BAGIKAN
Pasar Minggu
(ilustrasi) Bus Transjakarta (KAJ-292) milik operator KOPAJA | Foto: Fasubkhanali

Kabar gembira untuk para pengguna Transjakarta, khususnya untuk rute non BRT 1E dan 4F. Kedua rute ini, baru saja mengalami perubahan operasionalnya. Layanan yang dirubah pada rute 4F yang semula melayani Pulogadung – Pondok Gede, kini menjadi Pulogadung – Pinang Ranti. Pada rute 1E (Blok M – Pondok Labu), Transjakarta mengganti sebagian armada yang melayani di rute tersebut. 

Kedua rute Transjakarta ini sama sama memiliki jumlah penumpang yang cukup padat. Baik di waktu pagi, siang, maupun malam. Oleh sebab itu, beberapa perubahan terjadi di kedua rute ini.

Salah satunya terdapat di rute 4F. Transjakarta pada awal pembukaan rute 4F, menggunakan armada bus sedang yang di operasikan oleh Kopaja (KAJ). Rute ini disambut antusias, mengingat belum tersedianya layanan Transjakarta di wilayah Pondok Gede pada kala itu. Kemudian pada akhir 2018 yang lalu, Transjakarta mengubah armada rute 4F menggunakan bus berlantai rendah yaitu Metrotrans serta bus Trans Swadaya.

Bus Trans Swadaya (TSW) di rute Blok M – Manggarai | Foto: Reeza Rizky
Advertisement Inline

Kemudian pada awal tahun 2019, Transjakarta kembali mengubah pola operasi di rute 4F ini. Transjakarta memperpanjang layanan rute 4F hingga Terminal Pinang Ranti. Tentu perubahan ini sangat disambut antusias bagi warga Pondok Gede hingga Lubang Buaya, karena di wilayah tersebut belum tersentuh layanan Transjakarta.

Selain rute 4F, Transjakarta juga mengubah pola operasi di rute 1E (Blok M – Pondok Labu) dengan mengubah sebagian armada menggunakan bus tunggal. Rute 1E ini cukup diminati banyak warga, tidak jarang rute ini selalu padat tidak mengenal waktu. Banyak yang mengeluhkan armada bus sedang yang melayani rute ini membuat penumpang sering berdesak desakan di dalam bus, bahkan sering harus menunggu lama.

Pada selasa (29/1) Transjakarta menguji coba armada bus tunggal di rute ini. Terdapat 2 unit yang melakukan uji coba bus di rute Pondok Labu – Blok M. Apabila ujicoba ini dinyatakan berhasil, besar kemungkinan Transjakarta akan mengganti seluruh unitnya dengan bus besar di rute 1E.

TJ 0305 melayani rute Blok M – Pondok Labu | Foto: I Made Bintoro

Menurut beberapa penumpang, dengan hadirnya bus tunggal di rute 1E, menambah jumlah angkut menjadi lebih besar dari sebelumnya yang dilayani oleh bus sedang. Ditambah lagi dengan fasilitas yang memadai, menambah kenyamanan penumpang dalam menggunakan Transjakarta rute 1E ini.

Salah satunya Muhammad Harits. Dirinya menuturkan sangat senang karena layanan Transjakarta rute 1E ini menggunakan bus tunggal.

Mahasiswa perguruan tinggi di salah satu universitas negeri di Pondok Labu tersebut juga menuturkan, bus tunggal sangat membantu mobilitas dalam angkut penumpang. Karena dengan sebelumnya menggunakan armada bus sedang, rute 1E sering mengalami kepadatan penumpang.

Hingga hari Jumat (1/2) Transjakarta telah mengoperasikan sebanyak 3 unit bus tunggal di rute 1E ini. Penumpang rute 1E mengharapkan, apabila semua armada di rute 1E dapat diganti menggunakan bus tunggal secara keseluruhannya.

Cemplus Newsline by Kaori Nusantara | Bimo Prasetyo

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.