BAGIKAN
Girls Love Series Vol.1: A Journey with You
© Girls Love Series Vol.1 / Yuri Nakama

Pada acara Comic Frontier 9 yang diadakan pada 2-3 September 2017 lalu, lingkar karya (circle) Yuri Nakama menjual komik antologi bergenre yuri perdananya yang bernama Girls Love Series edisi pertama yang berjudul A Journey with You. Bagaimanakah kesan yang dapat diberikan oleh komik antologi yang berisi 4 komik singkat, dengan mengusung cerita mengenai kisah romansa hubungan dua perempuan di atas jalur KRL Jabodetabek ini?

Dari Bogor ke Jakarta-Kota – hinagi

© hinagi/ Girls Love Series Vol.1

Berawal dari sekedar memberikan kursi di KRL Jabodetabek, ternyata membuat Sara, karyawati dari Jakarta, bertemu dengan seorang koordinator asisten dokter dari salah satu rumah sakit di Salemba yang bernama Devi. Keduanya akan sering bertemu ke depannya di KRL Jabodetabek dan lebih mengenali satu sama lainnya, Devi selalu menyemangati dan memberikan senyuman indah setiap kali bertemu dengan Sara di gerbong KRL. Namun di balik senyuman tersebut ternyata terdapat beberapa hal yang tidak bisa Devi ceritakan hingga waktu yang tepat.

Komentar

Penggambaran dari latar pertemuan mereka berdua hingga percakapannya terasa nyaman dan selalu dibumbui dengan beberapa lelucon ringan. Perpaduan komposisi tersebut memberikan kesan yang unik dari komik ini terutama di bagian penutup komik ini.

(un)fortunate train – matsuru

© matsuru/Girls Love Series Vol.1
Advertisement Inline

Apa yang akan Anda lakukan apabila ada yang tertidur di kursi samping tempat Anda duduk, lalu tertidur pulas pada pundak Anda? Inilah yang dirasakan oleh Gita, seorang mahasiswi yang sedang dilanda beragam kesialan dari pagi hari hingga malam harinya. Terkadang sulit untuk kita membangunkan seseorang yang juga merasa kelelahan sehingga tertidur pulas, namun apabila kereta tersebut merupakan kereta malam terakhir? Beda lagi akhirnya. Pertemuan dengan karyawati dari perusahaan busana di ibu kota yang bernama Edelyn atau Edel akan menjadikan suatu inspirasi yang dapat diambil bagi Gita yang telah mengalami beragam kesialan pada hari itu.

Komentar

Kisah singkat tentang ketinggalan kereta terakhir memang terasa agak umum. Tetapi yang memang tidak terduga ialah betapa berbobotnya cerita komik ini di akhir.

Boleh Numpang Sebentar Saja – drie

© drie/Girls Love Series Vol.1

Dalam rutinitas sehari-hari yang begitu melelahkan, kadang-kadang kita dihadapkan dengan hal yang tidak terduga, seperti bertemu siswi SMA di stasiun yang ternyata memiliki rahasia mengejutkan. Komik ini menceritakan mengenai Melina Lisanti di mana ia memutuskan untuk cuti demi membantu siswi SMA yang bernama Irma Elysia. Memang terkadang terpisah dengan teman masa kecil merupakan hal yang tidak dapat kita lupakan. Hal itulah yang dirasakan oleh Irma ketika berpisah dengan teman SMA yang bernama Grace Bennet.

Komentar

Perjalanan jauh hingga menuju ibu kota sangatlah terasa lama, sehingga untuk mengisi kekosongan tersebut banyak percakapan-percakapan keseharian yang menarik dan lelucon yang sangatlah lucu di tambah dengan penggambaran ekspresi dari kedua perempuan tersebut, perlu diketahui juga terdapat lelucon yang memang agak di luar ekspektasi.

Kereta Ke Mana Saja – redalba

© redalba/Girls Love Series Vol.1

Pertemanan semenjak masa kecil merupakan sesuatu hal yang memberikan kesan terhadap seseorang ketika sudah menjadi dewasa kelak. Hal inilah yang dirasakan oleh Rini dan Melinda, yang sudah mencapai bangku SMA. Rini merasakan adanya kesenjangan dan perubahan pada Melinda, terutama ketika Melinda jarang berbicara lagi dengan Rini atau bahkan ketika Melinda memiliki absensi yang bermasalah di SMA-nya. Suatu saat pertemuan yang tidak terduga terjadi ketika Rini kesiangan dan melihat Melinda di stasiun. Kesempatan tersebut sangatlah jarang sehingga Rini mencoba memperbaiki kesenjangan yang terjadi selama menduduki bangku SMA. Akankah Rini berhasil memperbaiki hubungannya dengan Melinda ketika di kereta? Itulah yang membuat cerita ini menjadi sedikit berbobot ketika sudah mencapai titik akhir.

Sebuah Komik Antologi Yuri yang Cukup Ringan

Nuansa dari komik antologi yuri ini memang tidak terlalu menggambarkan konten dari genre yuri yang mungkin diharapkan oleh sebagian besar pembaca. Tetapi konten yang disajikan cukup ringan dan cukup menarik sehingga pembaca baru yang tidak terlalu mengenal genre yuri dapat menikmati komik antologi ini. Walau memang kebanyakan merupakan komik ringan, tetapi terdapat juga komik dengan cerita yang cukup berbobot, dan inilah yang menjadi poin terbaik dari antologi ini. Walau mungkin tidak dapat menggambarkan konten yang disukai para penggemar genre yuri pada umumnya, bobot cerita akhir yang sangat menyentuh hati sangat dapat menggambarkan sesuatu perasaan nyaman dan tersentuh.

Di sisi lain, pelataran antologi ini cukup konsisten dengan menggambarkan latar kereta, khususnya KRL Jabodetabek. Pelataran semacam inilah salah satu hal yang membuat suatu antologi maupun kompilasi terasa hidup, namun juga perlu diketahui bahwa KRL Jabodetabek pastinya tidak se-sepi cerita di komiknya apabila jam pulang kerja.

Terlepas dari itu semua, dari segi sisi percetakan, Antologi Girls Love Series Vol.1: A Journey with You sudah cukup baik untuk sebuah komik cetak, namun bukan berarti ada kekurangan. Kekurangan dari kualitas antologi ini berada pada penjilidan, di mana pada beberapa komik cukup banyak panel yang “menyelam” namun tetap bisa terbaca. Akan tetapi jika ingin diluruskan maka jilid antologi ini akan terlepas satu per satu. Diperlukan suatu kasih sayang untuk merawat dan menyimpan komik ini, apalagi ini bergenre yuri.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.