang Lebih Baik Anda Pergi yah .
    Udh Diusir Loh .

    Klo Muncul Lagi . Anda Memang Manusia yg gak Tau Malu XD

  10. Gwe Juga Bingung Harus ngomong apa ttg Masalah Ini…. yah intinya Jadi Orang itu Gak usah Neko-Neko(Macam-Macam,cukup satu macam aja…:3) lah…. sudah bagus Cripton Mau ngadain Miku Expo di Indonesia yg penuh Dgn Pro&Kontra :3 Lebih Baik Kita Sambut Mereka Dengan Sikap Positif Bukan Dengan acara Bacot gak Punya Duit Atau Nonton Via youtube(ADa logo Jokowi emang itu tempat kampanye ya…..:v). Yg harusnya kita pamerkn itu kelebihan kita sebagai orang indonesia bukan Kelemahan kita…..^_^

  11. . . . . sya tidak peduli apa yang mereka semua lakukan/katakan. debat semakin panjang saja<(Inilah dipikiranku). mw gimana lagi? inilah indonesia '-'v .. Hal baru kluar perdebatan baru jga ikut kluar (y). well, Masa depan Indonesia saya serahkan kepada kalian yang sedang berdebat '-' …

    *Damai Bro*

  12. kenyataannya, para uploader cam-rip di luar indonesia setidaknya masih punya "norma"… yaitu menunggu 6-10 bulan setelah konser selesai baru di upload.

    Lah ini sehari setelah konser sudah di upload…

  13. Wajarlah tuh admin kan ga mau scenario terburuk yaitu Miku ga ke Indonesia lagi…
    Internet, semua serba salah ga ada yg bener…

  14. Bener kk. Ini juga karena reputasi indo di mata dunia terutama jepang bisa terancam gara" itu

    Omong" kk manusia kuda yg ada di sana kan?

  15. kalo dari yg ane perhatiin si …
    Niat Tujuannya sebenernya bagus tapi dlm pelaksanaannya terlalu terbawa Emosi diri Sendiri sampe koar koar ngumbar keburukan orang Indonesia ke FP Luar .
    Sebenernya klo emang pengen minta tolong cari bantuan ke FP Luar tanpa ngumbar keburukan ngejelek jelekin rakyat negara sendiri juga bisa banget, pinter pinter cari bahasa yg tepat aja ..

  16. video di utube itu, di satu sisi adalah pelanggaran hak cipta, disisi lain adalah free advertising, toh cuma 3 menit di blow up media pula. Jadi kenapa harus dilaporin ? cuma opini pribadi btw :v

  17. wacana upload ke utube itu mustinya cukup diperingatkan di comment di bawahnya, gak perlu di blow up, apalagi sampe keluar Indo. mana pake screenshot pula, jadi kasian sama yang kena screenshot :v

  18. Tsundere Oujo hmmhhhh u got the point, iklan tapi tidak official, bisa d bilang menguntungkan AFA karena bisa menarik penggemar yg tidak bisa datang kmarin, lalu akan merasa iri dan meningkatkan kemungkinan penambahan jumlah penonton d konser selanjutnya

  19. Oalah… kirain juga rekamannya Full cuma bentar doank, kalo cuman segitu mah malas nontonya…. Udah suara kresek-kresek Miku pun gak jelas….. IMO, nih fideo bikin ngeselin aja buat aku yang gk nonton LIVE

  20. Urusin SBMPTN atau UKK sana gih

    Gak berniat sombong. Cmn ngingetin jgn ampe kelelep di debat kusir

  21. kalo dateng ke indonesia di perlakukan seperti itu ya mending sozo ndak usah dateng lagi ke indo kecuali kalo orang-orang kurang ajarnya dipinggirin dulu. toh aku ga bisa dateng gara" sakit berat nggak ngapa-ngapain

  22. dapat kebuntuan
    Miku Expo 2014 di indonesia gak akan dibuat official blu-ray
    dan video youtube di gugat oleh Aria VLI
    dan Miku di Indonesia akan menjadi hanya cerita tanpa kebenaran

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.