BAGIKAN

Setelah 3 bulan dirilis, gim Red Dead Redemption 2 masih banyak diperbincangkan di khayalak, khususnya untuk para pecinta game open world. Bagi mereka, pasti tidak asing setelah mendengar game yang fenomenal dari awal peluncurannya ini. Game ini sendiri dapat dikatakan salah satu mahakarya dari studio Rockstar Games.

Memang, gim bertema open world ini berbeda dari game bertema sama pada umumnya. Tapi, apa yang ditawarkan oleh game ini begitu banyak; mulai dari gameplay-nya yang unik hingga ceritanya yang menarik. Untuk mengurangi rasa penasaran, mari kita mengulasnya lebih dalam di sini.

Plot 

Advertisement Inline

Jika sebelumnya Anda pernah memainkan gim Red Dead Redemption, maka Anda akan tahu bahwa seri yang kedua ini adalah prekuel dari seri yang pertama. Di sini Anda berperan sebagai seorang outlaw bernama Arthur Morgan yang hidup bersama di dalam sebuah gang bernama “Van Der Linde” yang dipimpin oleh Dutch Van Der Linde. Arthur selalu loyal terhadap Dutch karena telah menjadi tangan kanan Dutch sejak remaja. Suatu hari, Arthur bersama gangnya telah melakukan kejahatan besar yang menjadi kesalahan fatal mereka di Blackwater  dan pada akhirnya semua berakhir berantakan. Berkat kejadian tersebut, Arthur dengan anggota gangnya harus memulai kembali segalanya dari awal.

Ulasan

Berbicara tenang gim Red Dead Redemption 2, hal pertama yang terlintas dalam pikiran adalah detailnya. Dalam game Red Dead Redemption 2, Anda akan menemukan banyak detail kecil yang dapat mencuri perhatian kalian. Contohnya seperti testis kuda milik kalian yang bisa mengkerut di cuaca panas dan sebaliknya, ataupun avatar Anda yang akan mengantuk bila tidak tidur beberapa hari. Terlihat jelas bahwa gim Red Dead Redemption 2 ini diracik dengan matang dan sungguh-sungguh.

Untuk bagian visual, dalam game ini patut diacungi jempol, karena sepanjang permainan Anda akan diberikan pemandangan yang memanjakan mata. Contohnya seperti suasana gemerlap malam di kota Red Dead Redemption. Dari aspek visual yang diberikan, tentu membuat game ini terasa begitu hidup dengan adanya rutinitas dari NPC, seolah-olah NPC itu benar-benar hidup di sana.

Selain dari aspek visual yang memanjakan mata, kalian juga akan disuguhkan oleh developement dari para tokoh di game Red Dead Redemption 2. Setiap tokoh di sini mempunyai latar belakang masing-masing. Misalnya, nyonya Sadie Adler yang awalnya seorang peternak dan suatu hari suaminya tewas oleh anggota O’Drisscoll. Nyonya Sadie Adler kemudian diselamatkan oleh Arthur di malam yang kelam itu. Selang waktu beberapa bulan, dia bergabung dengan geng Van Der Linde. Dia pun menjadi penembak jitu yang selalu mendukung tokoh utama dari belakang. Tentu saja setiap tokoh pendukung yang ada di dalam game ini dirancang untuk memberi kesan loyalitas terhadap Dutch sebagai ketua gang Van der Linde. Yang akhirnya menggambarkan betapa kompaknya gang Van Der Linde.

Detail spektrum cahaya yang memanjakan mata. Sumber: gtaforums.com, ©Rockstar Games
Cuaca yang tidak bisa bisa diprediksi menghasilkan pemandangan yang memukau. Sumber: gtaforums.com, ©Rockstar Games

Akting dari para pengisi suara Red Dead Redemption 2 telah memberikan kesan yang lebih hidup untuk para karakternya. Para NPC-nya pun mempunyai dialog masing-masing, bahkan quote dari tiap-tiap tokoh dalam game ini akan dapat terus terngiang dalam kepala.

Dalam game ini, Anda lah yang memilih menjadi baik atau jahat. Karena prinsip hidup itu adalah pilihan telah diterapkan dalam game ini, perbuatan yang Anda lakukan dalam game ini terikat oleh fitur yang bernama Honor System. Apabila berbuat baik, honor Anda akan bertambah, dan begitu pula sebaliknya. Tentu saja fitur honor tersebut memiliki benefit untuk kita. Misalnya, jika honor Anda baik, Anda akan mendapatkan diskon saat membeli barang di kota. Adapula cara paling mudah untuk mendapatkan honor, yaitu menyapa orang di kota, atau memberi uang terhadap pengemis.

Selain Anda bertualang sebagai Outlaw, kalian juga bisa melakukan aktivitas yang lain untuk menyegarkan pikiran kalanya kalian jenuh memainkan game ini. Misalnya memburu hewan liar atau memancing ikan di tepian sungai lalu menjualnya. Selain itu Anda juga bisa memainkan minigame seperti blackjack, domino, atau permainan yang dapat membuat Anda merasa nyeri bila melihatnya, yaitu five roullete finger. Kalian juga dapat mencari easter egg dan fitur rahasia unik lainnya dalam game ini.

Memberi pertolongan atau ancaman itu adalah pilihanmu!. Sumber: gtaforums.com, ©Rockstar Games
Sudah bosan menjadi koboi? Saatnya berburu hewan!. Sumber: gtaforums.com, ©Rockstar Games

BGM adalah salah satu poin terpenting dalam tiap game. Tanpa elemen ini, sebuah game akan terasa hambar dimainkan. Apalagi kalau latar musiknya tidak pas. Tapi, untuk Red Dead Redemption 2, soundtrack maupun BGM telah diracik dengan baik. Pada momen tertentu Anda dapat mendengarkan soundtrack yang membuat hati kalian bergetar. Misalnya pada saat di kamp, Anda akan mendengar nyanyian para anggota gang yang mengelilingi api unggun. Hal ini juga meningkatkan suasana hidup pada game tersebut.

Ulasan gim Red Dead Redemption 2 berlanjut ke halaman ke-2.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.