BAGIKAN
Kesiapan MRT Jakarta jelang pengoperasiannya terus dilakukan | Foto: Kevin Wilyan

Kamis (24/1), PT MRT Jakarta melakukan konferensi pers terkait rencana mereka yaitu mengembangkan usaha retail UMKM di stasiun-stasiun MRT Jakarta. Hal ini ditujukan untuk memajukan kesejahteraan pelaku UMKM di Jakarta. Nantinya, terdapat lima stasiun MRT Jakarta yang disiapkan untuk usaha retail UMKM tersebut.

Konferensi pers dihadiri oleh Direktur Pengembangan dan Dukungan Bisnis PT MRT Jakarta, Ghamal Peris, dan Deputi Pemasaran Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Indonesia, Joshua Puji Mulia Simandjuntak, yang berlokasi di Kantor Pusat PT MRT Jakarta.

Langkah PT MRT Jakarta ini ditujukan sebagai bentuk dukungan dan keberpihakan penuh MRT Jakarta terhadap pelaku pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dengan menyediakan area strategis pada lima stasiun MRT Jakarta untuk ditempati oleh 16 gerai UMKM. Stasiun yang disiapkan antara lain stasiun Lebak Bulus (enam gerai), stasiun Fatmawati (enam gerai), stasiun Haji Nawi (satu gerai), stasiun Blok A (satu gerai), dan stasiun Dukuh Atas (dua gerai).

Advertisement Inline

Penentuan UMKM dilakukan dengan proses seleksi yang bekerja sama dengan kurator Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Republik Indonesia. Tahapan pengumuman dan pendaftaran rencananya akan dimulai pada Januari 2019 dan diharapkan pada 18 Februari 2019, seluruh pengembang UMKM mulai menempati stasiun yang telah ditetapkan dan nantinya ketika MRT Jakarta telah beroperasi pada Maret 2019, gerai ini dapat segera beroperasi.

“Ke enam belas UMKM ini terdiri atas delapan gerai kuliner, lima gerai mode (fashion), dan tiga gerai kriya (Kerajinan Tangan). Selain itu, kriteria awal yang diberikan antara lain UMKM tersebut belum memiliki waralaba, hanya dari kategori makanan, pakaian, serta kerajinan tangan, dimiliki oleh Warga Negara Indonesia, tidak memiliki toko di pusat perbelanjaan kategori A, tidak menggunakan peralatan yang membahayakan di area stasiun, memiliki laporan keuangan toko atau jenama (brand) selama satu tahun terakhir (termasuk di media sosial), serta siap membuka gerai sejak pukul 05:00 pagi hingga 22:00 malam.

Deputi Pemasaran Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Indonesia, Joshua Puji Mulia Simandjuntak, mengapresiasi atas kolaborasi BEKRAF dalam pengembangan UMKM di Stasiun MRT Jakarta. Ia sangat menyambut positif tawaran diadakannya retail UMKM di dalam Stasiun MRT Jakarta.

Baca Juga: Transjakarta Dan MRT Jakarta Akan Terintegrasi di Bundaran HI

Kolaborasi MRT Jakarta dengan BEKRAF yang ditujukan untuk memberikan area, ruang usaha ekonomi kreatif bagi UMKM di Stasiun MRT Jakarta ini merupakan terobosan baru bagi transportasi di Jakarta. Tidak hanya akan meningkatkan mobilitas, MRT Jakarta juga akan memberikan manfaat tambahan, seperti perbaikan kualitas udara, dan menjadi salah satu solusi mengatasi kemacetan. Seiring dengan adanya perubahan gaya hidup, masyarakat Jabodetabek juga akan banyak yang beralih menggunakan transportasi publik.

Cemplus Newsline by KAORI Nusantara | Bimo Prasetyo

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.