BAGIKAN
Photo by iBun

Prestasi gemilang kembali ditorehkan oleh insan-insan pegiat cosplay dalam negeri. Dua cosplayer asal Yogyakarta, Yumaki dan iBun, yang tergabung dalam tim sweX ID berhasil memenangi ajang World Cosplay Summit (WCS) 2018.

Dalam ajang World Cosplay Summit 2018, keduanya memeragakan pertarungan Takenaka Hanbe melawan Orochi dari game Warriors Orochi 3, lengkap dengan koreografinya yang memukau. Yang menarik, sebelumnya mereka bahkan sempat mengcosplaykan dua karakter asal Indonesia, yaitu si Bolang dan si Unyil dalam video perkenalan mereka. Selain itu mereka juga meraih penghargaan Sponsor Award dari game Azur Lane selaku sponsor dari ajang World Cosplay Summit 2018, dalam kategori Best Armored Costume.

Yumaki dan iBun mewakili Indonesia dalam ajang World Cosplay Summit 2018 setelah sebelumnya lolos dalam penyisihan kompetisi Indonesian Cosplay Grand Prix (ICGP) di Yogyakarta, untuk kemudian mengikuti babak grand final yang diselenggarakan di Jakarta, pada perhelatan Ennichisai 2018 yang digelar pada bulan Juli 2018 lalu.

Bertempat di kota Nagoya, Perfektur Aichi, Jepang, World Cosplay Summit merupakan ajang tahunan berskala internasional dengan mengusung budaya cosplay (costume play) sebagai muatan utamanya. Acara utama dalam ajang tersebut adalah Parade, Kunjungan Resmi dan Kompetisi. Ajang World Cosplay Summit pula mendapat dukungan penuh dari pemerintah kota Nagoya dan Departemen Pariwisata Jepang. Bahkan dalam menyambut ajang World Cosplay Summit, para pejabat di Perfektur Aichi dan kota Nagoya kerapkali turut bercosplay, seperti yang dilakukan oleh Gubernur Aichi saat ini, Hideki Omura yang bercosplay menjadi Kirito dari Sword Art Online.

Ajang tahunan ini diikuti oleh berbagai negara yaitu Indonesia, Australia, Bulgaria, Costa Rica, Myanmar, Belgia, India, Swis, Kanada, Swedia, Brazil, Tiongkok, Jerman, Denmark, Spanyol, Finlandia, Prancis, Italia, Jepang, Korea Selatan, Mexico, Belanda, Russia, Singapura, HongKong, Taiwan, Filipina, Vietnam, Portugal, dan Kuwait.

Indonesia sendiri telah memasuki tahun ke-7 dalam keikutsertaannya di World Cosplay Summit sejak keikutsertaannya yang pertamakali di tahun 2012, bahkan sempat meraih juara pertama di ajang World Cosplay Summit 2016. Sehingga prestasi Indonesia dalam bidang cosplay ini cukup disegani oleh dunia.

Adapun juara pertama dan ketiga ajang World Cosplay Summit 2018 diraih oleh Mexico. Sedangkan juara ketiga diraih oleh Thailand. Berikut adalah aksi Yumaki dan iBun dalam World Cosplay Summit 2018:

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.