BAGIKAN
Sumber: Studio Chizu

International Animated Film Society, ASIFA-Hollywood, mengumumkan pemenang untuk Annie Awards, penghargaan Amerika untuk prestasi dalam animasi tahunan yang ke-46 pada hari Sabtu (2/2). Film Mirai yang disutradarai oleh Mamoru Hosoda memenangkan penghargaan untuk kategori Best Animated Independent Feature (Film Animasi Panjang Independen Terbaik). Hosoda pun hadir dalam acara tersebut dan menerima penghargaannya secara langsung. Dalam pidato penerimaannya, dia menjelaskan bagaimana anak-anaknya sendiri mengisnpirasi cerita dalam film ini.

Film-film lain yang dinominasikan dalam kategori ini adalah MFKZ (Mutafukaz) milik Studio 4°C, Ankama, Ce Magnifigue Gâteau!, Ruben Brandt, Collector, dan Tito and the Birds.

Film Mirai juga berhasil masik nominasi dalam kategori “Outstanding Achievement for Writing in an Animated Feature Production” (Prestasi Luar Biasa untuk  Penuliaan Cerita dalam Produksi Film Animasi Panjang). Namun, film animasi superhero Spider-Man: Into the Spider-Verse yang diproduseri oleh Phil Lord dan Rodney Rothman berhasil yang memenangkan kategori ini dan juga kategori utama Best Animated Feature (Fitur Animasi Panjang Terbaik) tahun ini.

Advertisement Inline

ASIFA-Hollywood menambahkan, adanya kategori Best Animated Independent Feature dalam penghargaan 2016 bertujuan untuk, tidak sekedar mengenali film panjang yang dirilis di seluruh dunia, tetapi juga mengetahui animator independen, studio internasional, anime, dan produksi khusus yang mungkin belum mendapatkan perhatian yang layak mereka dapatkan.” Film In This Corner of the World garapan Sunao Katabuchi dan Napping Princess garapan Kenji Kamiyama hanya dinominasikan untuk penghargaan tahun lalu, tetapi pada akhirnya tidak ada anime yang menerima penghargaan. Pada 2016, terdapat tiga film anime yang dinominasikan pada kategori tersebut, yaitu Miss Hokusai garapan Produksi I.G, he Red Turtle garapan Studio Ghibli dan Michael Dudok de Wit, dan anime Your Name (Kimi no Na wa) garapan Makoto Shinkai. Semua film anime tersebut dinominasikan dalam kategori ini pada tahun 2016 dan The Red Turtle berhasil menjadi pemenangnya.

Menlalui penghargaan ini, pihak penyelenggara Annie Awards mengakui seluruh pencapaian luar biasa dalam dunia animasi hingga saat ini.

KAORI Newsline l Sumber : ANN, Annie Awards

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.