BAGIKAN

Sebagai salah satu event pop kultur yang terbesar di Asia Tenggara, kehadiran Anime Festival Asia (AFA) merupakan sesuatu yang selalu dinantikan oleh banyak orang. Pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 2012 silam, AFAID (Anime Festifal Asia Indonesia) seiring waktu telah menjadi benchmark bagi event-event jejepangan di Indonesia. AFA sendiri juga diadakan di beberapa negara Asia Tenggara lainnya, seperti Malaysia, Thailand, dan Singapura sebagai “pusat” dari AFA. Pada 2017, nama event ini pun berganti menjadi C3 AFA karena penyelenggara event ini, Sozo, berkolaborasi dengan Sotsu yang menjadi penyelenggara C3, event anime dan game yang diadakan di Tokyo dan Hongkong.

Naas, perjalanan AFA di Indonesia terpaksa berhenti setelah 7 tahun lamanya. Melalui sebuah postingan video Facebook, pihak AFA mengumumkan bahwa C3 AFA Jakarta 2018 yang diselenggarakan pada 31 Agustus – 2 September 2018 lalu merupakan AFA terakhir yang diselenggarakan di Indonesia. Informasi ini tentu saja membuat banyak penggemar jejepangan di Indonesia terkejut. Tidak sedikit pula yang berspekulasi di akun sosial media masing-masing. Tim KAORI Nusantara sendiri sempat menyampaikan kesan-pesan dan keluh-kesah mereka mengenai 7 tahun perhelatan AFAID dari 2012 hingga 2018.

Namun di tengah-tengah kabar “duka” tersebut, perhelatan C3 AFA Jakarta 2018, sebagai AFAID terakhir tetap berjalan dengan lancar, bahkan turut diramaikan dengan kehadiran cosplayer kondang Lola Zieta yang turut “memanaskan” AFAID terakhir ini. Sebagaimana telah diberitakan sebelumnya, cosplayer sekaligus model kondang Lola Zieta turut mengunjungi C3AFA Jakarta 2018 untuk berjalan-jalan, di mana pada salah satu hari penyelenggaraan C3AFA Jakarta 2018, Lola Zieta berencana bercosplay sebagai Wiro Sableng (atau dia sebut cosplaynya sebagai WiroHot), sebagaimana yang pernah dilakukannya sebelumnya.

Advertisement Inline

Rupa-rupanya, selain bercosplay sebagai Wiro Sableng (atau dia sebut cosplaynya sebagai WiroHot), rupanya selama 3 hari penyelenggaraan C3AFA Jakarta 2018, Lola Zieta bercosplay menjadi karakter yang berbeda-beda setiap harinya. Apa saja yang diperankan olehnya? Berikut adalah foto-foto aksinya, yang dipublikasikan di akun Instagram dan Facebooknya:

Di hari pertama C3AFA Jakarta 2018, Lola Zieta mengaku bahwa kondisinya sedang kurang baik. Karena itu dirinya mengaku tidak banyak “beraksi”, dan tidak terlalu tampil mencolok. Meskipun begitu, ia masih tetap merias dirinya, termasuk membuat model rambutnya menyerupai Mikasa Ackerman dari serial Attack on Titan. Menyadari kondisinya yang disbeut-sebut sedang kurang prima, para fansnya pun turut memberinya semangat untuk bisa kembali tampil prima.

Kejutan terjadi di hari kedua C3AFA Jakarta 2018. Kali ini Lola Zieta bercosplay menyerupai Pico, sesosok karakter dari sebuah anime OVA pendek yang pernah menjadi perbincangan, hingga kontroversi di tahun 2006 hingga tahun 2008 lalu. Dalam aksinya menjadi Pico, Lola Zieta turut mengenakan pakaian baju olahraga ala cewek sekolah Jepang, lengkap dengan celana bloomers pendek berwarna merah. Tak cukup sampai di situ, ia bahkan sempat menirukan aksi Jonatan “Jojo” Christie saat berhasil meraih medali emas dalam cabang tunggal putra dari bulutangkis, meski tidak ikut-ikutan buka baju.

Di hari ketiga, akhirnya Lola Zieta menepati janjinya, bercosplay sebagai Wiro Sableng! Atau ia menyebutnya sebagai WiroHot! Di hari ketiga, sekaligus hari terakhir dari C3AFA Jakarta 2018 ini, Lola Zieta “memanaskan” momen terakhir dari Anime Festival Asia Indonesia atau AFAID dengan berjalan-jalan dalam balutan kostum Wiro Sableng (atau dia sebut sebagai WiroHot), lengkap dengan lambang angka 212 di dadanya. Selain berjalan-jalan dan menyapa para fansnya, sang WiroHot ini ternyata juga sempat menyambangi booth milik komikus fenomenal Mazjojo.

Perhelatan C3AFA Jakarta 2018 sudah berakhir lebih dari 2 pekan yang lalu, bahkan mungkin juga tidak akan pernah ada lagi di Indonesia. Lola Zieta sebagai seorang cosplayer sekaligus model dengan aktivitas dan jam terbang yang cukup tinggipun juga sudah disibukkan dengan kegiatan lainnya. Namun paling tidak aksi cosplaynya cukup “memanaskan” perhelatan AFAID di hari-hari terakhirnya, hari-hari yang entah apakah akan kembali lagi atau tidak. Mungkin hanya waktu yang akan menjawabnya.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.