BAGIKAN
Bus Ankai HFF6180G02D yang mulai beroperasi melayani Koridor 3 (Pasar Baru - Kalideres) | Foto: Fasubkhanali

Pada Kamis (18/10), jagat perbusan Transjakarta diramaikan dengan kembali beroperasinya bus gandeng bermerk Ankai. Bus Ankai HFF6180G02D merk asal Tiongkok ini sebelumnya diberhetikan operasionalnya pasca kebakaran bus yang terjadi di Halte BNN pada 1 Desember 2016. Bus dengan nomor lambung TJ-0054 itu sebelumnya melayani rute Koridor 5D (PGC-Ancol).

Pengoperasian perdana bus ini setelah lama ‘tidur nyenyak’ dilakukan di Koridor 3 (Pasar Baru – Kalideres). Beberapa bus gandeng Ankai yang dioperasikan bernomor TJ-0035, TJ-0043, TJ-0045 dan lain-lain.

Baca Juga: Bus Transjakarta Ankai Buatan Tiongkok Terbakar

Salah satu kontributor KAORI mencoba langsung performa bus gandeng Ankai ini di Koridor 3 dari Halte Juanda menuju Halte Kalideres. Bus yang datang bernomor TJ-0035. Kondisi bus secara umum berada pada kondisi yang baik. Tidak ada permasalahan pada pintu, alat pendingin maupun hal teknis lainnya.

Selama di perjalanan, bus ini masih memberikan performa yang cukup baik pada suspensinya. Sedikit kekurangan baru dirasakan pada bagian papan informasi di dalam bus yang masih menggunakan versi lama dan suara pemberitahuan yang kecil. Bahkan saltik pun ditemukan pada tulisan nama-nama halte pemberhetian yang ditampilkan, “OASAR BARU” yang seharusnya “PASAR BARU”. Selain itu, bus ini terasa sedikit mengerung ketika menanjak di flyover Roxy dan jalan layang antara Halte Indosiar – Halte Taman Kota. Belum diketahui apakah memang secara teknis bus ini ada penurunan performa pada saat menanjak atau pramudi yang memang sudah lama tidak mengoperasikan bus gandeng Ankai.

Bus TJ-0035 akhirnya tiba di Halte Kalideres setelah menempuh waktu perjalanan selama 55 menit. Lamanya perjalanan kali ini dirasa karena kecepatan bus yang tidak cukup maksimal selama berjalan.

Bus gandeng merk Ankai ini dioperasikan langsung oleh PT. Transportasi Jakarta. Pertama kali diresmikan pada 22 Januari 2014 oleh Joko Widodo selaku Gubernur DKI Jakarta pada saat itu. Total unit yang diresmikan pada saat itu berjumlah 30 unit dengan nomor lambung bus TJ-0031 hingga TJ-0060.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.