BAGIKAN
ragasukma comic

Sebagai salah satu bagian dari budaya Indonesia, olahraga beladiri silat telah banyak diadaptasi ke dalam sejumlah moda budaya pop masa kini, salah satunya adalah komik. Industri komik Indonesia memang memiliki cukup banyak komik-komik bertemakan silat, seperti Si Buta dari Gua Hantu, Panji Tengkorak, hingga Jaka Sembung. Dan salah satu pihak yang turut meramaikan genre silat dalam perkomikan Indonesia masa kini adalah Padepokan Ragasukma, sebuah “padepokan” yang digawangi oleh Sweta Kartika dan Alex Irzaqi beserta kawan-kawannya yang berfokus pada penerbitan komik-komik bergenre silat.

Untuk semakin menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman, baru-baru ini Padepokan Ragasukma bekerjasama dengan Plexus TechDev Studio untuk mengembangkan sebuah aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk membaca komik-komik karya Padepokan Ragasukma secara digital. Aplikasi yang diberi nama Ragasukma Comic ini tengah dikembangkan Android, dan juga tengah direncanakan juga untuk iOS.

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, Ragasukma Comic adalah aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk membaca komik-komik karya Padepokan Ragasukma secara digital. Dengan Ragasukma Comic, pembaca bisa membaca sejumlah komik-komik silat seperti Banaspati, Blood Fist, Gerbang Surga, Guardians of Majapahit, Kabut Kelam Rimba Semolowaru, Murka Api, Nagasari, Pusaka Dewa, Serat Wiramurti, Shura, dll.

Padepokan Ragasukma adalah sebuah “padepokan” yang menerbitkan komik-komik bergenre silat. Digawangi oleh Sweta Kartika dan Alex Irzaqi, sejarah “padepokan” ini berawal dari tahun 2012, tatkala Sweta Kartika dan Alex Irzaqi bekerjasama membuat satu judul komik untuk diikutsertakan pada sayembara komik Kompetisi Komik Indonesia (KKI) 2012. Dalam event tersebut, Sweta dan Zaqi mengkaryakan sebuah komik bergenre silat dengan judul Tri Catra Manunggal. Sejak saat itu keduanya banyak menerbitkan komik-komik bergenre silat lainnya.

Di lain pihak, Padepokan Ragasukma sendiri juga turut diramaikan dengan komik-komik silat dari sejumlah komikus lainnya seperti Dedy Rukun-Jaya, Hiro Nurhadi, hingga Eka Lesmana. Selain komik, Padepokan Ragasukma juga turut menjajaki bidang kreatif lainnya seperti penciptaan lagu dan lainnya dengan tema silat, termasuk membuat sejumlah merchandise seperti kaos, hingga permainan arktu bernama Keris Tanding.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.