BAGIKAN
Bus Metro Trans merk Mercedes Benz di depan Plaza Indonesia | Foto: Fasubkhanali

Transportasi Jakarta (Transjakarta) kembali gencar menambah rute mereka. Pada Selasa (22/1) Transjakarta membuka rute baru, yakni rute 1N (Tanah Abang – Blok M). Layanan ini beroperasi setiap hari mulai pukul 05.00 hingga 22.00. Pada awal pengoperasian rute 1N ini, Transjakarta mengalokasikan sebanyak 5 unit Bus Metrotrans atau yang biasa kita ketahui sebagai Bus Lowdeck.

Rute Tanah Abang – Blok M ini terhubung dengan sejumlah layanan Transjakarta. Beberapa diantaranya yaitu Koridor 1 (Blok M – Kota), rute 1C (Blok M – Bintaro Kodam via Pesanggrahan), 1E (Blok M – Pondok Labu) serta Rute 8C (Kebayoran Lama – Tanah Abang) dan masih banyak lagi. Selain itu, rute 1N ini juga terhubung dengan layanan moda transportasi bus kecil Jak Lingko dari dan menuju Stasiun Tanah Abang. Dengan bertambahnya rute Transjakarta, masyarakat dapat menjangkau angkutan umum yang aman, cepat, layak serta terjangkau.

Kehadiran rute Tanah Abang – Blok M ini juga menjadi fasilitas unggulan bagi masyarakat. Khususnya para pekerja yang setiap harinya bekerja di area Sudirman-Thamrin dan melakukan perjalanan pulang melalui Stasiun Tanah Abang. Masyarakat terfasilitasi dengan baik dalam melakukan perjalanan dengan transportasi umum.

Advertisement Inline

Di rute ini, pelanggan dapat menggunakan kartu elektronik mereka. Pelanggan dapat menempelkan kartu pada mesin yang telah terpasang didalam bus dan juga dapat melakukan tempel keluar sebelum pelanggan turun dari bus ini. Namun sayangnya, rute ini tidak menerima pembayaran secara tunai dikarenakan sedang adanya ujicoba penerapan pembayaran non-tunai.

Peta Resmi Trayek Transjakarta rute 1N | Foto: Transjakarta

Nantinya rute ini dapat digunakan oleh pengunjung dan pengisi acara Ennichisai yang biasa menggunakan Transjakarta dan Kereta Commuter Indonesia (KCI) dari Stasiun Tanah Abang. Pengguna Ennichisai pun dapat duduk dari Tanah Abang hingga Terminal Blok M tanpa memikirkan perpindahan antar bus (transit) lagi. Apabila minat masyarakat terhadap rute 1N ini cukup baik, besar kemungkinan besar Transjakarta menambah jumlah operasional bus di rute 1N ini.

Cemplus Newsline by Kaori Nusantara | Bimo Prasetyo

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.