BAGIKAN
ciayo x neocomics

Portal komik merah-putih CIAYO Comics kembali membuat gebrakan. Platform asli Indonesia tersebut kini menjajaki kerja sama dengan Neocomix, sebuah platform penerbitan komik digital asal Korea Selatan. Neocomix merupakan sebuah platform komik yang mengandalkan teknologi AI untuk distribusi konten.

Neocomix meresmikan kerja sama dengan CIAYO Comics untuk menyajikan konten, serta membantu distribusi dan produksi konten komik. Kerja sama ini diresmikan dalam program Go To South East Asia – Jakarta di Hotel Mercure Sabang. Kerja sama ini merupakan salah satu upaya Neocomix untuk masuk ke pasar Indonesia di tahun 2019, dengan bermitra dengan perusahaan-perusahaan lokal. Dari Jakarta, Neocomix akan melakukan ekspansi ke Amerika Selatan dan India.

Advertisement Inline

CEO Neocomix Matthew Kwon mengaku antusias bermitra dengan CIAYO Comics untuk masuk ke industri komik yang tengah berkembang di Indonesia. “Kami telah berdiskusi dan sepakat untuk menerbitkan konten komik domestik serta menggagas berbagai macam kolaborasi,” ungkapnya.

Matthew Kwon menekankan pentingnya pasar komik di Indonesia, dan secara luas, pengguna internet di Indonesia. “Ada 260 juta penduduk Indonesia, dengan 70 juta-nya merupakan pengguna YouTube. Dengan demikian, kami menyadari Indonesia sebagai titik strategis kami setelah Amerika Selatan dan India.” Kwon kembali menekankan bahwa kerja sama ini akan jadi titik masuk mereka ke pasar ASEAN.

Pandangan Kwon tersebut bukannya tanpa alasan. CIAYO Comics sebagai rekanan bisnis Neocomix membuktikan bahwa pasar komik di Indonesia memang tengah berkembang pesat. Dalam beberapa bulan terakhir aplikasi CIAYO Comics telah didownload sebanyak 1 juta lebih, dan lebih dari 500 ribu orang mengakses CIAYO Comics setiap bulannya.

“Kami sangat tersanjung dapat bekerja sama dengan Neocomix, karena saat ini CIAYO Comics sedang gencar untuk menambah content baru, dan kami sadar kami tidak dapat melakukan ini sendirian,” ungkap CTO CIAYO Corp, Victorio Primadi.

“Oleh karena itu pertemuan dengan Matthew merupakan sebuah win-win solution bagi kita untuk mengembangkan bisnis ini dengan menghadirkan IP-IP berkualitas dari Korea, dan kita juga akan berkolaborasi untuk membuat IP-IP baru bersama Neocomix nantinya,” jelas Victorio.

Victorio juga menambahkan bahwa divisi game CIAYO Corp, CIAYO Games juga akan memproduksi game dari IP-IP yang lahir dari kerja sama ini. “Tunggu saja tanggal mainnya,” pungkasnya.

KAORI Newsline | Informasi yang disampaikan berasal dari pihak pemberi siaran pers dan tidak merepresentasikan kebijakan editorial KAORI.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.